Cara Membuat Lampu Dengan Baterai Dan Saklar

Posted on

Cara Membuat Lampu Dengan Baterai Dan Saklar

Manusia sesungguhnya memiliki daya kreatifitas yang tinggi. Buktinya mereka mampu membuat berbagai kerajinan berbentuk barang yang unik, sekalipun itu dari bahan bekas. Dari banyaknya ide pembuatan karya, salah satu yang menarik adalah lampu menggunakan baterai abc.

Tidak harus menjadi seorang teknisielektronik untuk membuat lampu dari baterai ABC. Karena cara membuat lampu dari baterai ABC terbilang cukup mudah dan sederhana. Kamu penasaran dan ingin mencobanya? Simak artikel lengkapnya dibawah ini!

cara membuat lampu dari baterai abc 2022

Cara Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas Yang Mudah

Kerajinan Lampu Sederhana dari Baterai ABC

Kerajinan lampu dari baterai ABC kini banyak diminati karena terkesan unik. Khususnya bagi kalangan anak-anak SD. Cara membuatnya pun terbilang mudah. Tidak membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan karya satu ini. Lampu dari baterai ABC tentu tidak hanya berfungsi sebagai hiasan. Kamu juga dapat memanfaatkannya saat kondisi listrik sedang padam. Pada intinya, proses pembuatan lampu kecil dari baterai abc ini dilakukan dengan cara simple yaitu menghubungkan kutub positif dan negatif pada baterai dengan lampu kecil.

Berbagai peralatan tentunya harus Kamu siapkan agar proses pembuatan berjalan lancar. Namun, jangan khawatir karena semua alat untuk membuat lampu dari baterai ABC bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko.


Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Untuk membuat Kerajinan Lampu Kecil dan Sederhana dari Baterai ABC

Berikut adalah alat-alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat lampu sederhana dari baterai ABC:

  1. Kabel listrik dengan panjang sekitar 2 cm dan 7 cm.
  2. 2 buah baterai ABC yang biasa digunakan pada jam dinding.
  3. Dioda LED. Kamu bisa membelinya di toko alat listrik.
  4. Selotip khusus untuk listrik atau lakban.
  5. Gunting
  6. Kertas


Cara Membuat Lampu dari Baterai ABC Kecil Beserta Gambarnya

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, langkah berikutnya adalah proses pembuatan lampunya. Berikut tahapannya:


Mengumpulkan Perlengkapan

Pertama, pastikan sekali lagi bahwa bahan-bahan atau perlengkapan yang dibutuhkan telah lengkap. Dan utamakan jenis baterai ABC sebagai bahan utama. Kamu juga bisa menggunakan baterai dari merk lainnya.

Baca Juga:  Diketahui Segitiga Abc Siku Siku Di B

Baterai kecil ini cocok digunakan sebagai sumber tenaganya karena tegangan yang dimiliki oleh jenis ini tergolong mudah dan aman. Kesalahan dalam memilih tegangan baterai bisa menyebabkan kawat mudah panas saja, jadi tidak berbahaya bagi anak kecil.

persiapan alat 2022


Rekatkan Kedua Baterai secara Sempurna


Langkah yang kedua adalah penyusunan lampu senter. Caranya cukup dengan menyambungkan kutub negatif dan positif pada dua sisi baterai. Langkah ini akan semakin mudah apabila kamu menggunakan selotip untuk listrik. Sambung kedua bagiannya dengan kuat.

rekatkan baterai 2022


Pengupasan Kawat


Berikutnya adalah langkah mengupas kawat dengan gunting. Mulailah pengupasan dari bagian ujung kabel. Lakukan secara perlahan di dua bagian kabel hingga kawat di dalamnya terkupas rapi.

kupas kabel 2022


Penyambungan Kabel pada Dioda LED

Setelah melalui beberapa tahap di atas, berikutnya Kamu harus menyambungkan kabel pada LED. Caranya cukup dengan melilitkan kawat pada dioda LED. Agar lebih praktis, sebaiknya gunakan kabel yang relatif lebih pendek. Kemudian, rekatkan seluruh komponen lampu.

sambung kabel dan dioda 2022


Lakukan Uji Coba

Tahap pembuatan lampu senter berikutnya adalah uji coba. Caranya adalah dengan meletakkan kawat kabel yang terbuka di kutub negatif. Apabila dioda LED nya menyala, maka bisa dipastikan bahwa lampu senter siap digunakan. Namun, jika yang terjadi adalah sebaliknya, tukarkan posisi kabel tersebut.


