Arti Ccm Di Buku Tabungan Bri

Posted on

Arti Ccm Di Buku Tabungan Bri

Lengkap | Ini Daftar Arti Kode Transaksi Rekening BRI Yang Wajib Anda Tahu –
Kode transaksi merupakan kode keterangan yang menunjukkan adanya transaksi Kredit dan Debit  yang terjadi pada rekening BRI.

Kode-kode ini tampil dengan istilah singkatan, sehingga menyulitkan nasabah untuk memahaminya.

Atas dasar itu portalilmu.com mencoba mengulasnya sebagai referensi bagi Sobat yang membutuhkannya. Berikut ulasannya:


1. Arti Kode AFT Bank BRI

Kode transaksi BRI

AFT (Automatic Fund Transfer) adalah kode yang menunjukkan adanya transaksi auto debet ke sesama rekening BRI.

Contoh:
Di Bank BRI, Sobat memiliki 2 jenis Rekening di antaranya rekening tabungan Britama dan Britama Rencana, jadi untuk Setoran bulanan Britama Rencana di debet secara otomatis dari rekening Britama sebagai rekening induk.

Untuk diketahui rekening Britama Rencana adalah jenis tabungan berjangka dengan jangka waktu tabungan 1 – 20 tahun, tabungan Britama berencana tidak dapat di tarik sewaktu-waktu, jika terpaksa di tarik akan di kenakan biaya penalti sesuai ketentuan Bank BRI.

Jadi, jika anda menemukan kode AFT pada mutasi rekening, kemungkinan anda memanfaatkan fasilitas layanan AFT (Automatic Fund Transfer) dari Bank BRI.


2. Arti Kode FAS Bank BRI

FAS (Fasilitas Account Sweep) adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya auto debet dari rekening BRI ke rekening Bank lain.

Contoh:
Anda memiliki rekening tabungan di Bank BRI, sedangkan anak anda memiliki rekening tabungan di Bank BNI, untuk uang belanja anak anda di transfer secara otomatis setiap bulan dari rekening BRI ke rekening BNI milik anak anda dengan nominal dan tanggal yang telah di tetapkan.

Transaksi jenis ini biasa dikenal dengan istilah Transfer Terjadwal, yang di mana anda tidak perlu lagi transfer manul uang belanja anak anda, cukup anda menyiapkan saldo di rekening bri, Saldo tersebut akan di transfer secara otomatis ke rekening bank BNI milik anak anda.

Baca Juga:  Apa Arti Dari Amount Left Allocated Rp 0 00

Jadi, jika anda menemukan kode FAS pada mutasi rekening, kemungkinan anda memanfaatkan fasilitas layanan FAS (Fasilitas Account Sweep).


3. Arti Kode AGF Bank BRI

AGF (Automatic Grab Fund) adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya auto debet dari rekening BRI untuk pembayaran angsuran.

Contoh:
Sobat memiliki fasilitas pembiayaan KPR, untuk pembayaran angsuranya di debet langsung dari rekening gaji ke rekening pembiayaan KPR anda.

Jadi, jika sobat menemukan kode transaksi ini pada mutasi rekening, berarti sobat memiliki fasilitas pembiyaan yang angsuranya di debet otomatis (Angsuran potong langsung dari gaji).


4. Arti Kode CHG Bank BRI

CHG (Charge) adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya pendebetan biaya administrasi bulanan buku tabungan.

Jadi, jika sobat menemukan kode transaksi ini pada mutasi rekening, itu berarti kode pendebetan untuk biaya administrasi bulanan buku tabungan.


5. Arti Kode OVB Bank BRI

OVB (Overbooking) adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya pemindahan bukuan tabungan Bank BRI.

Jadi, jika sobat menemukan kode transaksi ini pada mutasi rekening, berarti kode tersebut merupakan kode transaksi pemindahan bukuan.


6. Arti Kode MDB Bank BRI

MDB ( Multy Debet) adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya pendebetan biaya notifikasi yang dikirim oleh Bank BRI ke nasabah.

Jadi, jika sobat menemukan kode transaksi ini pada mutasi rekening, berarti sobat mengaktifkan layanan notifikasi dari Bank BRI.


