Salah Satu Aplikasi Pengolah Buku Digital Adalah

Posted on

Salah Satu Aplikasi Pengolah Buku Digital Adalah


V. BUKU DIGITAL


Deskripsi


Perkembangan digital memungkinkan mewujudkan buku “nirkertas” bahkan buku “maya” yang
mudah dibawa dan disimpan serta mudah dibaca ketika diperlukan. Teks yang menjadi hakikat            buku dapat disimpan dalam bentuk digital. Buku digital membekali siswa mampu mengubah format file teks menjadi buku digital, bahkan menambahkan video dan suara dalam buku tersebut

Teknologi digital memungkinkan menyimpan, membawa, dan membaca buku hanya dengan peralatan “kecil” saja, lebih kecil dari ukuran bukunya itu sendiri.
Banyak perangkat komunikasi yang dapat digunakan sebagai alat baca buku digital seperti Feature phone, Smartphone, dan Tablet

Kegiatan belajar ke 35: Memahami Buku Digital : Pengertian, Fungsi dan Tujuan, Jenis, Format,  Aplikasi Penyusun dan Aplikasi Pembaca Buku Digital


A. Tujuan Pembelajaran


Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu:

  • menjelaskan pengertian buku digital;
  •  menjelaskan fungsi dan tujuan buku digital;
  •  mengidentifikasi jenis buku digital;
  •  memahami pelbagai format buku digital;
  •  memahami aplikasi pemformatan buku digital;
  •  memahami aplikasi pembaca buku digital.


B. Materi Pokok








Hasil gambar untuk gambar buku digital

1. Pengertian Buku Digital

Buku digital atau buku elektronik, disingkat e-book, atau ebook, adalah bentuk digital dari buku cetak. Buku cetak pada umumnya terdiri atas setumpuk kertas dijilid yang berisi teks atau teks dan atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang dapat berisi teks, gambar, audio, video, yang dapat dibaca di komputer, laptop, tablet, atau smartphone.
Teknologi digital memungkinkan menyimpan, membawa, dan membaca buku hanya dengan peralatan “kecil” saja, lebih kecil dari ukuran bukunya itu sendiri.
Banyak perangkat komunikasi yang dapat digunakan sebagai alat baca buku digital seperti Feature phone, Smartphone, dan Tablet

2. Fungsi dan Tujuan Buku Digital

a. Fungsi
1) Sebagai salah satu alternatif media belajar.
Berbeda dengan buku cetak, buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya                       sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan membuat pembelajaran                         menjadi lebih menyenangkan.
2) Sebagai media berbagi informasi.
Dibandingkan dengan buku cetak, buku digital dapat disebarluaskan secara lebih mudah,                      baik  melalui media seperti website, kelas maya, email dan media digital yang lain.                              Seseorang dengan mudah dapat menjadi pengarang serta penerbit dari buku yang dibuatnya                sendiri.

b. Tujuan

Ada beberapa tujuan pengembangan buku digital:

  1. Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi, dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, pengarang tidak perlu mendatangi penerbit untuk menerbitkan bukunya. Ia cukup berkunjung ke salah satu laman toko buku daring dan mendistribusikan bukunya secara mandiri.
  2. Melindungi informasi yang disampaikan.
    Berbeda dengan buku fisik yang dapat rusak, basah, ataupun hilang, buku digital yang berupa data di komputer terlindungi dari masalah-masalah tersebut. Andaikata data tersebut hilang, pengguna dapat dengan mudah mencari penggantinya baik dari internet maupun meminta kembali pada pembuat buku.
  3. Mempermudah proses memahami materi ajar. Dalam perangkat lunak buku digital, Guru dapat memberikan catatan tertentu pada materi, mencari kata atau kalimat tertentu dalam materi, menampilkan file multimedia (audio dan video) yang dapat diputar untuk memperkaya konten buku. Hal tersebut sangat membantu siswa memahami materi ajar dengan lebih baik dan lebih cepat.

3. Jenis Format Buku Digital

Berikut beberapa format yang tersedia untuk buku dalam format digital


  • AZW –

    Amazon World. Sebuah format proprietary Amazon, yang menyerupai format MOBI kadang-kadang dengan dan kadang-kadang tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format ini dikhususkan untuk Kindle Amazon.

