Mengapa Menggunakan Dongkrak Hidrolik Lebih Mudah Untuk Mengangkat Mobil

Posted on

Mengapa Menggunakan Dongkrak Hidrolik Lebih Mudah Untuk Mengangkat Mobil

Sering Bepergian Pakai Mobil? Simak 10 Rekomendasi Dongkrak Hidrolik yang Wajib Ada di Bagasi (2020)

Sering Bepergian Pakai Mobil? Simak 10 Rekomendasi Dongkrak Hidrolik yang Wajib Ada di Bagasi (2020)

Sebelum kamu berkendara dengan mobil, kamu harus memastikan semua perlengkapan daruratnya lengkap. Dongkrak termasuk di antaranya, lho. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi dongkrak hidrolik yang mudah digunakan untuk kamu yang suka bepergian dengan kendaraan roda empat.

Dongkrak Hidrolik Wajib Ada di Dalam Mobil

Dongkrak adalah salah satu alat yang wajib ada di setiap kendaraan. Saat membeli mobil baru, dongkrak standar biasanya diberikan oleh pabrikan yang memproduksi mobil. Salah satu kegunaan dongkrak adalah untuk membantu kamu mengganti ban mobil saat bocor di tengah jalan.

Sebelum bepergian menggunakan mobil, terlebih dalam jarak jauh, sebaiknya periksa dulu apakah sudah ada dongrak dalam bagasi mobilmu. Dongkrak sendiri hadir dalam beberapa jenis dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dongkrak yang sering kamu temui di pasaran antara lain adalah dongkrak gunting, dongkrak buaya, dan dongkrak botol.

Karena pentingnya fungsi dongkrak selama perjalanan, kamu juga harus bisa cara menggunakan dongkrak dengan benar. Jika asal saja menggunakan dongkrak, maka risikonya adalah bodi mobilmu bisa mengalami kerusakan. Pelajari dulu cara menggunakan dongkrak yang benar dan bagaimana langkah-langkah mengganti ban mobil yang tepat.

Prinsip Kerja Dongkrak Hidrolik Menggunakan Hukum Pascal

Melihat bagaimana dongkrak hidrolik yang mungil bisa mengangkat mobil yang beratnya berton-ton, kamu pasti terheran-heran dengan cara kerjanya. Dongkrak hidrolik merupakan penerapan hukum Pascal sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Pengisapan kecil diberi gaya tekanan lalu diteruskan oleh fluid atau minyak yang ada di dalam pompa. Minyak inilah yang kemudian mampu menghasilkan daya angkat pada penghisap besar untuk mengangkat beban yan ada di atasnya.

Dongkrak hidrolik biasanya memiliki dua buah tabung yang berhubungan langsung dengan ukuran yang berbeda. Masing-masing tabung memiliki pelumas atau oli tersendiri untuk melancarkan kerja dongkrak.

Jenis-jenis Dongkrak yang Dijual di Pasaran

Dongkrak Buaya

Jenis dongkrak pertama yang banyak dijumpai di pasaran adalah dongkrak buaya. Dinamakan demikian karena berbentuk mirip seperti mulut buaya yang sedang terbuka. Dongkrak buaya bekerja dengan sistem hidrolik.

Keunggulan dari dongkrak buaya adalah dapat digunakan di medan yang ekstrem seperti medan miring hingga medan yang tidak rata karena memiliki 4 roda. Sangat cocok digunakan di mobil-mobil yang kecil dan pendek sepeti mobil sedan. Variasi kapasitas dongkrak buaya antara lain adalah 1,5 ton, 2 ton, 2,5 ton, 3 ton, 5 ton, 10 ton, hingga 20 ton.

Namun dari segi harga, dongkrak buaya lebih mahal dibandingkan jenis dongkrak lainnya. Bentuknya juga lebih besar sehingga akan memakan banyak tempat di mobil.

Dongkrak Botol

Sama seperti dongkrak buaya, dongkrak botol dinamakan demikian karena bentuknya yang sangat mirip dengan botol. Penggunaannya sangat mudah karena menggunakan sistem hidrolik, sehingga tinggal dipompa saja dengan tuas yang ada. Keunggulan lain dari dongkrak ini adalah mudah digunakan dan terasa lebih ringan.

