Contoh Dari Reklame Media Visual Yaitu Kecuali

Posted on

Contoh Dari Reklame Media Visual Yaitu Kecuali

Macam reklame berdasarkan fungsinya Ada banyak ragam reklame berdasarkan fungsi masing-masing memiliki aneka bentuk dan penempatan yang berbeda pula. Namun ciri khas hampir sama yaitu memberikan informasi kepada masyarakat/orang lain. Tanpa reklame tidak akan maju berkembang usaha tersebut. Inilah jenisnya: 1. Baliho : reklame yang berupa papan besar di pinggir jalan terbuat dari kain. 2. Billboard : reklame yang berupa papan besar di pinggir jalan terbuat dari bahan plastik yang di dalamnya ada lampu. 3. Banner : reklame yang terbuat dari plastik, biasa ditaruh berdiri dekat toko/counter. 4. Spanduk : reklame yang terbuat dari kain berisi informasi penting biasanya berada di bawah jembatan/pinggir jalan. 5. Brosur : reklame  yang berupa kertas sebaran yang dikasikan secara cuma-cuma kepada orang lain. 6. Neon Box : reklame yang berupa kotak seperti nama usaha yang diletakkan di atas toko di dalamnya ada lampu. 7. Digital Billboard : reklame yang berupa papan besar berbentuk tv besar yang bisa menampilkan video.

8. Iklan : reklame yang berupa gambar/tulisan yang penempatannya pada media cetak dan elektronik.

9. Poster : reklame yang berbentuk gambar atau tulisan besar. 10. Buklet : reklame yang dibuat menyerupai buku dengan jumlah halaman lebih dan dua lembar. 11. Fulder : reklame berbentuk buku kecil atau lembaran yang dilipat. 12. Embalase : reklame yang terdapat pada kemasan benda yang diperdagangkan berupa pembungkus. 13. Etiket : reklame yang penempatannya pada benda atau dicetak langsung pada pembungkus tetapi ada yang terpisah. 14. Label : reklame yang dipasang pada benda ditempel atau digantungkan sebagai cap atau merk dagang. 15. Logo : reklame yang berbentuk gambar yang digunakan sebagai simbol atau lambang sebuah produk maupun barang. 16. Etalase : reklame yang diletakkan dibagian depan toko. Di dalam ruang kaca berisi pajangan. 17. Plakat : hampir sama dengan poster lebih kecil dan ditempel di tembok dan pohon ditepi jalan

18. Papan nama : reklame yang diletakkan depan atas toko bersifat permanen ukuran sedang berupa nama toko.

Baca Juga:  Diantara Kelima Reaksi Berikut Yang Merupakan Reaksi Redoks Yaitu

Dibawah ini adalah contoh contoh reklame visual, kecuali

Reklame
merupakan salah satu bentuk media untuk menyampaikan informasi atau promosi dari sebuah produk atau jasa. Namun reklame juga bisa sebagai media penyampaian yang bersifat non komersial atau kepentingan umum.

Secara umum pengertian
reklame
adalah sarana atau alat untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan dan memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat luas melalui penggunaan gambar dan kata-kata yang menarik. Selain itu, reklame juga bertujuan untuk membangun brand produk atau perusahaan agar melekat pada calon konsumen.

Reklame dibedakan beberapa jenisnya, simak ulasannya dibawah ini:

1. Jenis Reklame Berdasarkan Medianya

  • Reklame audiovisual

    Jenis reklame yang disampaikan dalam bentuk gambar dan suara. Contohnya seperti, Iklan TV, iklan YouTube, iklan di film, dan lainnya.
  • Reklame audio

    Jenis reklame audio adalah reklame yang disampaikan melalui suara, secara langsung atau tidak langsung. Contoh seperti, iklan radio dan iklan audio di Spotify.
  • Reklame visual
    Artinya, jenis reklame yang ditransmisikan dalam bentuk visual atau gambar. Contohnya seperti iklan megatron, poster, spanduk, plakat, brosur, selebaran, papan nama.

    2.Jenis Reklame Berdasarkan Lokasi Pemasangan

  • Reklame indoor

    Artinya, reklame yang dipasang di dalam ruangan. Umumnya reklame dalam ruangan berukuran kecil atau sedang dengan bahan kertas. Contoh seperti etiket, label, leaflet, dan brosur.
  • Reklame outdoor
    Artinya, jenis reklame yang dipasang di luar ruangan dan terkena sinar matahari. Pada umumnya reklame outdoor berukuran relatif besar dan terbuat dari bahan anti air serta tahan terhadap sengatan matahari. Contoh seperti, baliho, spanduk, papan nama dan lainnya.