  • EPUB –
    Electronic Publication. Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (idpf). EPUB mengacu kepada standar XHTML dan XML. Ini adalah standar yang sedang berkembang. Spesifikasi untuk EPUB dapat ditemukan di situs web IDPF, Adobe, Barnes & Noble, dan Apple, masing-masing memiliki DRM mereka sendiri. Format tersebut tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya. Saat ini sudah ada versi terbaru yaitu ePub 3, tetapi belum digunakan secara luas.

  • KF8 –

    Format Kindle Fire dari Amazon. Hal ini pada dasarnya sama dengan prinsip ePub yang disusun dalam pembungkus Palm File Database (PDB) dengan Digital Right Management (DRM) milik Amazon.

  • MOBI –

    Format MobiPocket, ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengkonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt file ke format ini. Kindle menampilkan format mobipocket juga.

  • PDB –

    Palm File Database. Dapat menyertakan beberapa format buku digital yang berbeda, yang ditujukan untuk perangkat berbasiskan sistem operasi Palm. Pada umumnya digunakan untuk buku digital berformat PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader juga.

  • PDF –

    Portable Document Format yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Format ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkat lunak untuk format ini hampir mencakupi semua platform komputer dan perangkat genggam. Beberapa perangkat memiliki masalah dengan PDF karena kebanyakan konten yang tersedia akan ditampilkan baik untuk format A4 atau surat, yang keduanya tidak mudah dibaca ketika diperkecil sesuai layar kecil. Beberapa aplikasi pembaca buku digital dapat menyusun ulang tampilan beberapa dokumen PDF, termasuk Sony PRS505, untuk mengakomodasi layar kecil.

  • PRC –

    Palm Resource File, Sering menyertakan alat baca Mobipocket tetapi kadang-kadang menyertakan eReader atau alat baca AportisDoc.

  • HTML –

    Hyper Text Markup Language adalah tulang punggung dari World Wide Web. Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini. Selain itu, beberapa pembaca e-book mendukung Cascading Style Sheets (CSS) yang pada dasarnya gaya utama panduan untuk halaman HTML.

  • CHM –

    Compressed HTML, sering digunakan untuk file bantuan Windows. Hal ini telah menjadi sangat populer untuk distribusi teks dan bahan pendukung lainnya melalui Web.

  • XHTML –

    versi khusus dari HTML dirancang agar sesuai dengan aturan konstruksi XML. Ini adalah format standar untuk data epub.

  • XML –

    tujuan umum markup language untuk pertukaran data. Dalam konteks digital book umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed meskipun beberapa format lain yang telah ditetapkan.
  • Untuk lebih lengkapnya dapat diakses pada laman berikut

http://wiki.mobileread.com/wiki/E-book_formats

4. Pemilihan Format Buku Digital

Pertimbangan pemilihan format buku digital book yang akan digunakan pada buku ini mengacu kepada beberapa hal sebagai berikut.

Gambar terkait



Gambar V.2 Logo ePub

a. Memanfaatkan ketersediaan perangkat
Ketersediaan perangkat pendukung (seperti telepon seluler) yang beredar di Indonesia dan jumlah     penggunanya yang sangat besar. Jumlah tersebut belum termasuk pengguna laptop, tablet, dan             smartphone. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan buku digital melalui perangkat                 tersebut.

b. Ukuran tampilan aplikasi alat baca buku digital
Format PDF tidak akan menjadi masalah apabila dibaca menggunakan komputer maupun laptop,       namun karena ditujukan untuk perangkat bergerak/telepon seluler yang memiliki ukuran layar yang     bervariasi, maka diperlukan format yang dapat menyesuaikan dengan tampilan layar.
c. Format yang didukung secara luas.
Penggunaan format yang hanya mendukung satu perangkat tertentu akan membuat ketergantungan     pada satu teknologi pendukung saja. Oleh karena itu,

dalam hal pemilihan format, hal yang perlu dipertimbangkan adalah penggunaan format yang mendapat dukungan secara luas, baik untuk pembuatannya maupun aplikasi alat bacanya.

