Jenis Pensil Yang Digunakan Untuk Menggambar Memiliki Kode Huruf

Posted on

Jenis Pensil Yang Digunakan Untuk Menggambar Memiliki Kode Huruf

Sebutkan jenis pensil berdasarkan tingkat kekerasan atau kehitaman karbonnya

INI JAWABAN TERBAIK 👇

Jawaban yang benar diberikan: nadiatsabitah4247

Jeni-jenis pensil berdasarkan tingkat kekerasan atau kehitaman yaitu:

Pensil kategori lunak, yaitu pensil dengan kode 2b, 3b, 4b, 5b, 6b, & 7b.Pensil kategori sedang, yaitu pensil dengan kode H, HB, F, B, 2H, & 3H.Pensil kategori keras, yaitu pensil dnegan kode 4H, 5H, 6H, 7H,8H, 9H.Pembahasan

Pensil adalah salah satu alat untuk menulis atau menggambar dalam dunis seni. Pensil tidak hanyak digunakan untuk menulis diatas kertas, namun juga sering menulis diatas katu, batu atau kaya.  Ada beberapa macam jenis pensil berdaarkan tingkat kekerasan atau kehitamannya, yaitu:

Pensil lunak, yaitu pensil dengan kode huruf B, semakin besar angka didepan huruf B maka semakin lunak kepadatanya dan semakin hitam warnanya. Pensil sedang, yaitu pensil dengan kode  H, HB, F, B, 2H, & 3H, pensil jenis sedang biasanya berfungsi untuk posting.Pensil keras, yaitu pensil dengan kode 4H, 5H, 6H, 7H,8H, 9H, pensil jenis ini memiliki kepadatan yang keras, biasanya digunakan untuk menggambar sketsa pada bahan bangunan. Pelajari lebih lanjutMateri tentang Jenis ketebalan pensil untuk membuat sketsa poster Materi tentang bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan sketsa Materi tentang Jenis pensil yang digunakan untuk membuat garis bantu dalam menggambar model Detil jawaban

Kelas: 8

Mapel: Seni Budaya

Bab: Menggambar Model

Kode: 8.19.1

#AyoBelajar

Jawaban yang benar diberikan: gunawanferdinand

jawaban:

bagus sekali saya suka

Jawaban yang benar diberikan: marcel1103

jawaban:

Berikut jenis pensil berdasarkan sifatnya :

1. Lunak

Jenis ini biasanya ditandai dengan kode-kode seperti 2b, 3b, 4b, 5b, 6b, dan 7b. Semakin besar angka di depan huruf B (Black), semakin lunak kepadatannya dan semakin pekat warna hitamnya.

2. Sedang

Jenis pensil sedang ini tidak begitu keras dan tidak begitu lunak, biasanya jenis ini juga digunakan untuk menulis dan biasanya ditandai dengan huruf dan angka seperti H, HB, F, B, 2H, dan 3H.

Baca Juga:  Perbedaan Cat Minyak Dan Cat Akrilik

Semoga dapat membantu  anda  ^_^

Jawaban yang benar diberikan: ulfahnajiyyah6388

jawaban:

lunak, sedang,keras,

Jawaban yang benar diberikan: cici0901

jawaban:

u untuk menulijshdjd

Jawaban yang benar diberikan: umurrifa

jawaban:

Pensil kategori lunak, yaitu pensil dengan kode 2b, 3b, 4b, 5b, 6b, & 7b.Pensil kategori sedang, yaitu pensil dengan kode H, HB, F, B, 2H, & 3H.Pensil kategori keras, yaitu pensil dnegan kode 4H, 5H, 6H, 7H,8H, 9H.

Penjelasan:

semoga bermanfaat

Jawaban yang benar diberikan: rdrgz

jawaban:

Pensil warnaCrayonPensil tulis

Semoga bermanfaat ya. Ikuti zefanyaa05

Jawaban yang benar diberikan: KhalizaMuthia

Pensil tipe keras biasanya ditandai dengan kode 4H, 5H, 6H, 7H, 8H, dan seterusnya. Huruf H disini memiliki makna ‘Hard’, yaitu semakin tinggi tingkatannya maka semakin keras dan semakin tipis warnanya.

Pensil tipe lunak biasanya ditandai dengan kode 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, dan seterusnya. Huruf B disini memiliki makna ‘Black’, yaitu semakin tinggi tingkatannya maka semakin lunak dan semakin tebal warnanya.

H = Hard, HB = Half Black, B = Black, F = Firm.

Jawaban yang benar diberikan: sandadevita2213

Pensil B semakin besar angkanya semakin tebal
pensil H semakin besar angkanya semakin tipis

Jawaban yang benar diberikan: Martha00

Pensil dibedakan dengan tanda”H” dan “B” pensil H memiliki sifat keras dan cocok digunakan untuk membuat garis yang tipis, pensil B memiliki sifat lunak dan cocok digunakan untuk membuat garis tebal atau hitam pekat . Pensil H dan B diberi angka untuk membedakan jenisnya. Untuk pensil B makin besar angkanya makin lunak sifatnya dan makin pekat hasil goresannya. Untuk pensil H makin besar angkanya makin keras sifatnya dan makin tipis hasil goresannya


PT. Lestari Mahaputra Buana

Pensil merupakan alat tulis yang biasa digunakan untuk menulis dan juga menggambar. Jika Anda seseorang yang suka menggambar, pensil ini digunakan untuk menggambar sketsa hitam putih.

