Peristiwa Berikut Yang Bukan Merupakan Perubahan Fisika Adalah

Posted on

Peristiwa Berikut Yang Bukan Merupakan Perubahan Fisika Adalah

Berikut ini yang bukan merupakan contoh sifat fisika materi adalah

Berikut ini yang bukan merupakan contoh sifat fisika materi adalah

Lihat Foto

Ilustrasi.

KOMPAS.com
– Sifat kimia dapat diamati dari ciri-ciri sifat kimia. Mengutip Sumber Belajar Kemdikbud RI, berikut ini penjelasan pengertian sifat kimia dan ciri-ciri sifat kimia:

Sifat kimia

Sifat kimia adalah perubahan yang dialami suatu benda yang membentuk zat baru. Sifat kimia adalah ciri-ciri suatu zat yang berhubungan dengan terbentuknya zat jenis baru. Sifat kimia antara lain:

  1. Mudah terbakar
  2. Membusuk
  3. Mudah meledak
  4. Berkarat
  5. Beracun

Perhatikan penjelasan berikut ini:

Sifat kimia dapat diamati dari ciri-ciri sifat kimia sebagai berikut:

Sifat kimia mudah terbakar adalah sifat mudah atau sulitnya suatu zat terbakar. Dengan mengetahui sifat dari bahan-bahan yang mudah terbakar, kita bisa menggunakan bahan tersebut secara aman. Contoh zat yang mudah terbakar adalah bensin dan kertas.

Baca juga: Sifat Fisika: Pengertian dan Ciri-ciri

Sifat kimia membusuk terjadi akibat reaksi kimia. Pada makanan atau minuman bisa terjadi reaksi kimia yang mengakibatkan makanan dan minuman membusuk dan berubah rasa menjadi asam. Penyebab pembusukan pada makanan atau masakan adalah mikroorganisme berupa ragi, jamur, atau bakteri.

Ontolosis adalah proses pembusukan makanan disebabkan zat yang terkandung dalam makanan itu sendiri dan adanya reaksi kimia antara zat yang dikandung dalam makanan dengan oksigen di udara.

Pembusukan makanan menyebabkan rusaknya nilai gizi, tekstur, dan rasa makanan. Sehingga tidak layak dikonsumsi karena berbahaya bagi kesehatan. Contoh nasi dibiarkan berhari-hari bereaksi dengan udara atau susu dibiarkan berhari-hari akan basi dan berubah rasa.

Untuk menghindari proses pembusukan makanan bisa dilakukan dengan beberapa teknik, baik teknologi tinggi atau teknologi sederhana. Salah satunya pengawetan makanan, yaitu upaya menahan laju pertumbuhan mikro organisme pada makanan.

Sejumlah teknik standar yang telah dikenal secara umum oleh masyarakat luas antara lain pendinginan, pengasapan, pengalengan, pengeringan, pemanisan, dan pengasinan.

Baca juga: Zat Tunggal: Unsur dan Senyawa

Sifat kimia mudah meledak terjadi karena interaksi zat dengan oksigen di alam. Contoh zat yang mudah meledak adalah magnesium, hidrogen, dan natrium.

Ledakan adalah peningkatan dalam volume dan pengeluaran energi dengan cara berbahaya, biasanya dengan pengeluaran suhu tinggi dan penghasilan gas.

Sifat ledakan ada yang alami dan buatan. Contoh ledakan alami adalah letusan gunung berapi. Contoh ledakan buatan adalah bom.

Sifat kimia berkarat atau korosi terjadi karena reaksi antara logam dan oksigen pada suatu benda. Benda berkarat sebab terjadi reaksi yang menghasilkan zat jenis baru. Karat atau korosi adalah hasil reaksi oksidasi suatu logam.

Besi mengalami korosi membentuk karat dengan rumus Fe2O3.xH2O. Korosi atau proses pengaratan adalah proses elektro kimia. Pada proses pengaratan, besi (Fe) bertindak sebagai pereduksi dan oksigen (O2) yang terlarut dalam air bertindak sebagai pengoksidasi.

Benda dapat digolongkan menjadi benda yang mudah berkarat dan benda yang tidak dapat berkarat. Benda yang mudah berkarat adalah logam seperti besi dan seng. Benda yang tidak mudah berkarat adalah plastik dan kaca.