Electronic publication (ePub) merupakan salah satu format buku digital yang disepakati oleh International Digital Publishing Forum (IDPF) pada Oktober 2011. ePub menggantikan peran Open eBook sebagai format buku terbuka. Epub terdiri atas file multimedia, html5, css, xhtml, xml yang dikemas dalam satu file.
Sebagai format yang tidak mengacu kepada salah satu pengembang tertentu, ePub dapat dibaca di pelbagai perangkat, seperti: komputer (AZARDI, Calibre, plugin firefox, plugin google chrome), Android (FBReader, Ideal Reader), iOS (ireader), Kobo eReader, Blackberry playbook, Barnes and Noble Nook, Sony Reader, dan berbagai perangkat lainnya. Format ePub mendukung penyesuaian tampilan teks sesuai dengan ukuran layar kecil untuk perangkat tertentu. Pada format EPUB 3.0 sudah dimungkinkan menyertakan fitur audio maupun video serta animasi ke dalam buku digital.
Format ePub merupakan salah satu format buku digital yang paling populer saat ini. Berbagai kelebihan yang ditawarkan telah menjadikan ePub sebagai salah satu format buku digital yang paling banyak digunakan. Fitur-fiturnya antara lain:

  • format terbuka dan gratis;
  • berbagai alat baca ePub yang telah tersedia di pelbagai perangkat;
  • berbagai perangkat lunak pembuat ePub telah tersedia;
  • dukungan (support) untuk video dan audio;
  • reflowable (word wrap), dan pengaturan ukuran teks;
  • dukungan untuk Digital Rights Management (DRM), dan
  • styling Cascading Style Sheet (CSS).

5. Aplikasi Pemformatan Buku Digital

Aplikasi yang digunakan untuk menyusun buku digital dengan format ePub adalah:

  • aplikasi pengolah kata yaitu Libre Office atau MS Office;
  • aplikasi pengolah gambar yaitu GIMP atau Adobe Photoshop;
  • aplikasi audio editor yaitu Audacity/format factory;
  • aplikasi video editor yaitu Avidemux/format factory;
  • aplikasi ePub editor yaitu Sigil.

Aplikasi ePub editor Sigil

Sigil adalah sebuah perangkat lunak editor untuk ePub yang bersifat open source. Beberapa fitur dari Sigil adalah sebagai berikut.

  • Gratis dan Open Source dengan lisensi GPLv3
  • Multiplatform: dapat dijalankan di Windows, Linux dan Mac
  • Multiple view: Book view, Code View dan Preview
  • Dapat langsung mengedit tampilan epub di book view
  • Generator daftar isi dengan support untuk heading multi-level
  • Editor metadata
Baca Juga:  Yang Tidak Termasuk Polimer Adalah ....

Sigil sudah mendukung import file video dan audio semenjak versi 0.7.0. Dalam buku ini kita akan menggunakan Sigil versi 0.7.2. Untuk mengunduh Sigil, siswa dapat meng-akses websitenya di https://code.google.com/p/sigil/.

Hasil gambar untuk gambar tampilan awal sigil



Gambar V.3 Tampilan Awal Sigil

Panel sebelah kiri merupakan file browser untuk file-file yang terdapat di dalam epub, panel tengah merupakan editor, dan panel sebelah kanan untuk daftar isi dari dokumen epub yang sedang dikerjakan.
File instalasi perangkat lunak Sigil dapat ditemukan dapat diunduh pada laman Sigil. Proses instalasi perangkat lunak Sigil sebagai berikut.

