Apa Perbedaan Tulang Hasta Dan Tulang Pengumpil Berdasarkan Letaknya

Posted on

Apa Perbedaan Tulang Hasta Dan Tulang Pengumpil Berdasarkan Letaknya

Katalogue.id
– Begini perbedaan tulang hasta dengan tulang pengumpil berdasar fungsi dan letak. Menjadi salah satu tulang yang menyusun struktur lengan bawah, tulang hasta ternyata memiliki cukup banyak fungsi.

Tulang hasta letaknya berada di lengan bagian bawah, berdampingan dengan tulang yang disebut pengumpil. Letak keduanya berlawanan namun saling terhubung.

Kesehatan dan kestabilan fungsi tulang hasta harus senantiasa dijaga, agar tidak terjadi gangguan dalam aktivitas Anda. Tulang hasta dikenal sebagai salah satu tulang yang menyusun struktur lengan bagian bawah.

Akan tetapi, fungsi tulang hasta tidak hanya sebatas membentuk lengan bawah saja. Berkat tulang hasta ini Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti menulis, melempar barang, dan sebagainya.

Tulang hasta adalah salah satu tulang yang memiliki peranan penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Jika sampai ada masalah pada tulang hasta, aktivitas akan terasa lebih sulit. Namun agar bisa menjaganya dengan baik, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh tentang tulang yang satu ini.

Perbedaan Tulang Hasta dengan Tulang Pengumpil

Dikutip dari laman
perbedaannya.com
bahwa tulang hasta dan tulang pengumpil menghubungkan antara sendi siku dan pergelangan tangan.

Salah satu cara mudah untuk membedakan tulang mana yang pengumpil, dan mana yang merupakan hasta, adalah tulang pengumpil itu terhubung ke sisi ibu jari pergelangan tangan.

Perbedaan tulang hasta dengan tulang pengumpil
Perbedaan tulang hasta dengan tulang pengumpil. Photo by samer daboul on Pexels.com

Lengan bawah terdiri dari dua tulang memanjang dari siku ke pergelangan tangan, berjalan sejajar satu sama lain. Tulang pengumpil berada di sisi luar, atau samping, siku. Terhubung ke sisi ibu jari pergelangan tangan.

Tulang pengumpil lebih besar dan lebih panjang dari tulang hasta yang ada di bagian dalam, atau sisi medial, dari lengan yang paling dekat dengan tubuh. Perbedaan lainnya tulang hasta menjadi Titik bertulang yang menonjol pada siku, dan tulang pengumpil kurang menonjol.

Baca Juga:  Diketahui Sin a 3 5 Dan Cos B 12 13

Letak Tulang Hasta

Tulang hasta merupakan salah satu dari dua tulang yang membentuk lengan bawah manusia. Letaknya berada di lengan bagian bawah, berdampingan dengan tulang pengumpil. Hanya saja, letak keduanya saling berlawanan dan saling terhubung dengan humerus atau lengan bagian atas.

Di bulan-bulan awal kelahiran, tulang hasta manusia memiliki ukuran 50% lebih besar dari tulang pengumpil. Namun seiring dengan bertambahnya usia, ukurannya semakin mengecil hingga sama dengan pengumpil.

Tulang hasta dan tulang pengumpil sama terhubung ke tulang humerus lengan atas di sendi siku. Sendi siku terdiri dari serangkaian otot atau ligamen yang bertindak seperti engsel sehingga Anda dapat menekuk dan meluruskan lengan.

Ini membungkuk dan meluruskan disebut melenturkan dan memperpanjang lengan, masing-masing.

Siku juga menyediakan rotasi lengan bawah melalui putaran tulang hasta dan tulang pengumpil. Pemelintiran ini memungkinkan Anda untuk membalikkan telapak tangan ke atas atau ke bawah. Rotasi lengan bawah disebut pronasi atau supinasi tergantung pada arah gerakan.

Biasanya, tulang hasta dan tulang pengumpil sejajar satu sama lain. Selama pronasi, tulang pengumpil menggulung tulang hasta di pergelangan tangan dan siku. Dalam posisi ini,tulang hasta dan tulang pengumpil tampak bersilangan.

