Cara Membuat Kerajinan Dari Kulit Kerang

Posted on

Cara Membuat Kerajinan Dari Kulit Kerang

Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki banyak satwa laut yang unik. Salah satu diantaranya adalah beraneka jenis kerang yang bisa kita temukan dengan mudah di pinggir pantai.

Saat ini, sudah banyak pengrajin yang mulai memanfaatkan kerang sebagai kerajinan tangan. Salah satu contoh kerajinan tangan dari kulit kerang adalah membuat kerajinan dengan model atau bentuk bunga.

Dengan memanfaatkan kulit kerang yang ada, maka diharapkan dapat menjadi nilai tambah atau menjadi lading penghasilan bagi nelayan atau orang yang bekerja di sekitar pantai.

Jika kamu tertarik dengan kerajinan yang berasal dari kulit kerang, maka kamu bisa membaca informasi lebih lanjut mengenai cara membuat bunga dari kulit kerang di artikel dibawah ini!

kerajinan bunga mawar dari kulit kerang 2022

Kerajinan dari kulit kerang saat ini patut diperhitungkan. Terlebih, untuk orang-orang yang tempat tinggalnya di sekitar pantai. Ada banyak sekali kreasi yang bisa dihasilkan dari kulit kerang. Bahkan, ada banyak macam jenis kulit kerang yang bisa ditemukan. Biasanya, bunga atau hiasan dari kulit kerang ini banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai. Mereka kerap menjadikannya sebagai cendera mata atau oleh-oleh.

Kerajinan dari kerang bisa dipelajari oleh siapa saja. Untuk mulai mencobanya, bisa dilakukan dengan membuat bentuk-bentuk sederhana terlebih dahulu. Lalu bisa mengembangkannya dengan mencoba bentuk yang sulit dan variasi menarik lainnya.


Alat dan Bahan yang Digunakan untuk Membuat Kerajinan Bunga dari Kulit Kerang

Sebelum membuat kerajian, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan, agar proses pembuatannya bisa lebih mudah. Adapun alat dan bahannya adalah sebagai berikut:

  • Kulit kerang yang sudah dibersihkan.

Untuk membersihkan kulit kerang, Anda harus mempersiapkan baskom, air, pemutih pakaian, detergen dan sikat gigi bekas.

  • Tang

Digunakan untuk memotong kawat.

  • Kawat kecil
Baca Juga:  Tuliskan Alat Dan Bahan Untuk Membuat Perahu Mainan

Kawat diperlukan untuk menyambungkan beberapa bagian, menjadi bentuk-bentuk tertentu.

  • Lem tembak

Lem digunakan untuk melekatkan bagian-bagian kulit kerang. Bisa juga untuk melekatkan bebera ornamen tambahan lainnya. Seperti daun, serbuk sari dan lain-lain.

  • Vernis

Cat kayu ini dipakai untuk memberikan kesan natural pada kerajian yang dibuat.  Warna alaminya akan timbul setelah cat mengering

  • Cat

Cat dengan aneka warna dibutuhkan untuk membuat hasil kerajinan lebih indah.

  • Kuas

Kuas yang digunakan haruslah bersih. Gunakan  beberapa jenis kuas agar warna tidak tercampur.

  • Tisu

Sebagai dasar untuk menempelkan kerang pada kawat yang telah dipotong.


Cara Membuat Bunga

d
ari Kulit Kerang Yang Mudah dan Unik


Setelah alat dan bahan selesai dipersiapkan, maka bisa langsung dibuat dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Mempersiapkan Kulit Kerang

Pilihlah kulit kerang yang baik dan kuat. Maksudnya adalah kulit kerang yang keras dan tidak ada retak. Rendam cangkang kerang tersebut di dalam baskom hingga seluruh bagian terendam air.

Tambahkan pemutih pakaian pada air rendaman sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Jangan terlalu banyak pemutih karena akan menyebabkan kulit kerang rapuh dan mudah pecah. Jangan juga sampai kurang karena kulit kerang tidak akan putih bersih.

Rendam kulit kerang selama sehari semalam. Proses perendamaan akan melapaskan kotoran dan lumut yang menempel pada kulit kerang. Sehingga menghasilkan cangkang kerang yang bersih dan putih.

Keesokkan hari, buang air rendaman. Cuci cangkang kerang menggunakan air bersih, lalu goyang-goyangkan baskom agar kotoran terlepas. Setelah itu, buang kembali air bilasan, lalu ulangi kembali proses itu sekali lagi.

Rendam kembali kulit kerang dengan campuran air yang diberi detergen. Sikat bagian lekukan kerang dengan sikat gigi bekas agar kerang benar-benar bersih. Bilas kembali kulit kerang tadi, lalu jemur. Biarkan kulit kerang hingga benar-benar kering.

  • Potong kawat yang sudah disiapkan. Potong kawat sesuai dengan yang diinginkan. Nantinnya, kawat ini berfungsi sebagai tangkai.

  • Bagian atas kawat olesi dengan lem. Balut kawat yang dilapisi lem dengan sedikit tisu, Lilit tisu sebanyak 7-8 kali pada kawat. Jangan lupa menambahkan lem setiap kali akan mengulang lilitan.

  • Lem kembali bagian atas tisu.

  • Ambil kerang yang berukuran kecil lalu mulailah menempelkan kerang di sekeliling tisu.

  • Setelah bagian atas selesai, tempel kembali kulit kerang pada bagian bawah kerang yang ditempel tadi. Ulangi proses ini beberapa kali hingga mendapatkan sekuntum bunga mawar.

  • Lanjutkan dengan memberi warna pada kulit kerang, menggunakan cat dengan bantuan kuas. Oles seluruh permukaan kerang. Mulailah dari kulit kerang bagian atas, lalu teruskan hingga seluruh kulit kerang terwarnai.

  • Setelah bunga selesai, tahap selanjutanya adalah membuat tangkai dan daun bunga.

  • Oleskan lem pada sisa kawat, dimulai dari bagian atas. Lalu balut dengan solasi berwarna hijau. Lilit solasi mengelilingi kawat.

  • Pada beberapa bagian beri tambahan aksesoris Dapat digunakan satu atau dua daun. Lalu, teruskan melilit kawat hingga semua tertutup solasi hijau.

  • Setelah beberapa tangkai bunga selesai dibuat, anda bisa mulai menyusunnya ke dalam pot yang sudah disiapkan. Kini kerajinan bunga mawar dari kulit kerang sudah selesai.

Kerajinan kulit kerang ini bisa juga di buat dalam bentuk kreasi lainnya. Bahkan, hasil dari kerajinan ini bisa disusun dalam figura, dipakai untuk menghias dinding dan lain sebagainya. Demikin info lengkap mengenai cara membuat bunga dari kulit kerang memang sangat mudah dilakukan, asalkan dibuat dengan telaten.

Baca Juga:  Merk Bb Cream Untuk Kulit Berjerawat

Simak juga artikel menarik lainnya mengenai kerajinan tangan dari limbah di bawah ini!

Cara Membuat Kerajinan Dari Kulit Kerang

Sumber: https://www.portalbpop.com/kerajinan-limbah/cara-membuat-bunga-dari-kulit-kerang/