Pokok Pikiran Yang Merupakan Penjelmaan Sila Keempat Pancasila Adalah

Posted on

Pokok Pikiran Yang Merupakan Penjelmaan Sila Keempat Pancasila Adalah

Berikut adalah pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 dan penerapannya dalam kehidupan bermasyarakat.

TRIBUNNEWS.COM
– Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengandung pokok-pokok pikiran yang diciptakan dan dijelmakan dalam Undang-Undang Dasar, yaitu dalam pasal-pasalnya.

Ada 4 (empat) pokok pikiran yang sifat dan maknanya sangat dalam.

Pokok-pokok pikiran tersebut meliputi suasana kebatinan dari Undang-undang Dasar Indonesia.

Baca juga: Pembukaan UUD 1945: Sifat, Makna Tiap Alinea dan Pokok Pikiran Pancasila

Pokok-pokok pikiran ini mewujudkan cita-cita hukum (Rechtsidee) yang menguasai hukum dasar Negara, baik hukum yang tertulis (Undang-undang Dasar), maupun hukum yang tidak tertulis.

Undang-undang Dasar menciptakan pokok-pokok pikiran ini dalam pasal-pasalnya.

1. Pokok pikiran pertama
menyatakan bahwa negara melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Rumusan ini menunjukkan pokok pikiran persatuan, identik dengan Sila ke-3 dari Pancasila, Persatuan Indonesia.

Contoh Penerapan Pokok Pikiran I Pembukaan UUD 1945:

– Menjaga persatuan

– Mencegah perpecahan

Pernahkah kalian membaca teks pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 dalam upacara di sekolah? Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan pokok pikiran pembukaan UUD 1945 (alinea 1-4) sebagai salah satu bagian fundamental bagi Indonesia kepada generasi penerus bangsa. Ya, seperti kita tahu, pembukaan UUD negara RI 1945 mempunyai isi yang terdiri dari 4 alinea, dimana setiap alinea pada pembukaan UUD 1945 mempunyai makna dan isi yang berbeda. Disamping itu, setiap alinea mempunyai makna khusus tersendiri jika ditelusuri lebih lanjut. Dan jika sebuah teks memiliki makna khusus, pastilah teks tersebut juga memiliki pokok pikiran.

Pokok pikiran pembukaan UUD 1945 merupakan gambaran suasana batin dari undang-undang itu sendiri, setiap pokok pikiran tersebut mewujudkan cita-cita hukum yang menguasai dasar hukum negara baik yang tertulis maupun tidak tertulis.

Baca Juga:  Kinloch Mengemukakan Kriteria Yang Mendasari Hubungan Antar Kelompok Yaitu

Pada dasarnya, hakikat pokok pikiran pembukaan UUD 1945 dibagi menjadi 4 ( alinea 1-4 ) yaitu, pokok pikiran persatuan, pokok pikiran keadilan sosial, pokok pikiran kedaulatan rakyat, dan pokok pikiran Ketuhanan.

Pokok Pikiran Persatuan

Pokok pikiran ini berbunyi bahwa “ Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan”. Pokok pikiran tersebut jelas menyatakan bahwa negara siap melindungi bangsanya serta seluruh wilayah Indonesia dari paham-paham individualistic ataupun golongan.

(Baca juga: Makna dan Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara)

Pokok Pikiran Keadilan Sosial

Pokok pikiran yang kedua berbunyi “Negara ingin mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Hal ini merupakan pancaran sila kelima Pancasila yang dimaksudkan supaya masyarakat memiliki pengertian dan kesadaran akan hak-hak dan kewajiban yang dimiliki oleh setiap individu. Pokok pikiran pembukaan UUD 1945 ini dibuat dengan berpedoman kepada pasal 27 – 34 UUD 1945.

Pokok Pikiran Kedaulatan Rakyat

Pokok pikiran ketiga, merupakan pancaran dari sila keempat Pancasila yang terfokus pada kedaulatan rakyat. Sebagai negara yang menerapkan system demokrasi dan musyawarah mufakat, maka diharapkan kedaulatan rakyat dan permusyawaratan/ perwakilan dapat berjalan di Indonesia dengan lancar sesuai dengan kaidah kedaulatan rakyat yaitu kedaulatan dipegang oleh rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-undang. Pokok pikiran ini di ciptakan atas dasar pada pasal 1 ayat 2-3 dan pasal 27 UUD 1945.

