Dapat Menyebutkan Tanda Pengenal Harian Satuan Dan Pakaian Seragam

Posted on

Dapat Menyebutkan Tanda Pengenal Harian Satuan Dan Pakaian Seragam

Pramuka menjadi salah satu gerakan kepanduan di Indonesia yang juga berkembang sebagai pendidikan ekstrakulikuler. Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana yang di isi oleh anggota dari kalangan pendidikan. Penggolongan tersebut biasanya di bedakan menggunakan apa saja tanda pengenal pada seragam pramuka mulai dari pramuka Sekolah Dasar hingga tingkat tinggi.

Apa Saja Tanda Pengenal Pada Seragam Pramuka

Tanda pengenal pramuka biasanya di terapkan pada bedge yang di pasang di seragam pramuka beserta atributnya. Seragam pramuka memiliki beberapa model yang di sesuaikan dengan tingkatannya. Berbeda halnya dengan seragam sekolah jepang sesuai musim, yang mana di Jepang negara beriklim sub tropis yang memiliki 4 musim berbeda.

Apa saja tanda pengenal pada seragam pramuka

Pramuka memiliki istilah kepangkatan yang di bedakan sesuai kelompok usianya. Yang mana tanda pangkat yang ada menjadi bagian dari tanda pengenal yang di tempelkan pada seragam pramuka. Untuk mengetahui apa saja tanda pengenal pada seragam pramuka, anda bisa menyimak pembahasannya sebagai berikut ini.

1. Tanda umum

Tanda umum merupakan salah satu tanda pengenal yang di pakai oleh seluruh anggota pramuka secara umum. Tanda ini berupa atribut umum yang sering di pakai untuk kegiatan kepramukaan. Tanda umum sendiri memiliki beragam jenisnya yang ada sebagai berikut ini:

  • Tanda pelantikan

Tanda pengenal umum kali ini ada pada tanda pelantikan. Yang mana memiliki ciri berupa lambang atau loho gerakan pramuka. Warna dasar lambangnya adalah coklat tua, sedangkan tulisan logonya berwarna kuning emas. Penerapannya biasanya di letakkan di sisi saku kanan, ataupun kerah baju di sebelah kanan.

  • Tanda kepanduan dunia

Tanda kepanduan dunia atau sering di sebut WOSM menjadi tanda atribut yang di pasangkan di seragam pramuka. Tanda ini berwarna ungu yang biasanya di pasang pada saku baju di sebelah kiri atas. Selain itu pemasangan tanda kepanduan dunia juga kerap kali di letakkan di sisi kerah baju sebelah kiri.

  • Tanda pita/setangan leher
Baca Juga:  Sebutkan Kelebihan Dan Kekurangan Program Myob Accounting

Tanda pita leher atau setangan leher menjadi salah satu tanda pengenal umum. Antara pita dan setangan sering di pakai dengan cara di kalungkan di leher seperti dasi. Berwarna merah putih yang mana pita leher untuk anggota putri dan setangan untuk anggota putra.

Namun sejak di berlakukan aturan baru, anggota putri kini tidak lagi mengenakan pita leher, melainkan setangan leher seperti putra.

  • Tanda topi

Tanda pengenal selanjutnya ada pada tanda topi. Pemberian tanda di topi ini berupa tingkat golongan anggota pramuka. Penggunaannya di tempelkan sebagai pin ataupun pada topi pet tanda ini di sablon. Topi yang di kenakan pun beragam, mulai dari topi pet, topi anyaman rotan, topi boni hingga baret.

  • Tanda harian

Tanda pengenal umum yakni ada tanda harian. Tanda ini bercirikan lambang cikal atau tunas kelapa yang mana berwarna kuning emas.

Pemakaiannya bisa dalam bentuk di jahit bordir pada seragam pramuka, ataupun bentuk pin yang dapat di pasang di kerah atau di bagian dada. Misalnya pada seragam pramuka penggalang putri maupun putra sama-sama di lengkapi dengan tanda pengenal ini.

2. Tanda satuan

  • Lencana wilayah

Tanda pengenal satuan kali ini ada pada lencana wilayah. Lencana wilayah ini menunjukkan
logo
atau lambang wilayah kabupaten di mana anda menjadi anggota pramuka saat ini. lencana wilayah ini di letakkan di sisi lengan atas berdekatan dengan pemasangan pita wilayah dan pita nomor.

  • Pita wilayah

Pita wilayah merupakan tanda pengenal satuan yang bertuliskan tanda lokasi di mana anda mengikuti kegiatan pramuka saat ini. Biasanya tanda lokasi yang di cantumkan adalah kwartir daerah atau kota atau kabupatennya. Tulisan pita berbentuk melengkung yang di pasang di sebelah atas pita nomor dan lencana wilayah.

  • Pita nomor
Baca Juga:  Alas Maket Rumah Dibuat Menggunakan Bahan Triplek Atau

Pita nomor merupakan tanda pengenal satuan yang mana berisi kode nomor tertentu. Penentuan kode ini berdasarkan kode wilayah kwartir cabang atau tepatnya nomor gugus depan. Peletakan pita nomor di pasangkan di antara pita wilayah dan lencana wilayah.

  • Tanda pengenal satuan per golongan

Tanda pengenal kali ini di klasifikasikan berdasarkan golongan keanggotaan. Yang mana ada beberapa tanda yang di pasangkan di sisi lengan baju. Di antaranya adalah barung siaga, regu penggalang, sangga penegak, reka pandega, dan satuan karya.

3. Tanda jabatan

Tanda jabatan ini di pakai untuk menunjukkan jabatannya dalam keikutsertaannya dalam keanggotaan pramuka. Yang mana tanda jabatan ini ada beberapa jenis yaitu tanda pemimpin utama, tanda Pembina dan pembantu Pembina, tanda andalan dan pembantu andalan, tanda korps pelatih Pembina, tanda pamong saka dan tanda dewan kerja.

4. Tanda kecakapan

Selanjutnya tanda pengenal pada pembuatan seragam pramuka yaitu ada tanda kecakapan. Tanda kecakapan ini ada tiga kelompok yakni Tanda Kecakapan Umum, Tanda Kecakapan Khusus dan Tanda Kecakapan Pramuka Garuda.

5. Tanda penghargaan

Tanda pengenal kali ini adalah tanda penghargaan. Yang mana di berikan untuk anggota pramuka tertentu yang telah iku berkontribusi pada kegiatan kepramukaan. Tanda penghargaan ini dapat di serahkan untuk tiga klasifikasi kelompok. Yaitu untuk peserta didik anggota pramuka, untuk anggota pramuka dewasa dan juga untuk sebuah badan eksternal di luar kepramukaan.

Itulah pembahasan mengenai apa saja tanda pengenal pada seragam pramuka. Tanda pengenal tersebut berguna sebagai identitas dari masing-masing anggota pramuka. Selain itu, tanda pengenal dapat di pakai secara lengkap untuk seragam sekolah ataupun untuk menghadiri kegiatan kepramukaan.

Dapat Menyebutkan Tanda Pengenal Harian Satuan Dan Pakaian Seragam

Sumber: https://sintesakonveksi.com/info/apa-saja-tanda-pengenal-pada-seragam-pramuka/