Jelaskan Tugas Seorang Tosser Dalam Permainan Bola Voli

Posted on

Jelaskan Tugas Seorang Tosser Dalam Permainan Bola Voli

Netting

4 Peran Penting dalam Permainan Bola Voli

Foto: Smash merupakan salah satu macam macam teknik dasar permainan bola voli yang harus dikuasai. (Foto: PB PON XX PAPUA)

JAKARTA –
Terdapat empat peran penting dalam permainan bola voli. Bola voli adalah salah satu olahraga yang masuk ke dalam kategori permainan bola besar. Dalam praktiknya, voli dimainkan oleh dua tim. Masing–masing tim terdiri dari enam orang pemain. Setiap pemain memiliki peran yang berbeda.

Dalam permainan bola voli, terdapat 4 peran penting yaitu pemain bertahan (defender), smash (spiker), pengumpan (tosser) atau setter, dan libero.

Baca Juga :
Sportpedia: Nama Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya

Permainan voli sangat menuntut kemampuan fisik dan otak yang prima, terutama tosser. Tosser harus dapat mengatur jalannya permainan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 4 peran penting dalam permainan voli.

1. Defender (Pemain Bertahan)


Jika seorang pemain memiliki peran sebagai defender, maka ia adalah pemain bertahan yang mempunyai tugas menjaga pertahanan agar tidak muda jebol dalam menerima serangan dari pihak lawan.

2. Spiker/Smasher


Posisi spiker dalam tim bola voli memiliki peran utama melakukan serangan dengan melakukan smash atau spike, ke arah pertahanan lawan. Dengan kata lain, spiker memiliki peran dalam melakukan serangan. Tugasnya adalah meneruskan bola ke area musuh, mengeksekusi bola agar mendapat point, serta melakukan pertahanan di area depan. Seorang spiker juga bisa menjadi peran sebagai blocker apabila lawan ganti melakukan serangan.

3. Tosser


Jika seorang pemain memiliki peran sebagai tosser, maka ia merupakan pemain yang bertugas untuk memberikan umpan kepada rekannya guna mengatur atau melancarkan serangan. Bola dari tosser ini bakal ditujukan ke spiker.

4. Libero/Defender

Baca Juga :
Sportpedia: Peraturan Permainan Bola Voli yang Perlu Diketahui


Pemain yang mendapatkan posisi libero, ia akan memakai seragam yang berbeda dari teman–teman satu timnya. Libero atau Defender adalah pemain yang berfungsi sebagai pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk.

Tugas seorang libero harus bisa menahan segala serangan yang diberikan oleh pihak lawan, namun tidak diizinkan untuk melakukan servis dan melakukan smash.

Baca Juga :
Sportpedia: Pengatur Serangan dalam Permainan Bola Voli

Berikut tadi adalah informasi tentang 4 peran penting dalam permainan voli. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga:  Jelaskan Apa Yang Menjadi Soko Guru Demokrasi

Editor : Furqon Al Fauzi

Indolinear.com, Jakarta –
Masyarakat di Indonesia mengenal olahraga bola voli sebagai permainan bola besar yang melibatkan dua tim di lapangan.

Permainan bola voli dilakukan oleh enam pemain tiap tim dengan beberapa pemain cadangan, dalam sebuah pertandingan.

Keenam pemain dalam sebuah tim masing-masing memiliki tugas serta posisi berbeda ketika bertanding bola voli.

Salah satu sebutan peran atau posisi seorang pemain bola voli di lapangan adalah seorang tosser atau set-upper.

Lantas apa pengertian posisi tosser atau set-upper dalam permainan bola voli dan bagaimana tugasnya?

Pengertian tosser dalam bola voli

Posisi sebagai seorang set-upper, disebut juga sebagai tosser atau setter, memiliki peran penting dalam alur serangan sebuah tim dalam permainan bola voli.

Berhasil atau tidaknya suatu penyerangan dalam permainan bola voli sebagian besar bergantung pada umpan dari seorang tosser atau setter.

Seperti dilansir dari Kompas.com (30/03/2021), seorang setter biasanya menempatkan diri pada garis depan wilayah permainan untuk mengumpan kepada seorang spiker untuk melakukan smash.

Oleh sebab itu biasanya seorang tosser atau setter harus memiliki kemampuan teknis berupa kepandaian mengoper bola, maupun kelebihan berupa komunikasi serta pengambilan keputusan secara cepat.

Peran tosser dalam permainan bola voli

Tugas seorang tosser (setter atau set-upper) dalam permainan bola voli adalah memberikan umpan matang kepada seorang spiker atau smasher di garis depan lapangan.

Setter atau tosser menentukan penyerang mana yang akan memperoleh bola untuk dipukul ke arah permainan lawan dengan smash. Keputusan mengenai pemain mana yang memperoleh bola tersebut disampaikan sebelum terjadinya rally atau jalannya permainan kepada rekan setim lain.

Arah serangan ini sudah ditentukan melihat arah datangnya bola dari servis lawan atau berasal dari situasi serangan balik setelah pemain bertahan dapat meredam serangan lawan.

Di sisi lain, seorang tosser juga bertugas untuk menjadi pilar pertahanan paling awal dengan menahan serangan lawan dengan blok.

Tosser memiliki tanggung jawab melakukan blok karena posisi bermainnya yang berada di dekat net pada garis depan lapangan, sehingga berhadapan langsung dengan serangan lawan. Meski memiliki tanggung jawab menjadi pilar pertahanan, tugas tosser berbeda dengan libero.

