Berikut Adalah Cara Pembuatan Magnet Kecuali

Posted on

Berikut Adalah Cara Pembuatan Magnet Kecuali

Unduh PDF

Unduh PDF

Magnet dibuat dengan cara mengekspos logam feromagnetik begitu juga ferum dan nikel pada medan besi sembrani. Sekiranya logam ini dipanaskan sampai suhu tertentu, mereka akan menjadi magnet yang permanen. Anda juga bisa membuat logam ini menjadi magnet temporer (lain permanen) dengan menggunakan majemuk metode yang dapat Engkau coba di rumah dengan aman. Pelajari mandu mewujudkan besi berani dari klip kertas, elektromagnet, dan besi sembrani yang boleh Sira gunakan sebagai kompas.

  1. 1

    Siapkan bahannya.

    Besi sembrani darurat yang tercecer dapat dibuat dengan separuh ferum berukuran boncel, seperti klip kertas, dan ki sebatang kacang magnet lemari es. Kumpulkan bahan-objek tersebut dan siapkan pula sepotong logam bermatra kecil, seperti mana pendulum-pemberat atau paku kecil untuk menguji sifat magnetik berbunga besi berani kacip jeluang yang akan Sira buat.

    • Bakal eksperimen dengan majemuk ukuran klip daluang, dan klip plano yang dibungkus dibandingkan dengan klip yang tidak dibungkus.
    • Kumpulkan benda-benda logam kecil dalam berjenis-jenis ukuran bikin mengintai benda mana yang akan menempel lega klip kertas tersebut.
  2. 2

    Gosokkan magnet puas klip daluang.

    Gosoklah dengan sebelah gesekan yang sama, jangan menggeseknya wara wiri. Gunakan aksi cepat sebagaimana momen Anda menyalakan korek jago merah. Gosokkan magnet pada klip kertas sebanyak 50 kali secepat mungkin.

  3. 3

    Sentuhkan klip kertas puas benda logam yang berformat lebih kecil.

    Apakah metal kerdil itu berkembar pada klip daluang? Jika iya, berarti Anda sudah berhasil membuat magnet.

    • Jikalau besi tidak menempel pada klip kertas, gosok lagi 50 kali dan cobalah kembali.
    • Cobalah menempelkan magnet tersebut plong klip kertas lain dan benda-benda yang lebih besar untuk menguji manfaat magnet nan Ia cak bagi.
    • Catatlah lamanya waktu klip kertas tersebut tetap menjadi magnet setelah digosok kerumahtanggaan jumlah tertentu. Bikin eksperimen dengan berbagai keberagaman logam yang berbeda, seperti paha belalang alias paku, untuk mengintai benda mana yang minimal lestari, dan paling kecil tahan lama menjadi besi berani.
  1. 1

    Siapkan bahannya.

    Elektromagnet dibuat dengan menjalankan rotasi listrik pada setengah logam bagi menciptakan medan besi sembrani. Metode ini dapat dilakukan dengan nisbah katai menunggangi benda-benda di bawah ini:

    • Sebuah paku metal berdosis ki akbar
    • 90 cm kabel tembaga mungil
    • Sebuah lampu senter
    • Benda besi sembrani berukuran kecil, begitu juga klip kertas alias peniti
    • Tang untuk mengupas kabel
    • Selotip
  2. 2

    Kupas ujung telegram.

    Kupas kedua ujung benang kuningan tembaga beberapa centimeter lakukan mengungkapkan lapisan pelindung kabel menggunakan gegep pengupas kabel. Kedua ujung kawat yang sudah dikupas tadi nantinya akan dilekatkan pada kedua ujung lampu senter.

  3. 3

    Lilitkan benang kuningan pada paku.

    Dimulai sekitar 20 cm dari ujung kabel, lilitkan kabel pada paku dengan erat. Setiap lilitan harus dilakukan dengan mepet, tetapi jangan sampai tumpang tindih. Lilitkan terus sebatas pakunya tertutup kabel mulai atasan sampai ujung paku..

    • Lilitan harus dilakukan dengan arah yang sama dari atas menentang episode bawah paku. Bagi menciptakan medan besi sembrani, elektrik harus mengalir dalam arah yang sama.
  4. 4

    Hubungkan dengan baterai.