Hasil gambar untuk gambar proses instalasi sigil

Hasil gambar untuk gambar proses instalasi sigil

                                          Gambar V.4 Proses Instalasi Perangkat Lunak Sigil

6. Aplikasi Alat Baca Buku Digital

Format ePub membutuhkan aplikasi alat baca. Daftar aplikasi alat baca buku digital dapat diurutkan berdasarkan platform dan sistem operasinya. Platform yang dimaksud seperti komputer, laptop, tablet, dan smartphone.
a. Komputer/laptop
Pada komputer maupun laptop, aplikasi yang digunakan dikategorikan berdasarkan sistem operasi:

  • Microsoft Windows dapat menggunakan perangkat lunak seperti Calibre eBook Viewer, Azardi;
  • Apple MacOs dapat menggunakan perangkat lunak seperti iBooks, Calibre eBook Viewer, dan Azardi;
  • Linux dapat menggunakan perangkat lunak Okular, Calibre eBook Viewer ,dan Azardi.

b. Tablet dan Smartphone
Pada Tablet dan Smartphone, aplikasi yang digunakan dikategorikan berdasarkan sistem operasi:

  • Apple iOS dapat menggunakan perangkat lunak iBooks;
  • Google Android dapat menggunakan perangkat lunak Moon+Reader, Ideal reader, Aldiko, dan FBReader;
  • Blackberry OS dapat menggunakan perangkat lunak EPub reader yang bisa diunduh di Blackberry.

c. Telepon Seluler
Pada telepon seluler dan feature phone tersedia aplikasi Albitreader.
Idealnya, sebuah format ePub rata-rata berjalan stabil dan banyak digunakan pada perangkat alat       baca Tablet dibandingkan dengan perangkat alat baca lainnya.

C. Rangkuman

Buku digital atau e-book merupakan sebuah buku elektronik yang terdiri atas teks, gambar, video, maupun suara, dan diterbitkan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun perangkat elektronik lainnya, memiliki jenis file yang beragam seperti ePub, Pdf, Azw, Mobi, KF-8 dll.

D. Tugas

1. Carilah perbedaan buku digital dengan format ePub dan format Pdf, diskusikan dan simpulkan!
2. Carilah artikel di internet tentang 3 jenis format buku digital yang sedang banyak digunakan!
3. Carilah definisi dari feature phone, smartphone, dan tablet.


E. Tes Formatif


Jawablah pertanyaan di bawah ini! Apabila ada pertanyaan yang belum bisa Anda jawab, bacalah kembali uraian di atas.
1. Jelaskan Pengertian buku digital, fungsi, dan tujuannya!
2. Jelaskan minimal 3 jenis format buku digital beserta perangkat lunak alat bacanya!
Sudahkah Anda menguasai seluruh materi di atas?

F. Lembar Jawaban Tes Formatif

1. Buku digital adalah.
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
2. 3 Jenis format buku digital yaitu.
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….

G. Lembar Kerja Siswa

…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………

Kegiatan Belajar ke-36: Persiapan Materi Buku Digital

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu.

  • memilih konten dalam bentuk dokumen teks yang akan digunakan.
  • memilih konten dalam bentuk gambar, video dan audio
  • menghasilkan file berformat HTML
  • menghasilkan file gambar berformat JPEG
  • menghasilkan file audio berformat MP3
  • menghasilkan file video berformat MP4

B. Materi Pokok

1. Penyiapan Materi

Pada proses penyiapan materi untuk dikonversi menjadi buku digital, hal yang perlu diperhatikan adalah memberi pemahaman kepada siswa bahwa pembaca buku digital memiliki kebebasan mengakses isi buku sesuai dengan apa yang dicari dan dapat dibaca secara acak/tidak runtut. Oleh karena itu penyiapan materi harus diupayakan agar bagian dari isi buku dapat berdiri sendiri atau bersifat modular. Sifat ini meminimalkan ketergantungan antara bab yang satu dengan yang lain.
Pertimbangkan juga perangkat yang akan digunakan oleh pembaca. Pembaca yang menggunakan feature phone tidak dapat menampilkan ePub yang menyertakan video maupun audio.

