Apa Saja Entitas Akuntansi Di Setiap Entitas Pelaporan

Posted on

Apa Saja Entitas Akuntansi Di Setiap Entitas Pelaporan

Macam-Macam Entitas Dalam Basis Data

Entitas yaitu orang, tempat, kejadian atau peristiwa yang informasinya akan di rekam. Pada system Basis data entitas ini berbentuk sekelompok data yang mempunyai sebuah informasi yang berguna bagi pemakainya.

Jadi, entitas merupakan sesuatu yang mempunyai eksistensi yang khas dan berbeda, walaupun tidak harus dalam wujud fisik. Abstraksi, contohnya, umumnya di anggap juga sebagai suatu entitas.

Entitas juga bisa dikatakan sebagai suatu kelompok yang mewakili suatu yang nyata serta bisa dibedakan oleh sesuatu yang lain. Bentuk dari entitas pada data base misalnya sebuah bank yaitu nasabah, simpanan dan lain sebagainya.

Relasi Antar Entitas

Ada sejumlah relasi antar entitas yaitu :

  • One to one,
    yaitu setiap entitas pada suatu himpunan entitas A dikaitkan maksimal dengan suatu entitas dalam himpunan entitas B.
  • One to many,
    setiap entitas pada himpunan entitas A bisa berkaitan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B. tetapi entitas pada himpunan entitas B berkaitan maksimal satu dengan entitas pada himpunan entitas A.
  • Many to one,
    yaitu lawan dari one to many, setiap himpunan entitas A berkaitan maksimum satu entitas pada himpunan entitas B, dan setiap himpunan entitas B berkaitan dengan banyak entitas pada himpunan entitas A.
  • Many to many,
    setiap entitas pada himpunan entitas A berkaitan banyak dengan entitas pada himpunan entitas B. begitu juga kebalikannya, setiap entitas pada himpunan entitas B berkaitan banyak dengan entitas pada himpunan entitas A.

Elemen-elemen dalam struktur entitas, yaitu :

Fisik entitas : entitas yang berbentuk fisi. Misalnya pegawai, guru, dan karyawan.

Konsep entitas : entitas yang tidak bersifat konsep. Misalnya gaji, sekolah.

Entitas kuat : entitas yang memiliki atribut kunci. Entitas ini bersifat sendiri, eksistensi nya tidak bergantung pada entitas lainnya. Daya entitas kuat terus mempunyai ciri khas yang istimewa  yaitu identifier ( suatu atribut tunggal atau perpaduan atribut-atribut secara khas bisa dipakai untuk membedakannya dari entitas kuat yang lain).

Baca Juga:  Apa Yang Dimaksud Dengan Daya Akomodasi Mata

Kebanyakan entitas pada pada suatu badan bisa di kelompokkan sebagai entitas kuat merupakan entitas yang mandiri, yang eksistensinya tidak berkaitan dengan eksistensi lainnya. Instansiasi entitas kuat terus mempunyai ciri khas yang unik merupakan sebuah atribut tunggal atau perpaduan untuk membedakannya dari entitas kuat yang lain.

Entitas lemah :

Entitas yang tidak memiliki atribut kunci. Entitas lemah di identifikasikan dengan mengaitkan entitas penting dari jenis entitas yang lain ditambah atribut dari entitas lemah. Jenis entitas lain yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah entitas lemah yaitu identifiying owner dan relasi yang mengaitkan entitas lemah dengan owner yaitu identifying relationship misalnya entitas pegawai.

Entitas (Data) :

Merupakan suatu diagram berupa bentuk gambar yang mengidentifikasikan jenis dari entitas pada sebuah sistem yang dirangkai dalam data dengan atributnya, serta menyajikan kaitan atau relasi diantara entitas tersebut.

Entitas dalam akuntansi :

Entitas akuntansi yaitu unit pada pemerintahan yang mengakses anggaran, kekayaan, dan kewajiban yang melakukan akuntansi dan menjelaskan laporan keuangan atas dasar akuntansi yang di lakukan.

Entitas pelaporan :

Merupakan unit pemerintahan yang terdapat dari satu atau lebih, entitas akuntansi yang menurut hokum peraturan perundang-undangan wajib memberitahukan laporan pertanggungjawaban berbentuk laporan keuangan.

Entitas bisnis :

Yaitu suatu badan yang di bangun untuk menyediakan barang atau jasa untuk konsumennya. Bisnis pada ekonomi kapitalis, memberikan kepada kelompok untuk menghasilkan keuntungan yang dapat menyehatkan dirinya dan memajukan bisnisnya.

Penulis : Julia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa



Apa Saja Entitas Akuntansi Di Setiap Entitas Pelaporan

Sumber: https://garudacyber.co.id/artikel/1343-macam-macam-entitas-dalam-basis-data

Baca Juga:  Jelaskan Apa Yang Dimaksud Smash Dalam Permainan Bola Voli