Kisah Nyata Keajaiban Surat Ar Rahman

Posted on

Kisah Nyata Keajaiban Surat Ar Rahman

Satu hal yang istimewa dalam surat ini adalah adanya pengulangan ayat yang artinya “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

Dream
– Ar-Rahman merupakan surat ke-55 dalam kitab suci Alquran. Surat yang turun di Kota Mekah ini terdiri dari 78 ayat dan berisi kemurahan Allah SWT serta nikmat-nikmat yang telah diberikan kepada jin dan manusia.

Satu hal yang istimewa dalam surat ini adalah adanya pengulangan ayat yang artinya ” Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” . Setiap kali Allah memaparkan kenikmatan yang diberikan kepada hamba-hamban-Nya, Allah selalu bertanya dengan kalimat tersebut.

Jumlahnya pun cukup banyak yakni mencapai 31 kali pengulangan. Ada apa gerangan dengan makna kalimat ini? Adakah rahasia besar pada kalimat tersebut sehingga Allah SWT mengulanginya hingga 31 kali?

Kalimat ini bisa ditemukan pada ayat ke-13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, dan 77. Jika surat ini dikaji dari segi numerologinya, maka akan ditemukan keindahan rahasia yang ingin Allah sampaikan kepada kita terkait rasa syukur yang seharusnya dimiliki setiap jiwa.

Angka 31 jika dikaitkan dengan surah ke-31 dalam Alquran maka akan ditemukan Surat Luqman. Anda akan semakin takjub dengan isi dari ayat ke-31 dalam surat tersebut yang artinya sebagai berikut:

“ Tidaklah engkau memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah agar diperlihatkan-Nya kepadamu sebagian dari tanda-tanda (kebesaran)-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran)-Nya bagi setiap orang yang sangat sabar dan banyak bersyukur.”

Dua surat ini tentu memiliki keterkaitan jika di kaitkan dengan kesyukuran.Selengkapnya klik di sini.

7 Keutamaan dan Manfaat Surah Ar Rahman

Ilustrasi

© Foto : Shutterstock

1. Memperoleh Ridha Allah SWT

Manfaat membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang akan membuat seseorang lebih diridai Allah SWT atas segala tindakannya. Begitu pun membuat Allah SWT semakin mencintai segala kelemahan hambanya. Dalam tafsir Ats Tsaqolayn, Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:  Cara Mengugurkan Kandungan Dengan Alami Dan Cepat

“ Barang siapa membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridai nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

2. Syafaat di Hari Kiamat

Untuk bisa merasakan manfaat membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang, coba sesekali bangun di sepertiga malam. Waktu senggang yang sebenarnya dan membuatmu semakin dekat kepada Rabb sang pencipta. Manfaatnya pun tak main-main. Seorang hamba yang menyempatkan membacanya di malam hari atau sepertiga malam akan mendapat syafaat di hari kiamat.

Bahkan Allah SWT akan membuatmu berjumpa dengannya di hari kiamat. Tentu saja dengan wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum sejagat raya. Rasulullah SAW bersabda:

“ Pada saat itu Allah berfirman: siapakah orang di dunia yang sering bangun malam dan tekun membacamu? Dia menjawab: Ya Robbi, Fulan bin Fulan, lalu wajah mereka menjadi putih. Dan ia berkata kepada mereka: berilah syafaat bagi orang-orang yang mencintai kalian. Kemudian ia memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalau ia berkata kepada mereka: masuklah kalian ke surga, dan tinggallah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.”

3. Membuat Lebih Bersyukur

Ada ayat yang diulang dan itu tentang rasa syukur yang dipertanyakan Allah SWT kepada hambanya. Melalui ayat fa bi ayyai ala i rabbikuma tukazziban. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dusta, kan?

Niscaya akan membuat siapa saja yang membacanya mengingat betapa baik Allah SWT kepada setiap manusia. Rasa syukur yang besar akan tertanam sebagaimana manfaat membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang.

Membacanya dengan sepenuh hati, akan membuat pembacanya tak lagi mampu mengkufuri nikmat. Sebab kesadaran akan karunia hidup sebagai manusia yang merdeka akan muncul secara alami dalam jiwa pembacanya.