    3. Jenis Reklame Berdasarkan Tujuan Pembuatan

  • Reklame komersial

    Artinya, jenis reklame yang dibuat untuk tujuan komersial yang tujuannya adalah untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. Contoh seperti poster, spanduk, baliho/papan reklame, dan lain-lain.
  • Reklame non-komersial
    Artinya, jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan umum, misalnya seperti himbauan,, informasi layanan masyarakat/publik, dan lain-lain. Contoh seperti, himbauan donor darah, himbauan membayar pajak, himbauan tertib berlalu-lintas dan lain-lain.

    4. Ciri-ciri reklame adalah sebagai berikut:

  • Singkat, jelas, dan mudah dimengerti. Reklame yang baik harus dibuat dengan kalimat-kalimat yang singkat, jelas, dan mudah dimengerti oleh masyarakat umum.
  • Menarik dan mencolok. Reklame umumnya dibuat dengan komposisi desain dan warna menarik serta mencolok dengan tujuan mudah menggaet perhatian khalayak ramai.
  • Jujur. Pesan yang disampaikan harus jujur dan tidak dibuat-buat, sesuai kebenaran.
  • Dilakukan berulang-ulang. Hal ini sesuai dengan fungsi dan pengertian reklame yang harus disampaikan berulang kali sehingga ada lebih banyak orang yang mendapat pesan yang disampaikan tersebut.

    Info mengenai pembuatan billboard di Snapy selengkapnya ada
    DISINI

https://snapy.co.id/artikel/jenis-jenis-reklame-berdasarkan-kebutuhan

Jenis-Jenis Reklame, Pengertian dan Contoh Reklame
– Reklame media visual merupakan jenis reklame yang memanfaatkan tulisan dan gambar yang diolah sedemikian rupa untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada orang lain melalui media visual. Jenis-jenis reklame, pengertian dan contoh reklame antara lain sebagai berikut;

Iklan adalah jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual(tulisan dan gambar) pada media cetak atau elektronik. Berikut ini contoh reklame iklan.

Dibawah ini adalah contoh contoh reklame visual, kecuali

Contoh Reklame “Iklan”

Spanduk adalah reklame yang memuat informasi reklame komersial atau non komersial yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang di tempat strategis dan ramai. Berikut ini contoh reklame spanduk.

Dibawah ini adalah contoh contoh reklame visual, kecuali

Contoh Reklame “Spanduk”

Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame brosur.

Dibawah ini adalah contoh contoh reklame visual, kecuali

Contoh Reklame “Brosur”

Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.

Dibawah ini adalah contoh contoh reklame visual, kecuali

Contoh Reklame “Embalase”

Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis. Berikut ini contoh reklame poster.

Dibawah ini adalah contoh contoh reklame visual, kecuali

Contoh Reklame “Poster”

Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/ tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen. Berikut ini contoh reklame baliho.

Dibawah ini adalah contoh contoh reklame visual, kecuali

Contoh Reklame “Baliho”

Billboard adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan pada atap dinding pertokoan atau instansi tertentu dengan sifat permanen.

Dibawah ini adalah contoh contoh reklame visual, kecuali

Contoh Reklame “Billboard”

Banner adalah jenis reklame dengan bentuk kotak (potrait) biasanya dicetak dengan digital printing menggunakan MMT ditempatkan depan toko atau instansi menggunakan penyangga.

Dibawah ini adalah contoh contoh reklame visual, kecuali

Contoh Reklame “Banner”

Leaflet adalah jenis reklame yang berupa lembaran kecil yang dilipat lipat, berisi informasi lengkap dan rinci. Penyampaiannya dilakukan dengan cara diletakkan ditempat yang mudah diambil, disebarkan atau diberikan langsung kepada konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame leaflet.

Dibawah ini adalah contoh contoh reklame visual, kecuali

Contoh Reklame “Leaflet”

Kalender adalah pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang divisualisasikan pada media cetak atau elektronik. Kalender dalam bentuk media cetak dapat digunakan sebagai reklame dengan memberikan tambahan gambar dan tulisan sebagai reklame visual pada bagian depan atau bagian atas kalender. Berikut ini contoh reklame kalender.

Dibawah ini adalah contoh contoh reklame visual, kecuali

Contoh Reklame “Kalender”

Selain jenis-jenis reklame dan contoh reklame yang saya sampaikan di atas, masih banyak lagi jenis reklame lainnya yang belum dapat saya rangkum dan saya tulis pada artikel ini.

Baca juga:

Pengertian Reklame, Media dan Tujuan Reklame

15 Contoh Poster Pendidikan Menarik dan Mudah Digambar
35 Contoh Poster Desain Grafis dan Poster Gambar Tangan yang Kreatif

Contoh Dari Reklame Media Visual Yaitu Kecuali

Sumber: https://idkuu.com/dibawah-ini-adalah-contoh-contoh-reklame-visual-kecuali