    Tempelkan keseleo satu ujung kabel di bagian positif baterai dan ujung lainnya di bagian negatif lampu senter. Gunakan selotip kerjakan melekatkan kedua ujung kawat tersebut agar tidak maaf berpangkal baterai.

    • Jangan merayang tentang bagian ujung nan mana nan harus dilekatkan sreg bagian positif atau negatif dari lampu senter. Ujung manapun yang Anda lekatkan tetap membentuk paku tersebut menjadi magnet; yang berbeda hanyalah perubahan jihat kutub utara dan daksina dari magnet tersebut. Salah suatu arah magnet adalah kutub lor, dan satu sisi yang lain yakni kutub selatan. Jika ujung kabel ditempelkan terbalik, arah kutub berasal magnet tersebut juga akan terbalik.
    • Setelah ditempelkan pada baterai, kabel akan menjadi merangsang karena adanya aliran listrik yang melewati kabel, jadi berhati-hatilah jangan sampai tangan Anda cengkut.
  5. 5

    Gunakan magnetnya.

    Letakkan paku di dempang kacip kertas atau metal mungil lainnya. Karena paku telah berubah menjadi magnet, benda logam tersebut akan menempel pada paku. Lakukan eksperimen dengan berbagai rupa diversifikasi ukuran dan runyam untuk menguji kekuatan bermula besi sembrani yang Anda bagi.

  1. 1

    Siapkan bahannya.

    Kompas digunakan buat menunjukkan sebelah utara dengan memperalat jarum magnet yang arahnya sejalan dengan ajang magnet bumi. Setiap logam yang bisa dijadikan magnet dapat diubah menjadi kompas. Penyemat jahit atau peniti yang lurus adalah pilihan nan baik. Selain jarum, siapkan bahan-bahan berikut ini bakal membuat kompas:

    • Produsen magnet. Carilah besi sembrani, pakis, ataupun bahkan selembar bulu untuk merubah jarum menjadi magnet.
    • Sekacip gabus. Potonglah gabus intiha pot sampai berbentuk koin sebagai tempat kompas.
    • Suatu mangkok air. Meletakkan kompas di kerumahtanggaan air akan membuat jarum magnet menunjukkan sebelah yang setinggi dengan kutub besi sembrani manjapada.
  2. 2

    Ubahlah pencucuk menjadi magnet.

    Gosoklah jarum dengan magnet, paku, ataupun selembar bulu, untuk menciptakan arus listrik kecil. Geseklah penyemat dengan arah yang sama setidaknya 50 barangkali untuk mengubahnya menjadi magnet.

  3. 3

    Tempel atau tusukkan penyemat pada gabus.

    Tusukkan jarum secara horizontal, sampai penusuk menembus gabus di sebelah nan bukan. Dorong terus hingga bagian ujung dan bawah jarum memiliki jarak nan sekufu dari sisi luar gabus.

    • Jika jarumnya plus lautan dan tidak boleh menembus gabus, letakkan cuma penyemat itu di atas gabus.
    • Jika Ia tak punya gabus, gunakan bahan ringan tak nan boleh mengapung, patera misalnya.
  4. 4

    Apungkan magnetnya.

    Taruh jarum tadi di permukaan air dalam mangkuk. Perhatikan, jarum itu akan bersirkulasi untuk melaraskan diri dengan kutub utara dan selatan. Jika jarum tidak berputar, cabut jarum tersebut dari gabus, kemudian kilir juga sebanyak 75 kali dengan pembentuk magnet, dan coba kembali.

  • Seandainya klip kertas terperenyuk, sosi magnetnya boleh hilang dan Sira harus memulai lagi dari awal.
  • Gosoklah dengan sebelah nan sama, jangan menggosok secara bolak-balik.
  • Semakin lama Anda menggosok klip plano dengan magnet, resep besi sembrani intern klip tersebut akan bersitegang lebih lama.
  • Cobalah untuk menggotong benda mungil dengan besi berani nan Anda buat.

Peringatan

  • Magnet bisa mengacaukan TV dan Monitor (meskipun besi sembrani dari kacip kertas yang Dia buat mungkin bukan akan boleh)

Tentang wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 42.620 mana tahu.

Apakah artikel ini membantu Engkau?

Berikut Adalah Cara Pembuatan Magnet Kecuali

Sumber: https://asriportal.com/berikut-ini-cara-membuat-magnet-kecuali/

Baca Juga:  Interval Nada Pada Tangga Nada D Mayor Adalah