Pertemukan Ujung Kawat

Jika kedua kutub sudah terpasang secara tepat, pertemukan tiap ujungnya kemudian beri perekat. Dengan begitu, hasil dari lampu senter akan semakin rapi dan tertata.

sambungkan baterai dan lampu 2022


Bungkus Baterai

Setelah itu, lakukan proses pembungkusan baterai agar lampu lebih aman dan rapi saat digunakan. Caranya, siapkan dua potongan kertas sama panjang. Pastikan panjang kertas tersebut sama dengan panjang baterai. Kemudian gulung baterai sehingga membentuk senter berukuran kecil. Jangan lupa rekatkan bagian kawat yang lebih panjang terlebih dahulu.

Baca Juga:  Cerita Liburan Bersama Keluarga Ke Pantai

bungkus baterai 2022


Gunakan Jari untuk Sakelar On/Off

Agar lampu dapat menyala dengan baik, tahan bagian ujung kawat baterai yang terbuka. Dan agar tetap menyala, sebaiknya gunakan perekat. Sekarang lampu sederhana sudah selesai, kamu bisa menggunakannya dengan mudah. Anak SD pun bisa membuatnya juga.

sambung dengan jari 2022

Selain cara diatas, ada beberapa video mengenai cara membuat lampu sederhana dari baterai. Silahkan melihat videonya dibawah ini.

Selain model diatas ada juga lampu yang dibuat dari baterai hp atau barang bekas lainnya. Silahkan ikuti cara membuat lampu sederhana menggunakan baterai handpahone atau barang bekas lainnya.


Contoh Kerajinan Lampu dari Baterai ABC Yang Sederhana

Berikut adalah contoh sederhana Lampu dari baterai ABC sebagai bahan referensi:


  1. Rangkaian Lampu Sederhana dari Baterai kecil

cara membuat lampu dari baterai abc yang sederhana 2022

Untuk membuat kerajinan ini, Kamu memerlukan lampu kecil, kabel, gunting serta baterai. Untuk langkahnya terbilang sederhana. Cukup dengan memotong kabel sebanyak 20 cm. Setelah itu, kupas ujung kabel dan lilitkan pada ujung lampu.


  1. Lampu Kecil dari baterai Ukuran besar

kerajinan lampu sederhana dari baterai abc ukuran besar 2022

Bahan yang digunakan untuk membuat lampu senter jenis ini kurang lebih sama dengan sebelumnya. Cara dan pola pembuatannya pun tidak jauh berbeda. Bahkan, Kamu bisa berkreasi sesuka hati agar hasilnya lebih menarik. Yang berbeda hanya jenis baterai yang digunakan dimana menggunakan baterai abc dengan ukuran besar.


  1. Membuat Lampu Emergency

rangkain membuat lampu kecil dari baterai abc 2022

Kerajinan ini terbuat dari bahan utama kawat email, cincin ferit, lampu LED, penutup, tripot, transistor d313 hingga pcb bolong. Penyusunan kerajinan ini dilakukan secara paralel mulai dari lampu LED. Berikutnya disusul dengan cincin ferit dan kawat. Tempelkan semua bagian dengan memakai solder. Langkah terakhir, gunakan tutup lampu agar semakin indah.


  1. Kerajinan Lampu LED dari Baterai HP Bekas

Kalau kamu punya hp atau baterai hp bekas, maka kamu bisa menggunakannya untuk menyalakan lampu LED. Untuk cara membuat lampu LED dari baterai hp bekas silahkan ikuti video dibawah.


  1. Kerajinan Lampu LED dari Baterai Kecil

kerajinan membuat lampu dari baterai abc untuk lampu natal 2022

Bahan yang digunakan untuk membuat lampu ini adalah baterai ABC sebanyak 3 buah, lampu LED dan tempat baterai. Langkah pembuatannya cukup masukkan kabel di lampu LED yang telah dikupas. Setelah itu, rekatkan pada ujung baterai. Kamu membutuhkan lampu lebih banyak dan kabel yang lebih panjang.

Baca Juga:  Suatu Kegiatan Untuk Menciptakan Suatu Market Atau Pangsa Pasar Disebut

Model lampu yang seperti ini bisa digunakan untuk hiasan dinding atau pohon natal. Anda juga bisa membelinya di marketplace lazada dengan kata kunci LED Tumblr Baterai A2 Lampu Hias Natal LED Baterai – 4 Meter.

Demikian artikel mengenai cara membuat lampu dari baterai ABC yang mudah beserta gambarnya. Sekarang kamu sudah bisa membuatnya di rumah dan anak kecil yang masih SD bisa membuatnya juga. Tidak lupa juga, silahkan baca juga artikel menarik lainnya mengenai kerajinan tangan dari barang bekas di bawah ini!

Cara Membuat Lampu Dengan Baterai Dan Saklar

Sumber: https://www.portalbpop.com/kerajinan-barang-bekas/cara-membuat-lampu-dari-baterai-abc/