Jelaskan Yg Anda Ketahui Tentang Kelebihan Dan Kekurangan Shared Hosting

Posted on

Jelaskan Yg Anda Ketahui Tentang Kelebihan Dan Kekurangan Shared Hosting


Kelebihan & Kekurangan VPS yang Harus Anda Ketahui!
– Dalam berbisnis digital seperti pembuatan website, maka ada istilah yang dinamakan VPS. VPS atau
Virtual Private Server
adalah salah satu layanan web hosting yang sudah dikenal oleh para webmaster. Dalam penggunaannya, terdapat kelebihan dan kekurangan VPS.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan VPS, Anda bisa mempertimbangkan apakah VPS adalah pilihan terbaik untuk Anda. Untuk itu, berikut akan kami berikan penjelasan lengkapnya mengenai pengertian VPS, jenis, beserta kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian VPS

VPS atau Virtual Private Server adalah tempat penyimpanan data dan file pada website. Pengguna tidak perlu berbagi sumber daya dengan website lainnya seperti pada
shared hosting. Namun, VPS masih berbagi server dengan pengguna lainnya tapi dalam sumber daya berbeda. Jadi, bisa dikatakan bahwa VPS adalah tipe layanan hosting yang berada di antara
shared hosting
dan
dedicated server.

Hal ini karena VPS memakai teknologi virtualisasi sehingga dapat membagi server fisik ke dalam sumber daya yang berbeda. Dengan demikian, performa website juga semakin meningkat.

Oleh sebab itu, VPS cocok digunakan untuk pengelola web hosting, permrograman, pengembang game, sampai perusahaan yang membutuhkan server dengan kapasitas besar. Bisa dikatakan VPS adalah seperti kompleks perumahan dimana dalam kompleks tersebut tersedia beberapa unit yang memiliki fasilitasnya sendiri-sendiri sehingga pemilik rumah tidak akan saling mengganggu rumah lainnya.

Keunggulan VPS

Jenis VPS

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan VPS, Anda harus mengetahui jenis VPS yang terbagi menjadi dua, yaitu Managed VPS Hosting dan Unmanaged VPS Hosting. Inilah perbedaannya:

1. Managed VPS Hosting

Dengan menggunakan VPS hosting yang sudah diatur, maka pekerjaan akan jauh lebih mudah. Pengelolaan server Anda akan dibantu oleh tim teknis profesional yang berasal dari layanan hosting yang Anda pilih.

Baca Juga:  Gambar Jalak Suren Jantan Dan Betina

Tim tersebut akan mengatur mulai dari proses
backup, pembaruan sistem operasi, monitoring, sampai pemasangan
security patches
untuk keamanan. Jadi, Anda yang tidak mempunyai latar belakang IT juga bisa dengan mudah mengelola website menggunakan jenis VPS ini.

2. Unmanaged VPS Hosting

Sesuai dengan namanya, VPS ini tidak menyediakan bantuan untuk mengelola server dan hanya menyediakan koneksi jaringan dan platform
virtualization
sendiri. Jadi, Anda yang harus mengoperasikan, memelihara, dan mengatur
virtual machine-nya sendiri.

Ini cocok untuk Anda yang sudah paham IT sebelumnya dan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan VPS dengan harga yang lebih murah.

Kelebihan VPS

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan VPS dari berbagai sisi. Adapun kelebihan Virtual Private Server adalah sebagai berikut:

1. Resources yang Lebih Terjamin

Resources lebih terjamin karena Anda tidak perlu berbagi dengan pengguna lain. Ini karena VPS memiliki sumber daya CPU, RAM dan
bandwidth
yang nantinya dibagikan khusus untuk website Anda.

2. Performa

Dengan adanya skema dedicated resources yang diberikan oleh VPS dapat menghasilkan performa server yang lebih cepat. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika virtual machine tidak berjalan lancar dan mengalami
downtime
atau sistem offline.

3. Skalabilitas

Kelebihan dari VPS selanjutnya berasal dari skalabilitasnya. Anda bisa membelinya dengan menyesuaikan sumber daya server sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, jika nanti usaha Anda berkembang, maka bisa menambahkannya dengan skala yang lebih luas.

Contohnya seperti menambahkan resource, skala bandwidth, CPU, disk space, dan sumber daya server lainnya.

4. Kontrol

Penggunaan VPS tidak hanya memberikan kemudahan dalam performa website, tapi juga kemudahan dalam mengontrolnya seperti memilih sistem operasi dan aplikasi sampai mengatur kustomisasinya.

Baca Juga:  Arti Tangan Dingin Dan Contoh Kalimatnya

Hal ini karena Anda akan memperoleh akses SSH dan root ke server. Jadi, VPS membuat Anda bisa mengontrol semuanya sesuai kebutuhan meskipun Anda berbagi server dengan pengguna lain.

5. Privasi dan Keamanan

Kelebihan selanjutnya dari VPS adalah segi privasi dan keamanan. Meskipun satu server dengan pengguna lain, data Anda tidak akan bisa diakses oleh pengguna lain, begitu pula sebaliknya.

Anda juga dapat menemukan fitur backup untuk penyimpanan data Anda jika sewaktu-waktu terhapus atau mengalami masalah. Jadi, file atau database Anda dapat terlindungi dengan baik dan bisa dipulihkan kembali.

Kekurangan VPS?

Setelah mengetahui kelebihannya, Anda perlu mengetahui kekurangan VPS sebagai pertimbangan.

1. Keharusan Menguasai Pengetahuan Teknis

Salah satu kekurangan Virtual Private Server adalah yaitu dari pengaplikasiannya yang perlu mengetahui ilmu teknis. Apalagi jika Anda menggunakan tipe VPS jenis Unmanaged VPS Hosting.

Anda perlu menguasai teknik pengoperasian server dan aplikasi apa yang harus diinstal. Jika salah pemasangan server, maka bisa berakibat fatal terhadap performa website.

Selain itu, adanya berbagai sistem operasi dan aplikasi yang ada dalam VPS juga mempersulit Anda untuk mengelola server.

2. Harga

Kekurangan VPS selanjutnya adalah dari segi harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. Jadi, Anda perlu mempertimbangkannya dulu sebelum memutuskan untuk menggunakan VPS di website Anda.

Apalagi, jika bisnis Anda baru dibuka dan memiliki budget terbatas.

Kesimpulan

Setelah mengetahui pengertian VPS, jenis, sampai kelebihan dan kekurangan VPS, Anda bisa menentukan apakah membutuhkannya. Sebagai rekomendasi, Anda bisa membeli VPS di layanan penyedia VPS terbaik yaitu dari Niagahoster yang menawarkannya dengan harga menarik.


Jelaskan Yg Anda Ketahui Tentang Kelebihan Dan Kekurangan Shared Hosting

Sumber: https://techijau.com/kelebihan-kekurangan-vps/

Baca Juga:  Bilangan Oksidasi Alumunium Dalam Al2o3 Adalah