Mengapa Pembuahan Pada Angiospermae Disebut Pembuahan Ganda

Posted on

Mengapa Pembuahan Pada Angiospermae Disebut Pembuahan Ganda

Proses pembuahan pada tumbuhan diperlukan sebagai upaya melakukan perkembangbiakan. Pembuahan ini melibatkan dua bagian penting pada bunga yaitu benang sari yang berperan sebagai alat kelamin jantan, dan putik yang berperan sebagai alat kelamin betina. Pada tumbuhan tingkat tinggi, pembuahan dibagi menjadi dua macam yaitu pembuahan tunggal dan pembuahan ganda. Untuk mengetahui perbedaan pembuahan tunggal dan ganda, yuk simak ulasan berikut.

4 Perbedaan Pembuahan Tunggal dan Ganda

> Perbedaan Jumlah Ovum yang Dibuahi

Bedanya antara pembuahan tunggal dan ganda bisa dilihat dari jumlah ovum yang dibuahi oleh sperma (benang sari). Karena pembuahan tunggal hanya melakukan satu kali penyerbukan, sehingga hanya membutuhkan satu ovum dan satu sperma yaitu benang sari dan putik. Berbeda dengan pembuahan ganda dimana serbuk sari membuahi dua jenis ovum di dalam satu bunga. Sebenarnya yang berperan sebagai ovum kedua pada bunga adalah  inti kandung lembaga.

> Proses Terjadinya Pembuahan

Perbedaan kedua pembuahan ini bisa dilihat dari proses pembuahannya, dimana pada pembuahan ganda terjadi dua kali pembuahan antara ovum dan sperma. Sedangkan pada pembuahan tunggal hanya terjadi satu kali saja. Proses pembuahan ganda diawali dengan penyerbukan dimana benang sari jatuh ke kepala putik. Selanjutnya inti sperma I akan melebur bersama ovum sehingga membentuk zigot yang nantinya akan berkembang menjadi embrio.

Kemudian pembuahan kedua terjadi ketika peleburan inti sperma II dengan inti kandung lembaga sekunder yang nantinya akan membentuk endosperma yang bersifat triploid. Itulah mengapa terdapat perbedaan pembuahan tunggal dan ganda. Karena pembuahan tunggal hanya melakukan satu kali penyerbukan, dimana pembuahan hanya  melibatkan  peleburan satu inti sperma dan sel telur pada bunga untuk membentuk zigot tanpa menghasilkan endosperma.

Baca Juga:  Dalam Sebuah Kotak Terdapat 10 Bola Lampu 4 Diantaranya Rusak

Baca Juga:

8 Perbedaan Hikayat dan Cerpen dari Unsur Intrinsik

Baca juga:
Pengertian Serta Perbedaan Pada Endositosis dan Eksositosis

> Ada Tidaknya Daging Buah

Karena proses pembuahan yang berbeda, hal tersebut berdampak terhadap ada tidaknya buah pada biji. Proses pembuahan ganda membutuhkan dua kali proses peleburan inti sperma, dimana pembuahan pertama bertujuan untuk menghasilkan biji. Sedangkan pembuahan yang kedua menghasilkan endosperma yang nantinya menjadi daging buah. Pada pembuahan tunggal tidak memiliki daging buah, karena pembuahan hanya menghasilkan zigot yang akan menjadi biji.

> Perbedaan Biji yang Dihasilkan

Perbedaan pembuahan tunggal dan ganda bisa diketahui dari biji yang dibentuknya. Karena pembuahan tunggal tidak menghasilkan daging buah, maka hal ini berdampak pada biji yang terbentuk. Pembuahan tunggal akan membentuk biji terbuka sehingga dapat dilihat diantara dedaunan dan tampak dengan jelas. Tanaman dengan biji terbuka sering juga disebut dengan tanaman Gymnospermae. Contoh dari tanaman dengan biji terbuka diantaranya pakis haji.

Biji yang dihasilkan dari pembuahan ganda tidak bisa terlihat dari luar karena tertutupi oleh daging buah. Ada banyak jenis tumbuhan yang melakukan pembuahan ganda seperti mangga, tomat, apel, nangka dll. Tumbuhan dengan biji tertutup juga disebut dengan Angiospermae. Tumbuhan angiospermae ini biasanya memiliki bentuk daun pipih dan lebar serta susunan daun yang lebih bervariasi. Dengan demikian, perbedaan pembuahan tunggal dan ganda bisa dilihat dari daun tumbuhan.

Itulah beberapa perbedaan antara pembuahan ganda dan tunggal pada tumbuhan. Untuk lebih mudah melihat mana tumbuhan yang melakukan pembuahan tunggal dan mana yang melakukan pembuahan ganda, sebenarnya dapat dilihat dari ciri ciri bagian yang lain seperti akar, batang hingga daun. Umumnya tumbuhan berbiji terbuka memiliki batang berkambium serta daunnya lebih kaku dan sempit. Sedangkan tumbuhan biji tertutup memiliki akar tunggang.

Baca Juga:  Apa Kelebihan Dan Kekurangan Kelas Maya

Baca Juga:

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan

Angiospermae mengalami pembuahan ganda untuk membentuk embrio dan cadangan makanan (endosperma).
Disebut pembuahan ganda karena memang terjadi dua kali proses pembuahan yaitu:

Baca jugaBagian-Bagian Bunga Angiospermae.

Sel telur yang bersifat haploid (n) akan dibuahi inti generatif 1 yang bersifat haploid (n) sehingga akan menghasilkan zigot yang bersifat diploid (2n). Inti kandung lembaga sekunder akan dibuahi oleh inti generatif 2 sehingga terbentuk endosperma. Endosperma bersifat triploid (3n) karena merupakan penyatuan 2 inti kandung lembaga sekunder dan inti generatif 2 yang masing-masing bersifat haploid.



Zigot nantinya akan berkembang menjadi embrio calon individu baru, sedangkan endosperma merupakan cadangan makanan bagi perkembangan embrio.

Endosperma akan digunakan sebagai sumber makanan pertama pada proses perkecambahan biji.

Pembuahan ganda hanya terjadi pada angiospermae, sedangkan pada gymnospermae terjadi proses yang berbeda yang disebut pembuahan tunggal. Gymnospermae hanya mengalami pembuahan tunggal sehingga tidak menghasilkan endosperma sebagai cadangan makanan.



Baca juga: Pembuahan Tunggal pada Gymnospermae.











Referensi:

















1.



Bleckmann, A., Alter, S., & Dresselhaus, T. (2014). The beginning of a seed: regulatory mechanisms of double fertilization.Frontiers in plant science,5, 452. doi:10.3389/fpls.2014.00452









2.

Li-Jia Qu, Ling Li, Zijun Lan, Thomas Dresselhaus. (2015). Peptide signalling during the pollen tube journey and double fertilization.Journal of Experimental Botany, Volume 66, Issue 17, Pages 5139–5150

Mengapa Pembuahan Pada Angiospermae Disebut Pembuahan Ganda

Sumber: https://pskji.org/97734/mengapa-tumbuhan-gymnospermae-melakukan-pembuahan-tunggal-dan-angiospermae-melakukan-pembuahan-ganda/