Jelaskan Spesialisasi Bidang Cost Accounting Tax Accounting Dan Auditing

Posted on

Jelaskan Spesialisasi Bidang Cost Accounting Tax Accounting Dan Auditing

Akuntansi memiliki beberapa bidang spesialisasi. Hal ini ditujukan agar,seorang akuntan lebih berfokus pada suatu kegiatan sehingga mengha…

http://thekingslau.blogspot.com/2016/08/macam-macam-bidang-spesialisasi.html?m=0

Akuntansi memiliki beberapa bidang spesialisasi. Hal ini ditujukan agar,seorang akuntan lebih berfokus pada suatu kegiatan sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih bagus dan rapi. Berikut ini adalah macam-macam bidang spesialisasi akuntansi




1.Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
Akuntansi keuangan merupakan bidang spesialisasi akuntansi yang berfokus pada pencatatan transaksi perusahaan dan secara periodik menyajikannya dalam laporan keuangan. Artinya, akuntansi keuangan berfokus kepada penyusunan laporan keuangan secara umum. Dalam membuat laporan keuangan oleh akuntansi keuangan harus memperhatikan prinsip akuntansi yang diterima secara umum berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK)




2.Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Akuntansi Pemeriksaan merupakan bidang spesialisasi akuntansi yang menguji dan memeriksa secara bebas tentang kebenaran dan kewajaran dari pernyataan penyusun laporan,dimana laporan yang diperiksa tersebut tetap merupakan tanggung jawab dari penyusun laporan. Pemeriksaan dapat dilakukan pada laporan keuangan,kegiatan operasional perusahaan,dan juga atas kepatuhan terhadap peraturan yang mengikat perusahaan. Auditor melakukan pemeriksaan terhadap kewajaran dan kebenaran laporan keuangan secara independen dan objektif. Laporan Keuangan diperiksa oleh Auditor guna memastikan apakah laporan keuangan tersebut disusun sesuai dengan prinsip akuntansi.

3.Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi Biaya merupakan bidang spesialisasi akuntansi yang memfokuskan kegiatannya pada pencatatan dan penyajian informasi biaya operasional. Informasi dari Akuntansi Biaya digunakan untuk melakukan perencaan dan pengendalian biaya operasional serta menentukan harga pokok produksi secara tepat oleh manajemen. Informasi dari Akuntansi Biaya biasanya tidak dipublikasikan ke masyarakat.




4.Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi Manajemen merupakan bidang spesialisasi akuntansi yang mengkhususkan diri pada pengembangan dan penafsiran informasi akuntansi untuk membantu manajemen dalam menjalankan perusahaan. Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi manajemen dapat berasal dari kombinasi berbagai informasi dari bidang akuntansi lainnya. Informasi ini digunakan untuk melakukan prediksi apa yang akan diambil dimasa mendatang.

Baca Juga:  Jenis Makanan Hasil Panen Dan Makanan Hasil Teknologi Pangan




5.Akuntansi Pajak (Tax Accounting)

Akuntan yang bekerja sebagai Akuntansi Pajak maka akan memiliki tugas untuk menjalankan peraturan perpajakan,perencanaan pajak,pelaksanaan administrasi perpajakan,atau mewakili perusahaan sebagai wajib pajak dihadapan kantor pajak. Akuntan dalam akuntansi perpajakan sangat berfokus pada hal-hal yang terkait dengan perpajakan.




6.Akuntansi Internasional (International Accounting)

Akuntansi Internasional merupakan bidang spesialisasi akuntansi yang diterapkan pada perusahaan yang memiliki ruang lingkup aktivitas mencakup lebih dari satu negara. Jadi,akuntansi internasional mencakup permasalahan transaksi dengan pihak luar negeri. Perusahaan Internasional seperti Uniliver,Nestle menggunakan akuntansi internasional




7.Akuntansi Lembaga Nirlaba (Non-Profit Accounting)

Akuntansi Lembaga Nirlaba merupakan bidang spesialisasi akuntansi yang diterapkan pada organisasi-organisasi yang mana aktivitasnya tidak untuk mencari keuntungan. Contoh dari organisasi yang tidak mencari keuntungan adalah yayasan sosial dan lembaga pendidikan.




8.Akuntansi Pemerintahan/Sektor Publik (Government Accounting)

Akuntansi Pemerintahan/Sektor Publik merupakan bidang spesialisasi akuntansi yang diterapkan pada instansi-instansi pemerintahan.

