Jelaskan 2 Manfaat Dalam Menyanyi Secara Vokal Grup

Posted on

Jelaskan 2 Manfaat Dalam Menyanyi Secara Vokal Grup

  • Ciri-ciri Vokal Grup
  • Aransemen Vokal

Jelaskan 2 manfaat menyanyi secara vokal grup


Aksi panggung member JKT 48 saat menghibur penonton dalam acara ‘JKT48 Request Hour Setlist Best 30 2017’, Jakarta, Sabtu (4/11). Para fans memilih 30 lagu dari antara seluruh lagu yang ada dengan cara voting. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bola.com, Jakarta –
Vokal grup
adalah kelompok penyanyi yang menyanyikan lagu secara bersama-sama, baik dengan satu suara, dua suara atau lebih. Dalam vokal grup tersebut bisa terdiri dari laki-laki dan perempuan, semua perempuan atau semua laki-laki.

Para penyanyi tersebut akan menyanyikan lagu dengan ketinggian suara yang berbeda. Ada yang sopran, alto, bass, maupun tenor.

Sopran dan alto biasanya merupakan jenis suara untuk wanita. Sedangkan bass dan tenor merupakan jenis suara pada laki–laki.

Menyanyikan lagu dengan cara
vokal grup tak hanya dituntut kompak, tetapi juga kreatif dalam memberikan variasi vokal. Hal itu agar lebih menambah indah lagu yang dinyanyikannya.

Namun, tidak hanya indahnya vokal saja. Dalam vokal grup para penyanyinya juga dituntut adanya ekspresi atau gaya serta gerak sehingga akan lebih menambah daya tarik dalam penampilannya.

Vokal grup terdiri dari beberapa bentuk. Apa saja bentuk-bentuk vokal grup yang sering dijumpai?

Berikut rangkuman tentang macam-macam bentuk
vokal grup
yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Jumat (22/10/2021).

Jelaskan 2 manfaat menyanyi secara vokal grup


Vokalis grup band Slank Kaka dan Via Vallen berduet dalam konser Slank In Love di Jakarta, Selasa (27/2). Slank dan Via Vallen menyanyikan lagu Cublek Cublek Sueng, Sue Ora Jamu, Gundul gundul Pacul dan Sayang yang dimedley. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

1. Duet

Duet adalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh dua orang penyanyi dengan menggunakan melodi suara yang berbeda dengan diiringi alat musik.

Baca Juga:  Perbedaan Mesin Potong Rumput 2 Tak Dan 4 Tak

Kelompok vocal duet bisa terdiri dari laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan atau laki-laki dengan perempuan. Pasangan tersebut tentu tergantung kecocokan antara keduanya.

2. Trio

Trio adalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh tiga orang penyanyi, dengan menggunakan melodi suara yang berbeda antara satu dengan yang lainnya dan diiringi alat musik.

Sama halnya kelompok vocal duet, anggota grup trio bisa terdiri dari wanita semua, pria semua, atau campuran antara pria dan wanita. Semuanya tergantung pada kesepakan kelompok vocal tersebut dalam menentukan personelnya. Tentu saja harus memiliki kemampuan vocal yang sama-sama baik.

Jelaskan 2 manfaat menyanyi secara vokal grup


Andre Hehanussa tampil bersama Coboy Junior saat Konser Bintang 3 Generasi di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Sabtu (19/3/2016). Konser tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara ulang tahun Bintang.com yang pertama. (Liputan6.com Angga Yuniar)

3. Kwartet

Kwartet adalah jenis penyajian musik vokal yang dibawakan oleh empat orang penyanyi dengan menggunakan melodi suara yang berbeda dengan diiringi alat musik.

4. Vokal Grup

Vokal grup dalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh minimal tiga orang dengan menggunakan lebih dari satu suara dengan diiringi oleh alat musik, tetapi tanpa menggunakan dirigen.

Jelaskan 2 manfaat menyanyi secara vokal grup


Ilustrasi paduan suara. Credit: pexels.com/Afro

5. Paduan Suara

Paduan suara merupakan penyajian musik vokal yang dibawakan oleh 15 orang penyanyi atau lebih dengan menggunakan suara dengan wilayah nada yang berbeda (Ambitus suara).

6. Akapella

Akapella adalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan tanpa menggunakan iringan alat musik. Personelnya bisa terdiri dari wanita semua, pria semua, atau campuran antara wanita dengan pria.

Sumber:
Kemdikud

tirto.id – Vokal grup merupakan kumpulan para penyanyi yang melantunkan (menyajikan) lagu-lagu secara serentak dengan menggunakan satu suara, dua suara, atau lebih.