Adapun, pemain yang bertugas mengontrol pertahanan dalam bola voli disebut libero. Seorang libero hanya bermain di garis belakang permainan dan menerima bola.

Libero dilarang menyerang di depan net, melakukan blok secara langsung di depan net, memberikan umpan ke pemain lain dari garis depan, serta dilarang melakukan servis. (Uli)

Baca Juga:  Pupuk Yang Digunakan Untuk Pohon Mangga Adalah

Bab Artikel atau bagian  mungkin perlu
ditulis ulang
agar sesuai dengan standar kualitas Wikipedia.
Anda dapat membantu memperbaikinya. Halaman pembicaraan dari artikel ini mungkin berisi beberapa saran.

Dalam permainan bola voli, terdapat posisi yang bernama tosser. Tosser merupakan possisi yang bertugas sebagai pengumpan atau pengatur serangan. Seorang tosser mempunyai tugas memberikan umpan kepada rekannya dengan berbagai variasi kepada smasher sehingga smasher dapat melakukan pukulan dengan keras dan mematikan.

Artikel bertopik olahraga ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • l
  • b
  • s

Diperoleh dari “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Tosser&oldid=17410548”

KOMPAS.com
– Olahraga bola voli mengharuskan dua tim yang bertanding di lapangan masing-masing memiliki enam orang pemain.

Masing-masing tim memiliki tujuan mencetak poin sebanyak mungkin dengan mendaratkan bola di lapangan permainan lawan untuk memenangi sebuah pertandingan.

Suatu siasat yang dilakukan oleh satu tim bola voli sebelum pertandingan dimulai untuk memperoleh kemenangan secara sportif disebut taktik.

Taktik tersebut dijalankan oleh masing-masing pemain dalam sebuah tim olahraga bola voli berdasarkan posisi masing-masing yakni libero, tosser, spiker, dan defender.

Keberadaan seorang tosser atau disebut juga sebagai setter atau set-upper dalam bola voli terlihat ketika sebuah tim melakukan serangan.

Tugas tosser dalam bola voli

Mengumpan bola pada penyerang dalam permainan bola voli merupakan tugas utama dari tosser yang juga disebut sebagai setter atau set-upper.

Bola dari seorang tosser kemudian dimanfaatkan seorang penyerang yakni smasher atau spiker untuk mengarahkannya ke wilayah permainan lawan.

Seorang tosser harus bisa menentukan arah serangan atau memberikan operan secara tepat kepada penyerang.

Pasalnya, sebuah tim dalam permainan bola voli hanya memiliki tiga kali kesempatan menyentuh bola, termasuk ketika memukul bola ke bidang permainan lawan untuk mencetak angka.

Tosser bisa menentukan penyerang mana yang akan memperoleh bola untuk dipukul ketika timnya melakukan serangan.

Penyerang yang akan mendapatkan bola dari tosser disepakati sebelum terjadinya rally atau jalannya permainan.

Selain itu, tosser juga bisa menentukan arah serangan dengan melihat bola dari servis tim lawan atau situasi ketika pemain bertahan membuka peluang melakukan serangan balik.

Peran tosser saat bertahan

Tosser juga memiliki tugas menghentikan serangan lawan dengan melakukan blok karena posisi bermainnya dekat dengan net.

Oleh karena itu, tosser juga berhadapan langsung dengan serangan lawan dan menjadi pilar pertahanan awal sebuah tim bola voli.

Di luar itu, tosser tidak memiliki kewajiban untuk menerima bola hasil servis atau serangan menuju tengah lapangan yang menjadi tugas seorang libero.

Sebaliknya untuk seorang libero, memiliki larangan untuk melakukan blok, memberikan umpan, atau melakukan servis.

Lihat Foto

Pebola voli Jepang Hiroki Ozawa melepaskan smes ke arah pebola voli Indonesia 1 pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2.

KOMPAS.com
– Olahraga bola voli mengharuskan dua tim yang bertanding di lapangan masing-masing memiliki enam orang pemain.

Masing-masing tim memiliki tujuan mencetak poin sebanyak mungkin dengan mendaratkan bola di lapangan permainan lawan untuk memenangi sebuah pertandingan.

Suatu siasat yang dilakukan oleh satu tim bola voli sebelum pertandingan dimulai untuk memperoleh kemenangan secara sportif disebut taktik.

Taktik tersebut dijalankan oleh masing-masing pemain dalam sebuah tim olahraga bola voli berdasarkan posisi masing-masing yakni libero, tosser, spiker, dan defender.

Keberadaan seorang tosser atau disebut juga sebagai setter atau set-upper dalam bola voli terlihat ketika sebuah tim melakukan serangan.

Sebab, permulaan serang dalam bola voli dilakukan dengan teknik passing atas seorang tosser kemudian disambut dengan smash dari spiker.

Oleh karena itu, pemain yang bertugas mengolah bola untuk para penyerang dalam bola voli disebut tosser atau set-upper.

Baca juga: Jenis Servis dalam Bola Voli

Tugas Tosser dalam Bola Voli

Pemain bola voli yang menempati posisi di depan net yang mempunyai tugas sebagai pengatur arah serangan dan memberikan umpan kepada penyerang utama adalah tosser atau set-upper.

Bola dari seorang tosser kemudian dimanfaatkan seorang penyerang yakni smasher atau spiker untuk mengarahkannya ke wilayah permainan lawan.

Seorang tosser harus bisa menentukan arah serangan atau memberikan operan secara tepat kepada penyerang.

Jelaskan Tugas Seorang Tosser Dalam Permainan Bola Voli

Sumber: https://memperoleh.com/peran-tosser-dalam-olah-raga-bola-voli-adalah