Bagaimana Cara Mematikan Lawan Dalam Permainan Kasti

Posted on

Bagaimana Cara Mematikan Lawan Dalam Permainan Kasti



Permainan bola kasti merupakan salah satu permainan bola kecil yang mudah dan murah sehingga disukai banyak orang. Namun, perlu diingat bahwa permainan bola kasti berbeda dengan
softball
atau
baseball.
Hal utama yang menjadi pembeda adalah penggunaan bola tenis di dalam permainan.




Mungkin olahraga Jenis Permainan Bola Kecil akan langsung mengingatkan sebagian besar orang pada masa sekolah. Ya, tidak heran karena permainan bola kasti memerlukan dua regu yaitu regu pemukul dan penjaga yang masing-masing terdiri dari 12 orang dengan 6 orang pemain cadangan.




Cara Bermain Kasti





Ukuran lapangan kasti adalah 70 x 40 meter dan 10 meter untuk bagian ruang tunggunya. Sama seperti olahraga permainan lain, harus ada 1 wasit yang memimpin dan biasanya dibantu 3 orang penjaga garis, dan 1 orang pencatat waktu. Permainan terdiri dari dua babak yang masing-masing berdurasi 20 – 30 menit dengan jeda istirahat 15 menit.



Baca Juga 7 Jersey Bola Paling Keren Musim 2019/2020




Peraturan Permainan Bola Kasti





Sebelum bermain kasti, kamu tentu harus mengetahui peraturan permainan agar setiap babak dapat berlangsung baik. Secara umum, kamu perlu mengetahui peraturan permainan bola kasti dari masing-masing peran berikut ini.



Baca Juga Teknik Dasar Sepak Bola dan Peraturannya




Tim Pemukul





Setiap orang dalam satu regu berkal untuk memukul bola sebanyak satu kali, kecuali pemain terakhir yang bisa memukul sebanyak tiga kali. Orang yang mendapatkan giliran sebagai pemukul memiliki tiga kesempatan memukul bola dan harus meletakan alat pemukul di area yang sudah ditentukan agar bisa mendapatkan nilai.



Baca Juga 7 Komunitas Sepak Bola di Jakarta




Tim Penjaga





Regu lawan yang menjadi tim penjaga harus menangkap bola yang sudah dipukul dan melemparkan bola ke arah pemukul. Jika pemukul terkena lemparan bola, hal ini akan mematikan pemain sehingga tim pemukul gagal mendapatkan nilai.

Baca Juga:  Contoh Reklame Media Visual Yang Dipasang Di Luar Ruang Adalah




Pelambung





Saat dua regu sedang terlibat dalam permainan bola kasti, ada seorang pelambung yang harus melemparkan bola kepada pemukul. Pelambung harus melempar saat pemukul dalam keadaan siap. Jika bola dilempar tiga kali berturut-turut sebelum diminta, pemukul berhak untuk langsung berlari bebas ke pemberhentian pertama.




Wasit





Untuk memimpin jalannya pertandingan, permainan bola kasti membutuhkan satu orang wasit. Selain itu, dibutuhkan juga penjaga garis dan pencatat waktu selama pertandingan bola kasti berlangsung.

Baca Juga Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia




Teknik Melempar Bola Kasti





Agar dapat melempar bola dengan baik saat bermain, kamu perlu mengetahui beberapa teknik melempar. Teknik melempar ini bisa dipelajari agar kamu bisa mematikan lawan dari regu penjaga saat menjadi tim pemukul.



Baca Juga Daftar Gelar Juara yang Diraih Timnas Indonesia



1. Lemparan Bola Mendatar



Posisi melempar ini perlu dilakukan berulang agar nantinya bisa mengenai sasaran dengan tepat. Kamu bisa mulai dengan mengarahkan pandangan ke target, dan posisikan tubuh dalam kondisi tegak. Lemparkan bola ke arah mendatar dengan menggunakan tangan kanan.



2. Lemparan Bola ke Bawah



Sama seperti teknik sebelumnya, badan harus diposisikan tegak agar arah lemparan sempurna. Pegang bola kasti dengan tangan kanan, lalu lemarkan ke arah bawah sambil memusatkan pandangan ke arah target (lawan).



3. Lemparan Bola Melambung



Jika ingin melambungkan bola, posisi badan perlu dicondongkan ke belakang sebelum melempar. Sambil mengarahkan pandangan kepada lawan, lemparkan bola ke atas agar bola melambung mengenai target lemparan.




Teknik Memukul Bola Kasti





Seperti melempar, kamu juga perlu mengetahui teknik memukul yang benar. Kamu perlu mengarahkan bola ke arah yang tidak menguntungkan lawan.

Baca Juga:  Materi Pai Kls 7 Semester 2



1. Pukulan Mendatar



Saat memukul bola, kamu juga harus memulai dengan sikap awal tegak sambil memegang erat pemukul. Perhatikan arah datangnya bola, lalu pukul keras ke arah mendatar saat bola mengenai pemukul.



2. Pukulan ke Arah Bawah



Untuk mengarahkan bola ke bawah, kamu bisa membidik bola ke arah bawah. Sebelum itu, tetap perhatikan sikap tubuh dalam posisi tegak untuk memukul bola dengan tongkat pemukul.



3. Pukulan Melambung



Fokuskan pandangan kamu ke arah datangnya bola yang dilempar oleh pelempar. Jaga posisi tubuh agar tetap tegak sambil menggenggam erat tongkat pemukul. Saat bola menghampiri kamu, pukul ke arah atas agar bola melambung tinggi.




Teknik Menangkap Bola Kasti





Sebelum melempar ke arah lawan, kamu juga harus bisa menangkap bola dengan baik. Teknik ini akan dibutuhkan agar kamu tidak melewatkan bola yang diarahkan dari pukulan yang datang.



1. Tangkapan Bola Mendatar



Saat menangkap pukulan bola mendatar, kamu harus langsung memfokuskan pandangan ke arah datangnya bola. Bengkokkan siku tangan di hadapan dada dengan posisi berdiri tegak dengan kaki kanan di depan.



2. Tangkapan Bola Arah Bawah



Untuk menangkap bola arah bawah, pastikan sikap tubuh dalam posisi tegak dengan kaki kiri di depan. Arahkan pandangan dari datanganya bola, tekuk kaki kiri dengan posisi lutut kanan menempel ke tanah.



3. Tangkapan Bola Melambung



Untuk menangkap lemparan melambung, pusatkan tubuh dalam posisi tegak dengan kaki kanan di arah depan. Pusatkan ke arah datangnya bola dengan posisi siku yang dibengkokkan sambil meregangkan telapak dan jari-jari tangan, siap menangkap bola.



Bagi yang ingin mulai melakukan permainan bola kasti, kamu bisa mempelajari beberapa dasar olahraga permainan bola dan cara bermainnya. Jangan lupa siapkan perlengkapan tongkat pemukul, bola tenis, dan bendera atau tiang untuk memberikan penanda di setiap sudut lapangan.

Baca Juga:  Cara Membedakan Ayam Jantan Dan Betina Umur 2 Bulan



(Ade Kurnia Irawan)

Bagaimana Cara Mematikan Lawan Dalam Permainan Kasti

Sumber: https://review.bukalapak.com/sports/permainan-bola-kasti-112321