Baca Juga:  Wardah Lightening Series Untuk Kulit Berminyak

Sayangnya, harga dongkrak botol lebih mahal dibandingkan dongkrak gunting. Sistem hidrolik juga menyebabkan dongkrak rawan mengalami kebocoran pada bagian seal oli, sehingga daya angkatnya akan semakin lemah.

Dongkrak botol dijual dengan berbagai ukuran yaitu 2 ton, 5 ton, 15 ton, hingga 27 ton. Sebelum membeli, pastikan kamu memahami kebutuhan mobilmu agar bisa mendapatkan ukuran dongkrak yang sesuai.

Dongkrak Gunting

Sebutan lain bagi dongkrak yang mirip dengan gunting ini adalah dongkrak jembatan dan dongkrak ketupat. Dongkrak gunting adalah peralatan standar yang biasanya diberikan oleh pabrikan saat membeli mobil baru. Penggunaan dongkrak ini juga mudah dan cukup praktis buat pemula. Tinggal putar porosnya searah jarum jam untuk mengencangkan, lalu putar kembali berlawanan arah jarum jam untuk mengendurkan.

Harga dongkrak gunting boleh murah dan perawatannya praktis, namun untuk mengangkat mobil dengan dongkrak ini kamu harus mengeluarkan banyak tenaga.

Rekomendasi Dongkrak Hidrolik yang Wajib Kamu Bawa ke Mana-mana

Dongkrak Mobil 5 Ton Hidrolik Jack Universal

Dongkrak Mobil 5 Ton Hidrolik Jack Universal

Jangan bepergian dengan mobil jika tidak ada dongkrak dalam bagasi mobilmu. Dongkrak adalah salah satu peralatan darurat yang wajib ada, sehingga jika ada masalah di jalan kamu bisa mengatasinya dengan segera.

Rekomendasi produk dongkrak berkualitas pertama adalah Dongkrak Mobil 5 Ton Hidrolik Jack Universal. Dongkrak universal ini memiliki sistem hidrolik yang mudah dirawat. Kamu harus sering-sering membersihkan oli dan gemuk yang menempel pada dongkrak supaya kinerjanya tetap optimal.

Dongkrak botol ini memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu 5 ton. Cocok untuk mobil-mobil besar jenis Alphard, Hardtop, hingga truk.


Harga


Rp. 120.000-488.000

TEKIRO Dongkrak BUAYA 2 Ton HIDROLIK HYDRAULIC FLOOR JACK

TEKIRO Dongkrak BUAYA 2 Ton HIDROLIK HYDRAULIC FLOOR JACK

Buat kamu yang suka berpetualang di medan ekstrem yang banyak lubang dan permukaan tidak rata, dongkrak yang paling tepat untuk mobilmu adalah dongkrak buaya. Hanya saja ukuran dongkrak buaya memang besar dan memakan tempat. Jadi pastikan ada ruang ekstra di mobilmu untuk menyimpan dongkrak ya.

TEKIRO Dongkrak BUAYA 2 Ton HIDROLIK HYDRAULIC FLOOR JACK ini adalah rekomendasi produk yang pas buatmu. Dongkrak ini memiliki kapasitas 2 ton dengan dimensi 515 x 245 x 165 mm dan ketinggian maksimum pengangkatannya adalah 130-350 mm.

Dengan sistem hidrolik, dongkrak yang satu ini mudah digunakan. Namun kamu harus sering-sering mengecek kondisi dongkrak, jangan sampai ada kebocoran yang mengganggu daya kerja dongkrak ini.


Harga


Rp. 365.000-370.000

JINYUN TIANYANG Set Dongkrak Mobil Elektrik Hidrolik

JINYUN TIANYANG Set Dongkrak Mobil Elektrik Hidrolik

Produk dongkrak yang berikut ini sangat mengutamakan kemudahan dan kepraktisan pada penggunanya. JINYUN TIANYANG Set Dongkrak Mobil Elektrik Hidrolik namanya. Keunggulan dari produk ini adalah menggunakan teknologi hidrolik sekaligus elektrik yang memudahkan kamu untuk mengangkat mobil saat ban bocor.

