Jelaskan Aktivitas Melempar Bola Rendah Pada Permainan Bola Kasti

Posted on

Jelaskan Aktivitas Melempar Bola Rendah Pada Permainan Bola Kasti

Peraturan Permainan Bola Kasti
Peraturan Permainan Bola Kasti

Peraturan permainan bola kasti dibagi dalam beberapa aturan, antara lain waktu lama pertandingan, jumlah pemain, dan lain sebagainya. Permainan bola kasti merupakan permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu. Permainan ini dilakukan di lapangan
outdoor
atau luar ruangan. Sebelum masuk ke pembahasan peraturam permainan bola kasti, ada baiknya Anda mengetahui sejarah olahraga ini.

Daftar Isi

  • 1
    Sejarah Permainan Bola Kasti
  • 2
    Peraturan Permainan Bola Kasti
    • 2.1
      Jumlah Pemain Kasti
    • 2.2
      Waktu Lamanya Pertandingan
    • 2.3
      Cara Pergantian Tempat
    • 2.4
      Sasaran Lemparan Bola Kasti
    • 2.5
      Pelempar Bola
    • 2.6
      Pemukul Bola
    • 2.7
      Wasit
    • 2.8
      Nilai
  • 3
    Ukuran Lapangan Bola Kasti
  • 4
    Alat Wajib Dalam Permainan Bola Kasti
    • 4.1
      Bola Kasti
    • 4.2
      Tongkat Pemukul


Sejarah Permainan Bola Kasti

Menurut sejarah, permainan bola kasti sudah ada sejak tahun 1744 di Inggris. Pada saat itu, permainan ini terkenal dengan nama “lingkungan” oleh John Newbery. Pada tahun 1828 barulah peraturan permainan bola
kasti
dibuat oleh Willam Clarke di Inggris. Penemu permainan bola kasti ini bernama William G. Morgan yang berasal dari Inggris.


Peraturan Permainan Bola Kasti

Sesudah kita membahas tentang sejarah bola kasti, mari kita memasuki pembahasan tentang peraturan permainan bola kasti.


Jumlah Pemain Kasti

Dalam
permainan bola kasti
dibagi menjadi dua regu, yaitu regu pemukul dan penjaga. Setiap regu memiliki 12 orang pemain. Regu pemukul memiliki tugas untuk memukul bola ke luar garis dengan selamat hingga mendapat nilai. Sedangkan untuk regu penjaga adalah secepatnya menangkap bola dari hasil pukulan lawan dan melempar ke tubuh lawan.


Waktu Lamanya Pertandingan

Waktu lamanya permainan bola kasti yaitu 2×20 menit atau 2×30 menit beserta waktu istirahat di setiap babak berlangsung selama 10 menit.

Baca Juga:  Apakah Besar Sudut Gambar Berikut Sama Besar Jelaskan


Cara Pergantian Tempat

Regu pemukul dan penjaga akan bertukar tempat jika:

  1. Salah satu dari regu pemukul terkenal lemparan bola dari regu penjaga.
  2. Alat pemukul lepas saat memukul bola kasti.
  3. Regu pemukul memasuki ruang bebas dari garis belakang.
  4. Regu pemukul keluar dari batas garis pos.
  5. Bola kasti tertangkap tiga kali oleh regu penjaga.


Sasaran Lemparan Bola Kasti

Jika lemparan bola mengenai kepala, tangan, atau bagian pinggang ke atas akan terhitung tidak sah. Untuk itu, anda harus menguasai
teknik dasar bola kasti. Karena, pelempar akan dikenai kartu kuning oleh wasit. Pelempar hanya boleh melempar bola ke lawan dari bagian pinggang ke bawah. Jika ada pemain yang melanggar peraturan permainan bola kasti lebih dari dua kali maka akan dikenai kartu merah atau dikeluarkan dari lapangan bermain.


Pelempar Bola

  1. Bola baru boleh dilambungkan jika pemukul sudah siap.
  2. Pelempar tidak boleh membuat gerakan lempar tipuan atau mengerjai pemukul.
  3. Apabila lemparan bola dilakukannya salah selama tiga kali berturut-turut, maka pemukul boleh langsung lari ke pos pertama dan pos selanjutnya jika memungkinkan.


Pemukul Bola

  1. Pemukul berhak memukul bola dengan satu kali pukulan.
  2. Jika Anda menjadi pemukul bola terakhir dimana ruang bebas sudah kosong, maka Anda berhak memukul sebanyak tiga kali pukulan.
  3. Pemukul melakukan kesalahan jika pukulan bola mengenai tangan lawan.
  4. Setelah memukul bola, jangan melempar tongkat kayu hingga ke luar area pukul melainkan taruh di ruang pukul itu. Jika tongkat kayu pemukul jatuh di luar, maka akan tidak dapat nilai.
  5. Jika pemukul berhasil memasuki pos kedua bahkan ketiga dalam sekali pukulan, maka tim pemukul mendapat poin tambahan.
Baca Juga:  Jaminan Tentang Keamanan Orang Menggunakan Produk Kerajinan Tersebut Adalah


Wasit

Wasit dalam permainan bola kasti harus memimpin dan mengatur jalannya permainan. Wasit akan dibantu oleh tiga orang penjaga garis untuk mengawasi garis samping dan belakang serta sebagai pencatat waktu permainan. Keputusan dari wasit tidak bisa diganggu gugat.


Nilai

  1. Regu pemukul akan mendapat nilai satu jika berhasil memukul bola dengan benar dan kembali ke ruang bebas dengan selamat tanpa terkena pukulan bola di badan.
  2. Regu penjaga akan mendapat nila satu jika berhasil langsung menangkap bola dari pukulan dan melempar ke pemukul bola.
  3. Regu penjaga akan mendapat nilai tiga jika berhasil menangkap bola secara langsung dari pemukul selama tiga kali berturut-turut.
  4. Regu yang berhasil meraih poin atau nilai terbanyak akan dinyatakan menjadi pemenang pertandingan bola kasti.


Ukuran Lapangan Bola Kasti

Secara umum, lapangan bola yang menjadi salah satu peraturan permainan bola kasti memiliki ukuran Panjang 60 meter dan lebar 30 meter.
Lapangan bola kasti
dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain bagian pelempar, bagian pemukul atau ruang pukul, area pos 1,2, dan ruang bebas.


Alat Wajib Dalam Permainan Bola Kasti

Bagaimana
Cara Bermain Bola Kasti
selanjutnya ?. Sebelum Anda melakukan permainan bola kecil atau bola kasti ini, Anda harus memerhatikan alat-alat apa saja yang dibutuhkan. Berikut alat wajib dalam permainan bola kasti:


Bola Kasti

Bola berwarna hijau muda yang berukuran kecil ini menjadi alat paling penting dalam pertandingan. Berat bola kasti biasanya antara 70 sampai 80 gram.


Tongkat Pemukul

Bahan Tongkat pemukul untuk permainan bola kasti umumnya teruat dari kayu. Tongkat pemukul ini memiliki ukuran Panjang 50 sampai 60 cm. Tebal tongkat pemukul yaitu 3,5 cm.

Baca Juga:  Soal Volume Kerucut Kelas 6 Sd

Jelaskan Aktivitas Melempar Bola Rendah Pada Permainan Bola Kasti

Sumber: https://olahfisik.id/kasti/peraturan-permainan-bola-kasti/