Baca Juga:  Unsur M Dan N Memiliki Konfigurasi Elektron Sebagai Berikut

4. Selalu Ingat Allah SWT

Selalu mengingat Allah SWT adalah bagian terpenting dalam menjalani setiap detik kehidupan. Untuk bisa selalu mengingat Allah SWT, cobalah menyempatkan diri membaca surat Ar-Rahman.

Manfaat membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang yang satu ini memang bikin ketagihan. Mulut, hati, dan pikiran senantiasa bisa tertuju pada-Nya saja, meski waktu senggang kerap menuntun ke arah yang lainnya.

Segala pujian terucap ketika seorang hamba membaca surat Ar-Rahman. Mengingatkan pula pada kuasa Allah SWT yang teramat besar. Lalu tentang betapa pengasih dan pemurahnya Allah SWT pada setiap manusia.

5. Mencintai Ciptaan Allah SWT

Wujud tunduk dan taatnya seorang hamba kepada Tuhannya tak hanya sebatas beribadah saja. Berupaya untuk selalu mencintai makhluk ciptaan Allah SWT juga harus tertanam dalam jiwa.

Tentu saja makhluk-makhluk ini tak hanya hewan, tumbuhan, dan manusia. Segala makhluk yang nampak dan tak nampak juga harus diyakini dan dihargai keberadaannya. Senantiasa disayangi sebagaimana Allah SWT memberi segala nikmat pada hambanya.

Untuk bisa menanamkan rasa cinta yang sebegitu dalam, bisa mencoba manfaat membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang. Tak hanya mampu menyadarkan akal dan nalar, tetapi juga alam bawah sadar untuk semakin merasa dekat dengan Rabbnya.

” Jabir berkata: Nabi Muhammad keluar menemui para sahabatnya, lalu beliau membacakan kepada mereka surat Ar-Rahman dari awal hingga akhir surat, dan mereka semua terdiam. Beliau berkata, “ Aku telah membacakannya kepada jin pada malam berkumpulnya mereka dan mereka meresponsnya dengan jawaban yang lebih baik dibandingkan kalian semua. Saat aku sampai pada ayat fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban (maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dusta, kan?), mereka berkata kami tidak mendustakan apa pun dari kenikmatan yang Engkau berikan, bagi-Mu segala Puji.” (H.R. Tirmidzi)

6. Mati Syahid

Banyak orang tak menyadari manfaat membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang. Padahal membacanya, selain dapat menenangkan juga dapat menyelamatkan.

Baca Juga:  Sikap Raja Abrahah Yang Tersirat Dalam Surat Al-fil Adalah

Membaca surat Ar-Rahman adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan seorang hamba kembali pada Rabbnya dalam keadaan sebaik-baiknya. Mati syahid bisa didapat bagi yang rajin membaca dan merenungi setiap maknanya. Dalam Tsawabul A’mal, dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda:

” Barang siapa membaca Ar-Rahman dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan, kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satu pun nikmat-Mu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (HR. Imam Ja’far)

7. Mahar Pernikahan

Manfaat membaca surat Ar-Rahman bisa dipakai untuk mahar menikah. Mahar ini bisa diberikan dalam bentuk hafalannya. Terutama bagi yang tidak memiliki harta yang bisa diberikan ketika hendak menikah.

Untuk bisa menghafalnya, sering-sering baca di waktu senggang. Sementara bagi yang belum dipertemukan dengan jodoh, membacanya bisa membuatmu semakin didekatkan dengannya. Tentu dengan doa-doa yang disampaikan dengan ketulusan.

“ Maka apabila kita tidak memiliki mahar berupa baju, cincin maupun lain sebagainya, maka dapat dilakukan dengan cara menghafal salah satu surat dalam Al Qur’an yaitu surat ar rahman.” (HR. Bukhari)


Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:


1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish



2. Sertakan link blog atau sosmed



3. Foto dengan ukuran high-res



4. Isi di luar tanggung jawab redaksi


Ayo berbagi traffic di sini!

Kisah Nyata Keajaiban Surat Ar Rahman

Sumber: https://www.dream.co.id/stories/rahasia-besar-di-balik-surat-ar-rahman-1512034.html