Maksimal berat beban yang mampu diangkat oleh dongkrak ini adalah 2 ton dalam waktu satu menit saja. Tanpa perlu mengeluarkan tenaga, kamu bisa mengoperasikan dongkrak melalui remote yang menaikkan dan menurunkan dongkrak.

Baca Juga:  Softlens Yang Bagus Untuk Mata Minus

Selain dongkrak, dalam satu set produk kamu akan mendapatkan kunci pas, obeng biasa, obeng elektrik, serta sarung tangan untuk membantumu lebih mudah mengganti ban yang bocor.


Harga


Rp. 894.000-926.000

Werkline Dongkrak Buaya 2 Ton Hidrolik Hydraulic Floor Jack

Werkline Dongkrak Buaya 2 Ton Hidrolik Hydraulic Floor Jack

Dongkrak adalah peralatan darurat yang fungsinya mengangkat atau menjungkitkan sebagian bodi mobil. Dongkrak sangat diperlukan utamanya ketika ban bocor dan harus diganti. Karena musibah ban bocor datangnya tidak terduga, maka dongkrak harus selalu siap di bagasi untuk digunakan setiap saat.

Selanjutnya ada Werkline Dongkrak Buaya 2 Ton Hidrolik Hydraulic Floor Jack sebagai dongkrak hidrolik yang direkomendasikan oleh BP-Guide. Dongkrak ini mampu mengangkat mobil dengan ketinggian 13 mm hingga 300 mm. Ukuran dongkrak sendiri adalah 42 x 21 x 15 cm, mampu bekerja dengan baik di segala medan.

Dengan kualitas terbaik, dongkrak ini bisa dibeli dengan harga terjangkau. Semakin mudah dioperasikan dengan tuas pijakan kaki untuk menaikkan dan menurunkan dongkrak. Sangat cocok digunakan untuk mobil ukuran sedang seperti Crossover, SUV, MPV, Sedan, dan city car.


Harga


Rp. 265.000-362.500

Dongkrak Buaya 3 Ton Hidrolik Hydraulic

Dongkrak Buaya 3 Ton Hidrolik Hydraulic

Mendongkrak mobil kerap diidentikkan dengan kegiatan yang berat dan melelahkan. Karena itulah proses mendongkrak dan mengganti ban mobil harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan dan membuat semua usaha menjadi sia-sia.

Dongkrak Buaya 3 Ton Hidrolik Hydraulic adalnya dongkrak yang datang dari merek SAP Tools. Dongkrak memiliki kapasitas 3 ton dengan ketinggian angkat 140 mm sampai 470 mm. Bodi dongkrak yang besar sesuai dengan kekuatan dan dayanya yang juga besar.

Tidak perlu khawatir dalam menggunakan dongkrak ini karena kualitasnya dijamin premium. Dongkrak buatan China ini wajib ada di dalam mobilmu sebelum bepergian.

Lippro Dongkrak Hidrolik Botol 100 Ton

Lippro Dongkrak Hidrolik Botol 100 Ton

Dongkrak yang biasanya diberikan oleh pabrikan ketika kamu membeli mobil baru biasanya berbentuk ketupat karena lebih murah, ringkas, dan mudah digunakan. Namun jika kamu tidak puas dengan performa dongkrak ketupat dan ingin dongkrak yang dayanya lebih besar lagi, kamu bisa membeli dongkrak botol.

Lippro Dongkrak Hidrolik Botol 100 Ton ini misalnya. Terbuat dari bahan berkualitas yang dijamin awet dan tahan lama. Selain itu, harganya cukup terjangkau sehingga tidak akan menguras dompetmu.

Dongkrak besar ini sangat cocok untuk mengangkat kendaraan jenis truk pengangkut barang. Karena kapasitasnya yang besar, maka dongkrak ini juga sangat berat, mencapai 40 kilogram.