2. Mengatur tata letak (layout) dokumen

Sebelum diformat, bahan ajar dalam bentuk dokumen harus terlebih dahulu disesuaikan formatnya dengan cara melakukan beberapa pengaturan.

a. Mengatur Gambar
Gambar perlu diatur sehingga tampil dengan baik ketika dikonversi ke file ePub. Beberapa hal yang perlu diatur dalam menyiapkan gambar adalah sebagai berikut:
o Format gambar sebaiknya dalam tipe JPEG                                                                                        Semua gambar di dalam file teks harus menggunakan format JPEG. Salah satu cara memastikan          foto tersebut tersimpan dalam format JPEG adalah dengan melihat tipe file (file type) pada                  explorer, apakah sudah dalam bentuk JPEG Image. Jika masih dalam bentuk lain, misalnya                  Bitmap Image, maka mengubah file type gambar menjadi JPEG Image dapat dilakukan dengan           membuka file foto tersebut menggunakan aplikasi lain semisal GIMP, Adobe Photoshop atau               Paint.
o Gambar
Gambar harus berada dalam posisi in line with text. Untuk mengubah semua pengaturan tata letak (layout) gambar menjadi in line with text dapat dengan cara klik kanan gambar  Wrap text  In line with text pada perangkat lunak pengolah kata.


Hasil gambar untuk gambar pengaturan gambar dalam buku digital

                                                      Gambar V.5 Pengaturan Gambar

o Equation atau gambar rumus
Equation maupun rumus yang berada pada dokumen sebaiknya diubah dalam bentuk gambar. Hal ini untuk menghindari tata letak yang berantakan akibat proses konversi ke format ePub

b. Mengatur Tabel
Tampilan tabel dalam ePub harus diperhatikan, dikarenakan alat baca ePub yang beragam baik dari sisi perangkatnya maupun perangkat lunak. Tampilkan informasi secukupnya pada tabel, dan potong kolom sesuai kebutuhan jika dirasa data yang ditampilkan terlalu panjang.
Untuk pengaturan lebar tabel, buatlah menjadi relative, untuk melakukannya pada Ms. Word: tempatkan kursor dalam sel tabel dan klik kanan. Sebuah jendela pop-up akan muncul dan pilih table properties.

                                Gambar V.6 Pengaturan Tabel

Centang preffered width pada tab table, kemudian ubah properti Measure in menjadi percent, dan terakhir ubah lebar menjadi 100%. Hal ini akan memastikan tabel ditampilkan selebar layar pada semua perangkat pembaca epub nantinya.

c. Mengatur Audio
Format file audio yang dapat digunakan untuk buku digital adalah mp3. Untuk mengubah format file selain mp3 menjadi format mp3 dapat menggunakan perangkat lunak format factory.
Langkah-langkah menyiapkan video dalam format mp3 untuk buku digital adalah sebagai berikut

.

Hasil gambar untuk gambar pengaturan tabel dalam buku digital

Hasil gambar untuk gambar pengaturan tabel dalam buku digital

                                                           Gambar V.7 Proses Konversi Audio

d. Mengatur Video
Seringkali materi pembelajaran memerlukan penjelasan yang lebih rinci dari pada sekedar teks dan gambar. Rekaman video merupakan salah satu sumber belajar yang relatif mudah untuk dibuat ataupun dicari di internet.
Format video yang didukung oleh epub adalah mp4, sehingga format video lainnya harus diubah menjadi format mp4. Dalam kasus ini, Anda akan menggunakan
perangkat lunak Format Factory.