Fungsi Tulang Hasta

Sedikitnya ada tiga fungsi utama tulang hasta, yakni membentuk struktur lengan, membantu perputaran lengan dan sebagai tempat melekatnya otot lengan bawah. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya.

Membentuk Struktur Lengan

Lengan pada dasarnya terdiri dari dua bagian, yakni lengan atas dan lengan bawah. Struktur lengan atas dibentuk oleh tulang humerus. Sedangkan untuk lengan bawah, ada dua tulang yang membentuk strukturnya. Keduanya adalah tulang pengumpil dan tulang hasta.

Tulang pengumpil dan tulang hasta saling bekerja sama untuk membentuk struktur lengan bagian bawah.

Baca Juga:  Contoh Soal Dan Jawaban Manajemen Keuangan Semester 3

Jika salah satunya bermasalah, pergerakan tangan akan terganggu. Selain itu, tulang hasta dan tulang pengumpil ini juga memiliki peran penting dalam menjaga sendi lengan.

Membantu Perputaran Lengan

Gerakan pergelangan tangan adalah salah satu gerakan yang paling sering dilakukan. Saat menulis atau melempar barang, bisa dipastikan gerakan ini ada di dalamnya. Ada 3 tulang yang bertanggung jawab dalam gerakan rotasi pergelangan.

Ketiganya adalah tulang pengumpil, tulang hasta dan tulang karpal. Jika salah satu dari ketiga tulang tersebut bermasalah, gerakan rotasi akan terasa jauh lebih susah. Bahkan sekedar memutar gagang pintu akan terasa sulit. Belum lagi gerakan-gerakan lain.

Tempat Melekatnya Otot Lengan Bawah

Setiap gerakan yang Anda lakukan selalu melibatkan tulang dan otot. Jika tulang adalah strukturnya, maka otot lah yang menggerakkannya. Keduanya saling bekerjasama. Namun agar lengan bawah bisa bergerak, otot membutuhkan tempat untuk melekat.

Tulang hasta fungsinya memang banyak. Selain membentuk struktur lengan dan membantu perputaran lengan, tulang hasta juga menjadi tempat melekatnya otot.

Otot yang melekat di tulang atas adalah otot-otot tangan dan lengan bawah.

Gangguan yang Sering Terjadi Pada Tulang Hasta

Bentuk tulang hasta yang panjang dan tipis membuatnya begitu rentan mengalami patah tulang. Jika ada gangguan paling sering terjadi pada tulang hasta, patah tulang inilah gangguan tersebut.

Patahnya tulang hasta dapat menyebabkan nyeri hebat bahkan sampai kehilangan rasa di bagian lengan.

Selain itu, sendi yang terkena akan sulit digerakkan. Penyebab patah tulang ini bisa bermacam-macam. Namun secara umum, patah tulang hasta bisa terjadi karena jatuh, khususnya pada saat lengan berada dalam posisi terentang.

Tulang hasta juga bisa mengalami deformitas. Deformitas ini tergolong sebagai salah satu cedera yang paling sering terjadi pada tulang hasta dan pengumpil. Meski demikian, penyebabnya tidak hanya karena terjatuh.

Baca Juga:  Tabel Perbedaan Antara Dna Dan Rna

Ada banyak hal lain yang dapat menyebabkan deformitas. Deformitas bisa terjadi akibat kurangnya kalsium dalam tubuh.

Mengangkat beban yang terlalu besar juga bisa menyebabkan deformitas. Selain itu, deformitas juga dapat disebabkan oleh lengan terentang dan penyakit asam urat.


Sampai disini dulu informasi tentang kategori KESEHATAN, untuk artikel lainnya bisa Anda simak pada tautan berikut ini Katalogue.id. Tetap Gunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Apa Perbedaan Tulang Hasta Dan Tulang Pengumpil Berdasarkan Letaknya

Sumber: https://katalogue.id/kesehatan/perbedaan-tulang-hasta-dengan-tulang-pengumpil-berdasar-fungsi-dan-letak/