Harga


Rp. 213.000-5.400.000

WIPRO 3 ton Dongkrak Buaya

WIPRO 3 ton Dongkrak Buaya

Bagi kamu yang belum berpengalaman mungkin akan bertanya-tanya, di mana posisi dongkrak disimpan di dalam mobil. Biasanya dongkrak ada di bagasi, di bawah jok, atau dekat dengan ban cadangan. Saat membeli mobil baru, pastikan kamu menanyakan di mana dongkrak berada.

Baca Juga:  Berikut Ini Termasuk Perilaku Menyimpang Kecuali

WIPRO 3 ton Dongkrak Buaya menjadi rekomendasi produk dongkrak selanjutnya yang wajib kamu perhitungkan. Dongkrak dengan kapasitas 3 ton ini memiliki tinggi angkat minimal 145 mm dan tinggi angkat maksimal 510 mm. Berat dongkrak ini mencapai 32 kilogram, namun sangat mudah digunakan.

Sama seperti dongkrak buaya pada umumnya, dongkrak ini dapat digunakan dan bekerja dengan baik di segala medan, mulai dari medan yang miring hingga jalanan berlubang.


Harga


Rp. 1.800.000-2.520.000

INGCO HFJ301 Dongkrak BUAYA 3 Ton HIDROLIK

INGCO HFJ301 Dongkrak BUAYA 3 Ton HIDROLIK

Hal terpenting yang harus kamu pahami adalah bagaimana cara menggunakan dongkrak dan mengganti ban mobil dengan benar. Ada baiknya kamu mempelajari hal ini terlebih dahulu dari orang yang sudah berpengalaman.

INGCO HFJ301 Dongkrak BUAYA 3 Ton HIDROLIK adalah jenis dongkrak yang wajib kamu miliki jika mobilmu adalah tipe SUV dan sejenisnya. Dongkrak berkapasitas 3 ton ini memiliki tinggi minimal 150 mm dengan tinggi maksimal 530 mm. Berat dongkrak sendiri adalah 19,6 kg, cukup ringan untuk ukuran dongkrak.

Dongkrak buaya cocok untuk kamu yang suka mengemudi atau touring ke daerah pegunungan, pedesaan, hingga alam bebas yang permukaan jalannya cenderung tidak rata.

Dongkrak Mobil Elektrik Hidrolik Portabel 12V

Dongkrak Mobil Elektrik Hidrolik Portabel 12V

Bocornya ban mobil di tengah jalan jelas akan membuatmu panik. Namun jika ada dongkrak di dalam mobilmu dan kamu tahu bagaimana cara menggunakannya, mengganti ban adalah pekerjaan yang mungkin kamu lakukan sendiri tanpa meminta bantuan bengkel atau mekanik.

Pastikan kamu selalu membawa Dongkrak Mobil Elektrik Hidrolik Portabel 12V di dalam mobilmu. Dongkrak ini siap membawamu saat bepergian jauh atau ke luar kota. Cocok buat kamu yang suka mudik dengan kendaraan sendiri.

Dongkrak ini bekerja dengan sistem hidrolik dan elektrik yang semakin memudahkanmu untuk menggunakannya. Warna kuningnya mencolok, aman digunakan di malam hari atau di jalan yang kondisi pencahayaannya tidak baik.


Harga


Rp. 875.000-950.000

Dongkrak Buaya 2 Ton MULTIPRO Hidrolik

Dongkrak Buaya 2 Ton MULTIPRO Hidrolik

Meski sudah ada dongkrak yang canggih di mobilmu, kamu juga harus bisa menggunakannya dengan benar. Misalnya memahami titik-titik tumpuan pada mobilmu untuk mengangkatnya dengan dongkrak.

Dongkrak Buaya 2 Ton MULTIPRO Hidrolik adalah rekomendasi produk dongkrak terakhir untuk mobilmu. Dongkrak yang satu ini dibuat dengan standar German TUV dan GS, memastikan kualitas dan keawetan produknya. Kapasitas dongkrak adalah 2 ton dengan ketinggian 135 mm sampai 335 mm sangat mengangkat mobil.


Harga


Rp. 330.000-400.000


Mengapa Menggunakan Dongkrak Hidrolik Lebih Mudah Untuk Mengangkat Mobil

Sumber: https://bp-guide.id/AXWxcjwW