7. Arti Kode INT Bank BRI

INT (Inters/bunga) adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya kredit pemberian bunga dari Bank atas saldo Rekening anda.

Jadi, jika sobat menemukan kode transaksi ini pada mutasi rekening, berarti sobat telah menerima bunga atas saldo rekening anda.


8. Arti Kode TAX Bank BRI

Baca Juga:  Arti Nama Zhafira Dalam Bahasa Arab

TAX (Pajak) adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya pendebetan pajak atas bunga yang anda peroleh.


9. Arti Kode CWD Bank BRI

CWD adalah kode adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya penarikan tunai.

Jadi, jika sobat menemukan kode transaksi ini pada mutasi rekening, berarti Sobat telah melakukan penarikan tunai via atm.


10. Arti Kode CSD Bank BRI

CSD  adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya penyetoran tunai.

Jadi, jika sobat menemukan kode transaksi ini pada mutasi rekening, berarti Sobat telah melakukan penyetoran tunai di rekening Sobat.


11. Arti Kode LIC Bank BRI

LIC  adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya pendebetan otomatis oleh sistem dari rekening pembiayaan.

Jadi, jika sobat menemukan kode transaksi ini pada mutasi rekening, berarti itu adalah kode mutasi pendebetan Angsuran pinjaman anda.


12. Arti Kode DCM Bank BRI

DCM  adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya pendebetan biaya administrasi bulanan rekening akibat tidak melakukan print buku rekening dalam jangka waktu yang cukup lama.

Harusnya biaya administrasi bulanan di informasikan pada bulan yang sama dengan kode mutasi CHG, oleh karena Sobat tidak melakukan print buku rekening di bulan yang sama, maka biaya administrasi Rekening di akumulasi, sehingga terlihat nilai pendebetan yang cukup besar, padahal itu adalah nilai akumulasi.


13. Arti Kode CCM Bank BRI

CCM adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya kredit pemberian bunga

akibat tidak melakukan print buku rekening dalam jangka waktu yang cukup lama.

Harusnya mutasi kredit bunga yang diberikan oleh Bank BRI atas saldo tabungan anda di informasikan pada bulan yang sama dengan kode INT, oleh karena Sobat tidak melakukan print buku pada bulan yang sama, maka kredit bunga tersebut di akumulasi dengan kode mutasi CCM.

Baca Juga:  Mengapa Bakteri Dan Alga Hijau Biru Digolongkan Dalam Kelompok Prokariota


14. Arti Kode C Bank BRI

C (Credit) adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya uang masuk ke rekening anda, baik itu bersumber dari setor tunai, transfer dari rekening lain dan pemberian bunga dari Bank BRI.


15. Arti Kode D Bank BRI

D (Debet) adalah kode transaksi yang menunjukkan adanya uang yang keluar dari rekening anda, baik itu akibat pembayaran angsuran, Transfer ke rekening lain, penarikan tunai, pajak, dan biaya administrasi bulanan buku tabungan.


16. Arti Kode NBMB Bank BRI

NBMB (New BRI Mobile Banking) singkatan ini biasanya di tujukan pada aplikasi Mobile Banking tebaru Bank BRI yang biasa dikenal dengan BRImo.


17. Arti Kode CSC Bank BRI

CSC (Card Securty Code) adalah kode keamanan kartu, CSC pada Bank BRI biasa di kenal dengan istilah CVV (Card Verivication Value), kode CVV merupakan kode keamanan kartu ATM Bank BRI yang terletak di belakang kartu, tepatnya berada di samping tandatangan yang terdiri dari 3 digit angka.

Demikianlah Arti Kode Transaksi Rekening BRI yang tertera di mutasi rekening, jika pada pembahasan ini belum memuaskan, silahkan kunjungi Bank BRI terdekat.


Artikel Membantu Lainnya:



  • Solusi BRImo Terblokir


  • Arti Kode Error BRImo, Internet Banking dan ATM Bank BRI

  • Arti Saldo Tidak Mencukupi Padahal Saldo Tersedia

Arti Ccm Di Buku Tabungan Bri

Sumber: https://www.bimainstitute.com/2021/04/lengkap-ini-arti-kode-transaksi.html