Vokal grup biasanya terdiri dari beberapa penyanyi dengan kemampuan menyanyikan lagu dalam berbagai macam variasi suara seperti sopran, alto, bas, dan tenor. Dalam grup tersebut, para penyanyi wanita akan cenderung menggunakan jenis suara sopran dan alto. Sedangkan, para penyanyi laki-laki akan lebih berperan dengan jenis suara bas dan tenor.

Baca Juga:  Perintah Untuk Mengubah Warna Huruf Menjadi Merah Dalam Html Adalah

Dikutip dari buku Aransemen Lagu Vocal Group oleh Djito dkk (2020:4), vokal grup kerap menyanyikan lagu-lagu bergenre modern, umumnya tersusun dari campuran penyanyi laki-laki-perempuan maupun keseluruhan laki-laki atau perempuan.

Jenis suara dalam mengaransemen lagu-lagu vokal grup memiliki posisi yang penting, karena berhubungan dengan kesesuaian antara nada dengan jangkauan suara penyanyi supaya tercipta sebuah lagu yang harmonis.

Selain itu, membawakan lagu-lagu secara vokal grup dituntut untuk lebih kreatif dan bervariasi supaya menambah tingkat keindahan. Tidak hanya berdasarkan kepada bagusnya vokal, namun juga harus dikolaborasikan dengan gerakan penyanyi untuk menambah nilai makna dari penampilan.

Berbeda dengan paduan suara, vokal grup terkesan lebih ekspresif karena mementingkan keselarasan nada dan tidak berupa partitur lengkap. Beberapa hal yang harus dimengerti untuk lebih memahami konsep menyanyikan lagu secara vokal grup, yaitu ciri-ciri dan aransemen vokal.

Ciri-ciri Vokal Grup

Ada beberapa ciri-ciri dari karakteristik vokal grup yang membedakan dengan bentuk-bentuk vokal lainnya. Dikutip dari buku Seni Budaya Kelas IX oleh Kemendikbud (2018:58), beberapa ciri-ciri dari vokal grup sebagai berikut:

  • Vokal grup terdiri dari beberapa penyanyi dengan jumlah 3-10 orang;
  • Aransemen dalam vokal grup bersifat bebas;
  • Dalam membawakan lagu, vokal grup cenderung lebih ekspresif. Hal tersebut, diimplementaskan dengan adanya gerakan-gerakan yang menunjang penggambaran makna lagu;
  • Improvisasi dalam vokal grup lebih dominan;
  • Vokal grup dapat diiringi dengan musik maupun tidak menggunakan adanya musik atau acappela;
  • Suara vokal dibagi ke dalam beberapa jenis suara yaitu Alto, Mezzo-Sopran, Tenor, Baritone, dan Bass;
  • Vokal grup tidak memiliki dirigen atau pemimpin.

Aransemen Vokal

Salah satu daya tarik yang akan diberikan oleh vokal grup adalah adanya aransemen lagu yang berbeda dari aslinya. Aransemen lagu dapat dilakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut:

Baca Juga:  Jika Tempo Lambat Kita Bernyanyi Dengan

a. Mencari lagu asli yang akan digubah dengan aransemen.

Sumber mencari lagu dapat dilakukan dengan melalui format Mp3, CD, dan partitur lagu.

b. Mencari akor maupun harmoni yang dibutuhkan.

Hal tersebut, dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa alat musik seperti piano dan gitar.

c. Lakukan pemecahan jenis suara.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memahami pengetahuan tentang akor.

d. Memberikan nada pada setiap suara yang dibutuhkan.

e. Improvisasi lagu

Improvisasi lagu merupakan tahapan pengemasan lagu melalui penampilan vokal grup untuk mendapatakan hasil yang lebih menarik. Variasi tersebut, dapat dilakukan pada melodi lagu dengan mempertimbangkan kesamaan akor awal. Selain itu, hal lain yang dapat digunakan untuk menambah improvisasi lagu adalah intro dan variasi akhir lagu.

Baca juga:

  • Apa Itu Musik Ansambel: Pengertian, Jenis dan Contohnya
  • Sejarah Musik: Abad Pertengahan, Renaisans, Klasik dan Kontemporer
  • Musik Orkestra: Sejarah, Jenis, dan Alat Musiknya

Baca juga artikel terkait VOKAL GRUP atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif

(tirto.id – sym/ale)


Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Alexander Haryanto
Kontributor: Syamsul Dwi Maarif

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

Jelaskan 2 Manfaat Dalam Menyanyi Secara Vokal Grup

Sumber: https://idkuu.com/jelaskan-2-manfaat-menyanyi-secara-vokal-grup