Pokok Pikiran Ketuhanan

Pokok pikiran yang keempat, merupakan pancaran dari sila pertama sekaligus kedua dari Pancasila. Pokok pikiran ini berbunyi bahwa “Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab”. Secara tersirat pokok pikiran ini menegaskan kepada pemerintah dan perangkat hukum lainnya untuk tetap menerapkan budi pekerti kemanusiaan yang baik dan ketaqwaan terhadap Tuhan.

Baca Juga:  Seekor Kupu Kupu Di Sebuah Taman Bunga Disebut

Diharapkan, harkat dan martabat manusia juga dapat dijunjung tinggi dalam keadaan apapun dan kapanpun. Pokok pikiran pembukaan UUD 1945 yang keempat ini dibuat dengan berpedoman pada pasal 34 – 37 UUD 1945.

Pokok pikiran keempat dalam pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 merupakan penjelmaan Pancasila sila?

  1. Pertama dan Kedua
  2. Kedua dan Ketiga
  3. Ketiga dan Keempat
  4. Keempat dan Kelima
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. Pertama dan Kedua

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pokok pikiran keempat dalam pembukaan uud negara ri tahun 1945 merupakan penjelmaan pancasila sila pertama dan kedua.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu
Sesuai Pokok pikiran pertama pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 diterima aliran pengertian sebagai negara?
beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.


Tentang perilaku yg menunjukkan penghormatan terhadap ham dalam kehidupan lingkungan kerja


1. perhatikan tabel berikut. nomor aktivitas organ gerak yang terlibat manfaat organ gerak nomor: 1. aktifitas: memancing organ gerak yang terlibat: t …

angan dan kaki manfaat organ gerak: tangan digunakan untuk memegang alat pancing, meletakan umpan di mata kail, dan memutar rol pancing. kaki digunakan untuk menahan alat pancing agar tidak jatuh ke tempat pemancingan. nomor:2. aktivitas: menjahit organ gerak yang terlibat: tangan dan kaki manfaat organ gerak: tangan digunakan untuk memegang bahan jahitan dan memasukkan benang jahit ke dalam jarum. kaki digunakan untuk mengendalikan pedal jahit. nomor: 3. aktivitas: membuat tembikar organ gerak yang terlibat: kakimanfaat organ gerak: kaki digunakan untuk memutar alat pemutar tembikar. nomor: 4. aktivitas: menyapu lantai organ gerak yang terlibat: tangan manfaat organ gerak: tangan digunakan untuk memegang gagang sapu. pasangan yang tepat antara aktivitas, organ gerak yang terlibat, dan manfaat organ gerak ditunjukkan oleh angka….a. 1) dan 2) c. 2) dan 3) b. 1) dan 4) d. 2) dan 4) ​

Baca Juga:  Penggunaan Magnet Permanen Termasuk Aplikasi Teknologi Maglev Jenis


Faktor penyebabnya Pembunuhan Pemboman galera di Surabaya oleh kelompok teroris bom bunuh diri 13 Mei 1998 bantu jawab​


4 Temukon 10 hambatan pada saat saya Ingin Melaksanakan sila ke 3​


apa makno dari lambang pertama pancasila​


carilah sikap positif sila 1-5 di masyarakat


sebutkan 5 aturan yang ada di rumahmu​


jenis lahan Budi daya kentang​


tolong di jawab no 3.membiasakan perilaku sesuai nilai nilai pancasila dalam linkungan Pergaulan. perilaku dalam pergaulan yang sesuai dengan nilai ni …

lai pancasila antari lain, A. menghargai pendapat temenb.c. d. 4.Membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan masyarakat lingkungan masyarakat merupakan Aspek penting dalam pelaksanaan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila Hal ini dikarenakan lingkungan masyarakat merupakan unsur penting dari sebuah negara yang berperan dalam melestarikan pandangan hidup suatu negara perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan masyarakat adalah A. tidak menggangu ibadah orang lainb. c. d. jawban nya yang gaadak di google ya cari pakai otak​


kelelawar tokek onta burung hantu ciciak bunglon kaktus. sebutkan ciri-ciri nya​

Pokok Pikiran Yang Merupakan Penjelmaan Sila Keempat Pancasila Adalah

Sumber: https://mempelajari.com/pokok-pikiran-keempat-dalam-pembukaan-undang-undang-dasar-negara-republik-indonesia-tahun-1945-merupakan-penjelmaan-pancasila-sila