Muatan Listrik Yang Terkandung Pada Penggaris Plastik Setelah Digosok Disebut

Posted on

Muatan Listrik Yang Terkandung Pada Penggaris Plastik Setelah Digosok Disebut

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Listrik dinamis
  2. Listrik statis
  3. Arus listrik
  4. Daya listrik

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Selasa, 1 Februari 2022 11:21

lihat foto

buku tematik

Buku tema 7 kelas 4 halaman 55

Bacalah teks berikut!

Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama potongan kertas menempel pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik. Setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri. Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik.

Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

Baca Juga:  Pengertian Passing Bawah Dan Passing Atas

Tugas

1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.

Listrik statis adalah:

Listrik dinamis adalah:

Jawab :

BERITA TERKINI

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 1, Halaman 51, 52, 53, dan 55

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan ini di dalam kelas. 1. Tutuplah pintu dan jendela ruang kelas serta gorden jika ada. 2. Nyalakan lampu di kelas dengan menekan saklar. Bagaimana kondisi ruang kelas? 3. Padamkan lampu dengan menekan saklar. Bagaimana keadaan di dalam ruang kelas?

4. Catatlah hasil pengamatan kalian.

Jawaban

Hasil Pengamatan :
Ketika lampu dinyalakan ruangan menjadi terang sehingga dapat belajar dengan baik, sedangkan saat lampu dimatikan ruangan menjadi gelap.Ternyata kehidupan sehari-hari kita sangat bergantung pada alat-alat elektronik.

Kunci Jawaban Halaman 53

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan kegiatan tersebut, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu. 1. Apa yang menyebabkan lampu menyala?

Jawaban:

Lampu dapat menyala karena adanya aliran arus listrik.

2. Apa yang menyebabkan lampu tidak menyala?
Jawaban:

Lampu tidak dapat menyala karena aliran arus listrik diputus atau terputus.

Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik. Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Saat arus listrik mengalir melewati lampu, lampu akan menyala.

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.

  1. Siapkan penggaris plastik.
  2. Potonglah kertas kecil-kecil, lalu letakkan pada permukaan meja.
  3. Dekatkan penggaris plastik pada potonganpotongan kertas.
  4. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
  5. Gosok-gosokkan penggaris pada rambut kering, lalu dekatkan penggaris pada potongan-potongan kertas.
  6. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
  7. Ulangi kegiatan di atas beberapa kali.
Baca Juga:  Berikut Ini Imbalan Jasa Yang Diterima Rtk Dan Rtp Kecuali

Setiap benda netral mempunyai dua muatan, yaitu muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron) dalam jumlah yang sama. Saat penggaris plastik digosok-gosokkan pada rambut kering, elektron dari rambut berpindah ke penggaris. Akibatnya, penggaris plastik kelebihan elektron dan menjadi bermuatan negatif.

Ketika penggaris plastik bermuatan negatif didekatkan pada potonganpotongan kertas, muatan negatif pada kertas menjauhi penggaris. Sisi kertas yang dekat penggaris menjadi bermuatan positif, sehingga potongan-potongan kertas akan tertarik oleh penggaris plastik.

Tarik-menarik antara muatan pada penggaris plastik dan potongan kertas ini merupakan salah satu bentuk gaya listrik.

Ayo Membaca

Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama potongan kertas menempel pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik.

Setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri. Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik.

Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar.

Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

Kunci Jawaban Halaman 55

Tugas

1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.

Jawaban

Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir (diam) dan perpindahan arusnya terbatas.
Listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalir.

Baca Juga:  Perilaku Yang Mempengaruhi Terjadinya Banjir Ditunjukkan Nomor

2. Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis. Contoh Gejala Listrik Statis Pada Pembelajaran 2, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

Jawaban

– Listrik statis terjadi ketika terbentuknya petir saat hujan

– Gosokan kain sutra dengan kaca

– Gosokan batang plastik dengan kain wol

– Tangan didekatkan dengan layar Televisi

– Saat menyisir rambut akan terbawa berdiri sendiri seiring dengan gerakan sisir

– Debu yang tertempel pada layar tv

– Penggaris yang digosok-gosokkan ke rambut atau tangan kering akan menarik potongan kertas kecil

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari pada hari ini?
Hari ini saya telah belajar tentang informasi tentang urang Kenekes suku Baduy. dan pengertian listrik statis dan listrik dinamis.

Mengapa budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain?
Budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain karena budaya merupakan cara hidup sekelompok orang yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya dipengaruhi oleh letak geografis

Apa yang dimaksud dengan gaya listrik?
Gaya listrik adalah gaya yang dialami oleh benda atau obyek bermuatan yang berada dalam medan listrik.





Muatan Listrik Yang Terkandung Pada Penggaris Plastik Setelah Digosok Disebut

Sumber: https://hasilcopa.com/muatan-listrik-yang-terkandung-pada-penggaris-plastik-setelah-digosok-pada-rambut-kering-tidak