Penggunaan Format Factory cukup mudah, dari halaman awal, pilih video  all to mp4, add file, kemudian pilih video yang ingin diubah menjadi format mp4. Langkah-langkah menyiapkan video dalam format mp4 untuk buku digital adalah sebagai berikut.
DRAF BUKU SISWA SIMULASI DIGITAL | SEAMOLEC – 7 Maret 2014
(a) Buka Format Factory, kemudian pilih all to mobile device
(b) Setelah itu atur Bitrate (KB/s) menjadi 800 KB/s
(c) Untuk menambahkan video tekan tombol Add File
(d) Tekan tombol Start untuk memulai konversi
(e) File yang sudah berhasil dikonversi akan berada di folder My Documents  FFOutput
Gambar V.8 Proses Konversi Video
e. Menghilangkan formatting standart
Yang dimaksud dengan formatting standard di sini adalah format text layout pada dokumen word yang harus mengikuti ketentuan-ketentuan layout sehingga ketika dilakukan proses konversi ke format ePub, layout, atau tampilan yang tidak sesuai dapat dihilangkan. Adapun beberapa ketentuan dalam format text layout pada dokumen word yang harus dihilangkan atau diubah adalah sebagai berikut.
DRAF BUKU SISWA SIMULASI DIGITAL | SEAMOLEC – 7 Maret 2014
 Pastikan pemberian halaman otomatis (page number) pada setiap halaman di hilangkan.
 Pastikan dokumen halaman tidak menggunakan header dan footer
 Pastikan setiap rumus yang dibuat (antara lain menggunakan equation editor) diubah menjadi format gambar
 Pastikan setiap tabel dibuat menjadi format gambar
C. Rangkuman
D. Tugas
1. Cari perangkat lunak open source dan konversikan file audio ke format mp3 dan video ke format mp4!
2. Sebutkan dan jelaskan format audio dan video yang dapat diputar pada buku digital!
E. Tes Formatif
Jawablah pertanyaan di bawah ini! Apabila ada pertanyaan yang belum dapat Anda jawab, bacalah kembali uraian di atas.
1. Sebutkan dan jelaskan secara singkat langkah-langkah menyiapkan bahan materi rekaman audio dan rekaman video!
2. Mengapa rumus atau equation harus dijadikan gambar terlebih dahulu sebelum dikonversi!
Sudahkah Anda menguasai seluruh materi di atas?
 Sebelum mengonversi file berformat Word ke dalam format buku digital, dilakukan persiapan yang matang: menyusun daftar isi, menyiapkan format gambar, mengatur tabel, menyiapkan file audio dan video dalam format yang sesuai.
 Dokomen yang dapat dibaca secara baik pada hampir semua peralatan (komputer, tablet, smartphone) adalah file gambar dengan tipe JPEG, file audio dengan tipe mp3, file video dengan tipe mp4.

DRAF BUKU SISWA SIMULASI DIGITAL | SEAMOLEC – 7 Maret 2014
F. Lembar Jawaban Tes Formatif
1. Langkah-langkah menyiapkan bahan materi rekaman audio dan video sebagai berikut
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
2. Rumus atau equation harus dijadikan gambar terlebih dahulu karena.
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
G. Lembar Kerja Siswa
…………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………

Baca Juga:  Yang Bukan Fitur Dari Kelas Virtual Adalah

Kegiatan Belajar ke-37: Pemformatan Materi Dalam Buku Digital
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu:
 Menjelaskan langkah-langkah pemformatan ePub
 Menjelaskan langkah-langkah membaca buku digital
 Memasukan file HTML ke dalam aplikasi buku digital
 Menyisipkan file audio Mp3 ke dalam aplikasi buku digital
 Menyisipkan file video MP4 ke dalam aplikasi buku digital
 Menentukan sampul buku
 Membuat indentasi dan daftar isi
 Membuat metadata editor
B. Materi Pokok a. Pengembangan ePub Proses pengembangan ePub dapat dilakukan dengan lebih mudah jika materi bahan ajar telah dibuat dalam format dokumen terlebih dahulu. Terdapat 3 tahap pengembangan ePub yang dibahas dalam kegiatan belajar ini. 1. Konversi materi menjadi ePub Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pengembangan buku digital adalah perubahan materi yang dimiliki menjadi format ePub. Materi yang dapat diubah menjadi format ePub adalah materi dalam bentuk word atau pdf. 1) Konversi file word ke file html Sebelum diubah menjadi HTML, pastikan dokumen tersebut telah disiapkan sesuai dengan langkah menyiapkan materi sebelum diubah menjadi buku digital, simpan dokumen menjadi html dengan cara: File  save as  web page filtered.

Hasil gambar untuk gambar proses penyimpanan dokumen html

                                                  Gambar V.9 Proses Penyimpanan Dokumen HTML

DRAF BUKU SISWA SIMULASI DIGITAL | SEAMOLEC – 7 Maret 2014
Pastikan yang dipilih adalah tipe web page filtered. Jika dipilih tipe web page
akan menghasilkan keluaran .html yang memiliki sintaks yang tidak biasa
digunakan pada halaman web.
2) Konversi pdf ke ePub
Buka aplikasi Calibre dan tekan tombol add books.
Sebuah jendela pop-up akan tampil untuk mengarahkan Anda memilih pdf yang
akan dibuat. Pilih File tersebut lalu tekan tombol open kemudian pilih file yang
akan ditambahkan ke calibre.
Gambar V.10 Jendela Pop-Up Untuk Memilih File Html Pada Calibre
Mengkonversi files Anda
Pilih file Anda dan klik Convert E-books.
Pada jendela pop-up yang muncul di drop
down box di sisi kanan pastikan
bahwa Output format yang dipilih adalah
EPUB.

