Pupuk Yang Digunakan Untuk Pohon Mangga Adalah

Posted on

Pupuk Yang Digunakan Untuk Pohon Mangga Adalah

Sudah tahu Jenis-jenis pupuk buah mangga? yuk, cari tahu di artikel berikut ini. PTD akan menjelaskannya secara singkat.

Agar bisa berbuah lebat, maka buah manga membutuhkan pupuk yang sesuai. Salah satu jenis pupuk yang penting diberikan ke buah mangga adalah pupuk perangsang buah.

Pupuk buah mangga sendiri ada beragam jenis. Oleh karena itu, agar buah mangga tetap daoat berbuah di luar musim, maka Anda harus mengetahui jenis pupuk yang sesuai untuknya.

6 Jenis Pupuk Buah Mangga

Secara umum, ada beragam jenis pupu yang bisa digunakan pada proses perawatan dan pemeliharaan buah manga. Pupuk ini harus diberikan secara tepat dan sesuai agar buah mangga tetap dapat berbuah di luar musimnya.

Beberapa jenis pupuk buah mangga yang bisa digunakan antara lain:

Baca Juga: Kesiapan RI  Untuk Dorong Ekspor Pupuk


Pupuk Kompos

Pupuk kompos merupakan jenis pupuk yang terbuat dari hasil fermentasi berbagia macam jenis bahan-bahan organik. Ciri-ciri pupuk kompos yang baik yaitu memiliki suhu di bawah 400 derajat celcius.

Untuk mengaplikasikan pupuk kompos sangatlah mudah karena Anda hanya menyebarkannya di sekitar tanaman. Beberapa manfaat dari pemberian pupuk kompos ke tanaman manga antara lain:

  1. Meningkatkan unsur hara media
  2. Meningkatkan daya tahan tanaman dan daya serap air
  3. Memperbaiki struktur tanah atau media
  4. Memperbaiki pori-pori tanah
pupuk kompos
https://8villages.com


Pupuk NPK

Pupuk NPK merupakan jenis pupuk yang bisa digunakan untuk merangsang perkembangan buah mangga. Untuk memberikan pupuk NPK, Anda bisa menggunakan dosis 0,25 kg pupuk per pohonnya.

Pupuk NPK memiliki kandungan phosphor dan juga kalium yang dapat mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan bunga mangga.


Pupuk Hijau

Pupuk hijau sangat cocok digunakan untuk merangsang buah. Pupuk hijau merupakan jenis pupuk yang berasal dari hijauan dari sisa panen atau tanaman lain.

Tanaman jenis legume bisa digunakan sebagai pupuk hijau terbaik karena mengandung unsur hara yang tinggi dan juga mudah terdekomposisi.

Pupuk ini sangat cocok digunakan untuk tanaman mangga karena dapat meningkatkan kandungan unsur hara yang ada di dalam bagi tanah.

Selain itu, pupuk ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki sifat kimia, fisika, dan biologi tanah sehingga produktivitas tanaman mangga bisa meningkat.

Untuk mengaplikasikan pupuk hijau, Anda cukup membenamkan pupuk kedalam lahan ketika sedang mengolah tanah.

Baca Juga: Pembuatan Pupuk Bokashi Skala Pertanian Maupun Rumah Tangga


Pupuk KCL

KCL merupakan jenis pupuk yang memiliki kandungan unsur hara kalium yang tinggi. Pupuk ini memiliki beragam jenis warna antara lain merah hingga putih. Pupuk KCL sendiri sangat mudah diaplikasikan karena mudah larut di dalam air.

Sebelum mengaplikasikan pupuk KCL, Anda harus mengenal jenis-jenis pupuk KCL terlebih dahulu. Secara umum ada dua jenis pupuk KCL yang harus Anda ketahui antara lain:

  1. Pupuk KCL 80 memiliki warna merah. Pupuk KCL jenis ini memiliki kandungan  kalium mulai dari 52% hingga 60%.
  2. Pupuk KCL 90 memiliki warna putih. Pupuk KCL jenis ini memiliki kandungan kalium mulai dari 90%.

Pupuk KCL sendiri bisa digunakan untuk merangsang perkembangan buah mangga. Anda bisa mengaplikasikan pupuk ini bersamaan dengan NPK dan juga ZA.

Selain bisa merangsang pertumbuhan tanaman, pupuk ini juga bisa digunakan untuk memperkuat tanaman sehingga dapat beridiri dengan tegak.

buah mangga
pixabay.com


Pupuk ZA

Pupuk ZA merupakan jenis pupuk yang memiliki kandungan belerang sekitar 24% dan juga nitrogen sebesar 21%. Pupuk ini dapat digunakan untuk mengganti pupuk urea yang biasa digunakan untuk memasok kebutuhan nitrogen tanaman.

Pupuk ZA memiliki bentuk seperti kristal kecil dengan warna yang beragam. Pupuk ZA biasa digunakan untuk merangsang perkembangan buah mangga. Namun selain itu, pupuk ini juga bisa digunakan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan.

Pupuo ZA bisa digunakan bersamaan dengan jenis pupuk lain. Anda bisa menggunakan pupuk ini dengan dosis 0,5 kg ZA ditambah dengan 0,5 kg pupuk KCL dan juga 3 kg pupuk NPK.

Campuran dari ketiga jenis pupuk ini kemudian ditaburkan secara melingkar dengan jarak sekitar 1,5 m dari pohon.


Pupuk Kandang

Pupuk kandang merupakan jenis pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang telah difermentasi. Pupuk ini sangat bagus digunakan bagi tanaman mangga karena memiliki beragam unsur hara lengkap seperti fosfor, nitrogen, magnesium, kalsium, besi, tembaga, dan juga belerang.

Untuk mengaplikasiakn pupuk kandang, Anda bisa menggunakan 50 kg pupuk kandang yang diberikan kepada satu pohon mangga berusia 1 minggu setelah panen.

Pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam memiliki kandungan N yang tinggi dan juga bisa diserao dengan sangat cepat oleh tanaman.

Jika ingin mengaplikasikan pupuk dari kotoran ayam, Anda bisa menambahkannya dengan sekam padi terlebih dahulu untuk memperkaya unsur hara yang terkandung di dalamnya.

Pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi memiliki kandungan serat yang sanbgat tinggi sehingga membutuhkan pengomposan terlebih dahulu.

Ciri-ciri pupuk kandang dari kotoran sapi yang bisa digunakan yaitu memiliki tekstur yang gembur dan tidak lengket, berwarna gelap, dan juga tidak lengket.


Itulah tadi beberapa jenis pupuk buah nangga yang harus diketahui para petani. Dengan melakukan pemberian pupuk yang sesuai dan rutin, maka buah mangga tentu tetap bisa berbuah maupun sedang tidak musim. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Langkah Pembuatan Pupuk Organik Cair Bokashi

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital disini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik disini.

Sumber:

  • https://ilmubudidaya.com/jenis-pupuk-perangsang-buah-mangga/

Sumber gambar utama: pixabay.com

Pupuk Yang Digunakan Untuk Pohon Mangga Adalah

Sumber: https://paktanidigital.com/artikel/6-jenis-pupuk-buah-mangga-yang-wajib-diketahui-oleh-petani/

Baca Juga:  Rpp Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1