Kita mulai familiar dengan pensil ini ketika masuk di bangku sekolah dasar, terutama dengan pensil 2B. Tahukah Anda? Ternyata masih banyak jenis pensil berdasarkan dengan spesifikasi tertentu dan disesuaikan dengan fungsinya.

Baca Juga:  Ciri Ciri Kacamata K Ion Nano Asli

Mari kita pelajari lebih lanjut macam-macam pensil dan fungsinya:

Pensil berdasarkan tingkat kekerasannya:


1. Lembut

Pensil jenis ini adalah jenis pensil yang banyak kita temui dimana biasanya memiliki kode 2b, 3b, 4b, 5b, 6b, dan 7b. Semakin besar angka yang ada di awal b maka semakin besar kepadatan dan hitam lebih tebal.


2. Sedang

Pensil ini merupakan pensil yang tidak begitu keras dan tidak begitu lunak. Sering digunakan untuk menulis dan biasanya ditandai dengan huruf dan angka seperti H, HB, F, B, 2H, dan 3H.

B = Hitam, HB = Setengah hitam, H = Keras, F = Firm.


3. Keras

Berbeda dengan kedua jenis pensil diatas. Jenis pensil ini memiliki kepadatan keras, sehingga biasanya digunakan untuk membuat sketsa bangunan karena efek warna yang tidak begitu gelap, bahkan cenderung berwarna abu-abu. Pensil jenis ini biasanya ditandai dengan kode huruf dan 4H, 5H, 6H, 7H, 9H.

Jenis-jenis Pensil dan Fungsinya:


1. Pensil Graphite

Pensil Graphite ini adalah pensil yang umum dan paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Pensil yang terbuat dari kayu yang sebelum digunakan harus diserut terlebih dahulu.


2. Pensil Mekanik

Pensil mekanik adalah pensil yang memiliki bentuk layaknya seperti pulpen dan salah satu pensil modern dan populer di kalangan remaja.

Kegunaan pensil mekanik ini selain bisa digunakan untuk menulis, juga biasa digunakan untuk membuat detail-detail pada gambar seperti helai rambut, karena pensil jenis ini memiliki ujung yang kecil dan cocok untuk sentuhan gambar yang halus.


3. Pensil Dematograph

Pensil Dematograph adalah jenis pensil yang berbeda dari pensil lainnya, karena memiliki fungsi khusus yaitu untuk membuat sketsa atau menulis pada kaca.

Tekstur dari pensil ini licin atau bisa di bilang tampak berminyak, sehingga sulit untuk diterapkan pada media kertas.

Baca Juga:  Cream Wardah Untuk Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat


4. Pensil Conte & Charcoal

Pensil yang satu ini biasa juga disebut pensil arang. Salah satu pensil yang hampir mirip dengan pensil graphite. Namun ada perbedaannya dimana pensil ini memiliki mata pensil yang lebih besar.

Biasa digunakan untuk arsiran, dilakukan dengan jari, kapas, kuas, dan alat khusus lainnya.


5. Pensil Rias

Jika Anda seorang wanita pasti sudah tidak asing lagi dengan pensil rias ini. Seperti namanya, pensil rias ini digunakan untuk merias wajah supaya terlihat lebih cantik.

Pensil rias ini salah satu jenis pensil yang teksturnya agak empuk, sehingga mudah ketika di aplikasikan pada wajah seseorang.


6. Pansil Warna

Sesuai dengan warnanya, pensil warna ini adalah pensil yang memiliki inti pigmen berwarna dan casing pelindung terbuat dari kayu yang biasanya digunakan untuk memberikan warna pada gambar.

Pensil warna terbuat dari lilin, pigmen dan bahan pengikat. Ada pula pensil warna yang berbasis minyak, dan bisa larut dalam air.

Itu dia beberapa jenis dari pensil yang ada di dunia dan fungsinya. Sudah jelas kan dengan penjelasan yang ada diatas? Kebutuhan pensil hingga saat ini masih terus bertambah dan menjadi salah satu kesempatan yang baik untuk ikut serta di pasarnya. Tertarik untuk memproduksi pensil dalam jumlah yang bayak? Tapi masih bingung harus kemana? PT. Lestari Mahaputra Buana adalah salah satu
Distributor Pensil
di Padalarang yang siap melayani produksi masal pembuatan berbagai macam jenis pensil.

Jenis Pensil Yang Digunakan Untuk Menggambar Memiliki Kode Huruf

Sumber: https://apamaksud.com/salah-satu-alat-dalam-menggambar-adalah-pensil-pensil-yang-sangat-lunak-biasanya-memiliki-kode-huruf