9.Sistem Akuntansi (Accounting System)

Sistem Akuntansi merupakan bidang spesialiasi akuntansi yang menfokuskan kegiatannya pada pembuatan sistem akuntansi. Di zaman teknologi modern ini,sistem akuntansi cenderung mengacu kepada sistem akuntansi yang terkomputerisasi

10.Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Akuntansi Anggaran merupakan bidang spesialisasi akuntansi yang menitikberatkan kegiatannya pada perencanaan kegiatan perusahaan. Hasil perencanaan tersebut menjadi bahan perbandingan antara anggaran yang direncanakan dan hasil kerja yang dicapai. Nah,itu tadi penjelasan mengenai macam-macam bidang spesialisasi akuntansi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian agar mengetahui mengenai bidang-bidang spesialisasi akuntansi. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀

You’re Reading a Free Preview

Pages

6

to

10

are not shown in this preview.

Baca Juga:  Jelaskan Yang Dimaksud Dengan 5w 1h Dalam Fungsi Perencanaan

Ilmu akuntansi adalah salah satu yang paling banyak dipelajari dalam dunia pendidikan. Ilmu akuntansi memang memiliki peran yang cukup penting dalam relasi manusia, terutama dalam bidang ekonomi dan bisnis.




Setiap kegiatan ekonomi, ilmu akuntansi tentu diperlukan untuk memperlancar kegiatannya. Karenanya, tak heran kalau ilmu akuntansi ini banyak dipelajari dan banyak diminati. Nah, untuk itu, sebelum masuk ke pelajaran akuntansi, alangkah lebih baiknya bila kita memahami apa sebenarnya pengertian dari akuntansi dan juga bidang – bidang spesialisasi akuntansi yang ada.


Pengertian akuntansi

Pengertian akuntansi dalam arti luas adalah proses identifikasi, pengukuran dan penyampaian informasi ekonomis untuk memungkinkan pembuatan pertimbangan – pertimbangan dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh pemakai informasi tersebut.



Pengertian akuntansi juga bisa dijelaskan dalam arti sempit. Pengertian akuntansi dalam arti sempit ini adalah suatu proses yang meliputi pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran dan penyajian laporan mengenai transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu periode tertentu.




Baca juga : Memahami Elemen pada Neraca Akuntansi


Tahapan proses kegiatan akuntansi

Semua transaksi keuangan perusahaan yang terjadi dalam periode tertentu diproses dalam tahap – tahap kegiatan akuntansi. Tahap pemrosesan tersebut yakni, sebagai berikut :

1.
Pengidentifikasian dan pengukuran

2.
Pencatatan

3.
Penggolongan

4.
Pengikhtisaran

5.
Penyusunan laporan keuangan


Bidang Bidang Spesialisasi Akuntansi

Bidang bidang spesialisasi akuntansi adalah bidang ilmu lain yang lebih sempit lagi dari ilmu akuntansi itu sendiri. Bidang spesialisasi akuntansi ini muncul karena adanya tuntutan perkembangan ekonomi yang semakin pesat, yang menuntut timbulnya pengkhususan bidang kegiatan akuntansi.

Bidang spesialisasi akuntansi ini meliputi :

1.
Akuntansi keuangan

2.
Akuntansi biaya

3.
Akuntansi perpajakan

4.
Akuntansi anggaran

Baca Juga:  Kunci Jawaban Ips Kelas 8 Hal 132

5.
Akuntansi pemeriksaan

6.
Akuntansi pemerintah

Berikut adalah penjelasan dari bidang spesialisasi akuntansi yang ada :


Akuntansi keuangan (financial accounting)

Akuntansi biaya adalah akuntansi yang sasaran atau objek kegiatannya mengenai transaksi keuangan yang menyangkut perubahan harta, duta dan modal suatu perusahaan.


Akuntansi biaya (cost accounting)

Akuntansi biaya adalah akuntansi yang sasaran kegiatannya adalah transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya – biaya dan memiliki tujuan menyediakan informasi biaya.


Akuntansi perpajakan (tax accounting)

Akuntansi perpajakan adalah kegiatan akuntansi yang berhubungan dengan penentuan objek pajak yang menjadi beban perusahaan serta perhitungannya untuk kepentingan penyusunan laporan pajak.


Akuntansi anggaran (budgetary accounting)

Akuntansi anggaran adalah ilmu akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan pengumpulan atau pengolahan data operasi keuangan yang sudah jadi, serta tafsiran kemungkinan yang akan terjadi untuk kepentingan penetapan rencana operasi keuangan perusahaan atau anggaan dalam suatu periode tertentu.


Akuntansi pemeriksaan (audition accounting)

Akuntansi pemeriksanaan adalah ilmu akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan pemeriksaan terhadap catatan – catatan hasil kegiatan akuntansi keuangan yaitu untuk menguji kelayakan laporan keuangan yang dihasilkannya.


Akuntansi pemerintah (government accounting)



Akuntansi pemerintah adalah bidang – bidang akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan masalah pemeriksaan keuangan negara atau administrasi keuangan negara.

Jelaskan Spesialisasi Bidang Cost Accounting Tax Accounting Dan Auditing

Sumber: https://sepuluhteratas.com/sebutkan-bidang-bidang-spesialisasi-akuntansi