Baca Juga:  Kesenian Secara Antropologis Ditempatkan Sebagai Unsur Kebudayaan Yang

Baca juga: Perbedaan Senyawa dan Campuran

Beberapa cara untuk menanggulangi besi atau logam lain agar tahan dari proses pengaratan antara lain:

  1. Melapisi besi atau logam lainnya dengan cat;
  2. Membuat logam dengan campuran yang serba sama atau homogen ketika pembuatan atau produksi besi atau logam lainnya di pabrik;
  3. Pada permukaan logam diberi oli atau vaselin;
  4. Menghubungkan dengan logam aktif seperti magnesium (Mg) melalui kawat agar yang berkarat adalah magnesiumnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah berkarat pada tiang listrik besi atau baja. Magnesium ditanam tidak jauh dari tiang listrik;
  5. Melakukan proses galvanisasi dengan cara melapisi logam besi dengan seng tipis atau timah.

Beberapa zat memiliki sifat kimia racun, seperti insektisida, pestisida, fungisida, herbisida, dan rodentisida. Zat beracun tersebut digunakan manusia untuk membasmi hama (tikus atau serangga).

Bahan kimia beracun adalah bahan kimia yang dalam jumlah kecil bisa menimbulkan keracunan pada manusia. Umumnya zat-zat beracun (toksik) masuk lewat pernafasan atau kulit lalu beredar ke seluruh tubuh atau organ-organ tertentu.

Tetapi bisa juga zat-zat racun tersebut berakumulasi, seperti dari golongan pestisida, yaitu organo klorin, organo fosfat, karbamat, arsenik.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berikut ini yang bukan merupakan contoh sifat fisika materi adalah

Jawaban:

Berikut yang bukan merupakan sifat fisis dari materi adalah
kereaktifan

Penjelasan:

Contoh sifat fisika adalah titik didih, titik lebur, tingkat kekerasan, massa jenis

Sedangkan, sifat kimia berhubungan dg kereaktifan benda, misalnya mudah berkarat, mudah bereaksi dengan asam, dll

Semoga membantu, jadikan jawaban terbaik ya

Selamat belajar

Berikut ini yang bukan merupakan sifat fisika suatu zat adalah?​ mari kita sama sama cari tahu jawaban serta penjelasannya pada tulisan kali ini dibawah.

Berikut ini yang bukan merupakan sifat fisika suatu zat adalah?​

Jawaban:
D. Kestabilan

Dilansir dari berbagai sumber yang kami peroleh, Berikut ini yang bukan merupakan sifat fisika suatu zat adalahKestabilan
.

Baca Juga: ketika menjelajahi alam semesta kita dapat menemukan banyak contoh keteraturan Apa yang terjadi jika ada satu benda langit yang bergerak tidak mengikuti aturan?​

Pembahasan


Definisi Zat dan Penjelasannya

Zat merupakan sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang, serta memiliki sifat yang berbeda-beda. Zat memiliki berbagai macam jenis yaitu zat padat, zat cair, dan zat gas. Zat padat

yaitu zat atau benda yang memiliki volume dan bentuk yang tidak berubah. Contohnya; meja, kursi, kayu, lemari, besi, pintu dan lain-lainnya. Zat cair yaitu zat atau benda yang memiliki bentuk yang berubah-ubah menyesuaikan tempatnya namun volumenya tidak berubah/tetap. Contohnya; air, minyak, bensin, dan lain-lain. Zat gas adalah zat atau benda yang memiliki bentuk dan volume yang tidak tetap, yang selalu berubah-ubah sesuai dengan tempat [wadahnya]. Contohnya; ban motor, balon, gelas kosong, gas LPG, dan lain-lain.

Baca Juga:  Dibawah Ini Cara Yang Benar Membuat Jurnal Penutup Kecuali


Definisi Sifat Ekstensif Zat

Sifat ekstensif adalah suatu sifat yang tergantung dengan jumlah atau ukuran suatu zat. Sifat ekstensif zat antara lain yaitu :

  • Berat : Semakin banyak jumlah suatu zat maka semakin bertambah pula beratnya. Selain itu semakin besar ukuran suatu zat maka semakin bertambah pula berat zat tersebut.
  • Volume : Semakin besar jumlah suatu zat maka akan semakin besar pula volume yang ditempatinya. Tetapi hal ini tidak berlaku pada zat gas.


Definisi Sifat Intensif

Sifat intensif adalah sifat yang tidak bergantung dengan jumlah atau ukuran zat. Sifat intensif zat antara lain yaitu :

  • Sifat kimia : Sifat kimia merupakan sifat-sifat yang berhubungan dengan interaksi zat yang satu dengan yang lainnya. Sifat kimia berhubungan dengan pembentukan zat baru dan berdasarkan pada pengamatan serta pengukuran terhadap perubahan kimia. Yang termasuk ke dalam sifat kimia yang yaitu kestabilan, kereaktifan, daya ionisasi, dan keterbakaran.
  • Sifat Fisika : Sifat fisika merupakan sifat-sifat yang tidak ada hubungannya dengan pembentukan zat baru dan didasarkan pada pengamatan serta pengukuran terhadap zat tanpa terjadi suatu perubahan kimia. Yang merupakan sifat fisika yaitu berat jenis [massa jenis], kerapatan, kekerasan, kelarutan, daya hantar listrik, kemagnetan, bentuk fisik, titik didih, titik leleh, titik beku, warna, bau, dan rasa.

