Mengapa Allah Swt Itu Al Alim Sebutkan Bukti Buktinya

Posted on

Mengapa Allah Swt Itu Al Alim Sebutkan Bukti Buktinya

Jawaban dari pertanyaan “Mengapa Allah itu Al Alim Sebutkan bukti-buktinya” adalah karena Allah Subhanahu wa Ta’aala itu Maha Mengetahui segala sesuatu, yang nyata maupun yang ghoib, yang sudah maupun akan terjadi.

Banyak ayat dalam Al Qur’an yang menegaskan bahwa Allah itu Maha Mengetahui. Juga Allah sendiri banyak menegaskan dalam Al Qur’an bahwa DIA mengetahui banyak hal, segala sesuatu.

Bukti dalam surat Al An’am ayat 59 :

 وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَا إِلَّا هُوَ ۚ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ ۚ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِي ظُلُمَاتِ الْأَرْضِ وَلَا رَطْبٍ
وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)“.

Dari ayat di atas jelas bukti-bukti bahwa Allah itu Al Alim. DIA mengetahui kunci-kunci semua perkara ghoib serta apa yang di darat dan laut. Bahkan sehelai daun yang gugur pun, Allah mengetahuinya.

Baca juga : Jelaskan Hubungan Antara Takdir, Ikhtiar, Doa dan Tawakal

Pengetahuan Allah itu tidak terbatas ruang dan waktu, termasuk mengetahui segala isi hati manusia seperti disebutkan dalam Qur’an surat Al Hadid ayat 6 :

يُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَيُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ ۚ وَهُوَ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ

Dialah yang memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia Maha Mengetahui segala isi hati.

Penjelasan Lanjut

Dalam Qur’an surat Al Fatir ayat 38 selain Maha Mengetahui segala isi hati, bahkan Alloh mengetahui yang tersembunyi di langit dan bumi :

إِنَّ اللَّهَ عَالِمُ غَيْبِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ إِنَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ

Sesungguhnya Allah mengetahui yang tersembunyi di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.

Di dalam Al Qur’an juga banyak ayat yang menerangkan pengetahuan-pengetahuan yang ternyata dibuktikan kebenarannya oleh para ilmuwan zaman modern.

Salah satu contohnya adalah tentang peredaran matahari, bumi dan bulan yang dapat menjadi penentu waktu bagi manusia. Ini tercantum dalam Qur’an surat Yunus ayat 5 :

هُوَ الَّذِي جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ ۚ مَا خَلَقَ اللَّهُ ذَٰلِكَ إِلَّا بِالْحَقِّ ۚ يُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, berdasarkan peredaran matahari, bumi dan bulan, manusia menciptakan kalender penanggalan baik itu Hijriyah maupun Masehi.

Juga dengan ilmu astronomi, manusia bisa mengetahui kapan terjadinya gerhana matahari dan bulan dengan sangat tepat.

mengapa allah itu al alim sebutkan bukti buktinya
Matahari, bumi, bulan dan planet-planet tata surya beredar menurut garis edarnya masing-masing. Gambar : pixabay.com

Itu semua sudah disebutkan dalam surat Yunus ayat 5 di atas, jauh sebelum manusia mempunyai ilmu pengetahuan dan peralatan modern, 14 abad silam.

Ini menunjukkan bahwa pengetahuan yang tercantum dalam Al Qur’an itu bukan karangan Nabi Muhammad SAW, karena Beliau belum mengenal ilmu astronomi, tapi pengetahuan itu berasal dari Yang Maha Mengetahui segalanya, yaitu Allah SWT.

Allah SWT yang menurunkan ayat-ayat Al Qur’an berisi pengetahuan-pengetahuan tersebut melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Demikianlah bukti-bukti dari Allah SWT itu Al Alim, Maha Mengetahui.

Referensi :

  1. Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kelas VII SMP/MTs, 2017. Situs : Kelas VII PAI BS press.pdf (kemdikbud.go.id)
  2. Ayat-ayat Al Qur’an : tafsirq.com

Mengapa Allah Swt Itu Al Alim Sebutkan Bukti Buktinya

Sumber: https://kemuhammadiyahan.com/mengapa-allah-itu-al-alim-sebutkan-bukti-buktinya/

Baca Juga:  Sebutkan Pusat Pusat Kerajinan Seni Kriya Yang Ada Di Daerahmu