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions [MCQ] Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Massa jenis
  2. Titik didih
  3. Kereaktifan
  4. Kekerasan
  5. Warna

Jawaban terbaik adalah
B. Titik didih.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan❝Berikut ini yang bukan merupakan sifat fisika adalah❞
AdalahB. Titik didih.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Berikut ini yang termasuk sifat ekstensif materi adalah  dengan jawaban yang sangat akurat.

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Berikut ini yang bukan merupakan sifat fisis suatu materi adalah?

  1. titik didih
  2. massa jenis
  3. titik lebur
  4. kereaktifan
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: D. kereaktifan

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, berikut ini yang bukan merupakan sifat fisis suatu materi adalah kereaktifan.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu
Reaksikimia yang ditandai dengan proses perubahan warna terdapat pada peristiwa?
beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Baca Juga:  Nyamuk Yang Bisa Terbang Ternyata Menjadi Makanan Cicak

Jawaban:

Berikut yang bukan merupakan sifat fisis dari materi adalah
kereaktifan

Penjelasan:

Contoh sifat fisika adalah titik didih, titik lebur, tingkat kekerasan, massa jenis

Sedangkan, sifat kimia berhubungan dg kereaktifan benda, misalnya mudah berkarat, mudah bereaksi dengan asam, dll

Semoga membantu, jadikan jawaban terbaik ya

Selamat belajar

Sifat fisika suatu zat berkaitan dengan penampilan atau keadaan fisis zat tersebut. Kerapatan, kekerasan, dan elastisitas pada pilihan jawaban termasuk ke dalam sifat fisika karena ketika dilihat atau disentuh dengan indra, kita dapat merasakannya secara langsung. Contohnya adalah besi yang kerapatan dan kekerasannya pasti lebih tinggi dari gabus, lalu karet gelang yang bisa kita rasakan elastisitasnya.Sehingga jawaban yang bukan merupakan sifat fisika suatu zat adalah kestabilan,karena tidak dapat diketahui secara langsung dengan indra manusia, tapi harus dilakukan serangkaian tes terlebih dahulu. Contohnya kestabilan pada perahu yang baru terlihat ketika diletakkan di atas air. Contoh lain sifat fisika suatu zat adalah wujudnya [padat, cair, gas], warna, kelarutan, dan daya hantar listrik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Ciri suatu materi yang dapat anda amati tanpa merubah zat-zat yang menyusun materi tersebut disebut
sifat fisis. Contoh-contoh sifat fisis adalah warna, bentuk, ukuran, kerapatan, titik lebur dan titik didih/titik leleh.

Dengan demikian, yang bukan merupakan sifat fisis adalah kereaktifan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


jelaskan pengertian gempa bumi dan sebutkan macam² gempa bumi​


jelaskan fungsi jantung , paru2 , dan ginjal​


Q.Apa gunanya mandi ? mengapa kita harus mandi?✎ Rūles Mēnjawab :⸙ Memakai cara penyelesaian⸙ Rapi⸙ Tidak ngasal ⸙ Good luck .-.​​​


Tolong bantu jawab yaa


Q :Hewan yg tdk memiliki jaringan adalah …A. AmoebaB. AnnelidaC. PoriferaD. Semua hewan memiliki jaringanContoh organ yg membangun sistem ekskresi a …

dalah …​


Q :Terlampir….!!!!​


berikut inni proses perjalanan cahaya pada mata hingga terbentuk bayangan benda adalah​


33. Berikut merupakan penyebab polusi air kecuali… A limbah industri catB tumpahan detergen C insektisida D hujan​


26. di suatu padang rumput hidup sekelompok kambing dan harimau jika predatornya sangat aktif maka setelah terjadi jumlah rumput berkurang maka akan t …

erjadi A penurunan populasi kambing dan harimau B menurunnya populasi harimau dan peningkatan populasi kami C peningkatan populasi rumput dan penurunan populasi harimau D peningkatan populasi rumput dan harimau​


Sebutkan dan jelaskan peranan pantai batu!​

Video yang berhubungan

Peristiwa Berikut Yang Bukan Merupakan Perubahan Fisika Adalah

Sumber: https://berikutyang.com/berikut-ini-yang-bukan-merupakan-contoh-sifat-fisika-materi-adalah