                                                Gambar V.11 Tombol Konversi
DRAF BUKU SISWA SIMULASI DIGITAL | SEAMOLEC – 7 Maret 2014
Gambar V.12 Jendela Pop-Up Untuk Menkonversi File Pdf
Pilih tab EPUB Output dan tandai (centang) kotak Do not split on page breaks
dan No default cover. Kemudian pilih OK
Gambar V.13 Jendela Pop-Up untuk menyesuaikan konfigurasi output Epub
Hal tersebut merupakan langkah-langkah yang Anda butuhkan untuk menyusun
dan mengubah (konversi) ePub dari file PDF.
b. Memberi Identitas Buku
Untuk memberikan identitas buku digital seperti kolofon, sampul buku, indentasi
dapat digunakan perangkat lunak Sigil. Langkah awal yang harus dilakukan adalah
membuka file html yang telah dikonversi ke dalam Sigil dengan cara Sigil  File 
Open, kemudian pilih html yang telah dibuat.
DRAF BUKU SISWA SIMULASI DIGITAL | SEAMOLEC – 7 Maret 2014
Gambar V.14 Tampilan Awal Perangkat Lunak Sigil Setelah itu pastikan tidak ada kesalahan di dalam dokumen tersebut, hapus spasi yang berlebih serta pastikan gambar sudah pada tempatnya.
1) Memberikan Sampul Buku Sampul buku dalam buku digital muncul pada tampilan utama perangkat lunak pembaca buku digital bersama informasi lainya seperti judul buku dan nama pengarang seperti gambar di bawah ini

Hasil gambar untuk gambar contoh library pembaca buku digitalHasil gambar untuk gambar contoh library pembaca buku digital

Gambar V.15 Contoh Library Pembaca Buku Digital Untuk membuat sampul buku, Anda perlu menyiapkan sebuah file gambar yang akan digunakan sebagai halaman sampul. Jika gambar yang ingin digunakan sebagai sampul buku sudah terdapat di dalam dokumen html, anda dapat menunjuknya sebagai halaman sampul dengan cara berikut ini.
Images  pilih gambar  klik kanan  add semantic  cover image.
Jika gambar belum tersedia, Anda dapat menambahkan file gambar tersebut dengan cara klik kanan images  add existing files  pilih gambar.

Gambar V.16 Memasukkan Sampul Buku Menu Tools  add cover
Cara lain untuk menambahkan halaman sampul dengan menggunakan menu tools kemudian pilih menu add cover.
Gambar V.17 Memasukkan Sampul Buku Melalui Tools Setelah menu add cover dipilih maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini

Gambar V.18 Memasukkan Gambar untuk Sampul Untuk mencari gambar yang kita inginkan tekan tombol other files dan akan muncul halaman untuk mencari file gambar yang ingin kita jadikan sampul seperti gambar berikut.
Gambar V.19 Mencari Gambar Untuk Sampul Pilih gambar yang akan dijadikan sampul dan tekan tombol open.
2) Kolofon dan Metadata Kolofon adalah catatan penulis, umumnya pada akhir naskah atau terbitan, berisi keterangan mengenai tempat, waktu, dan penyalin naskah. Kolofon pada buku digital sama dengan metadata.
Metadata merupakan sebuah informasi yang mendeskripsikan sebuah file. Pada epub, metadata berfungsi memberikan informasi pada sebuah buku: judul, nama pengarang, tahun penerbitan, bahasa, ISBN, penerbit, kategori, deskripsi, dll.
Untuk masuk ke jendela metadata, dari sigil  Tools  Metadata editor, atau tekan tombol F8. Setelah itu silahkan masukkan judul (Title), pengarang (author), serta untuk menambahkan properti lainnya seperti penerbit, tahun terbit, dll silahkan tekan tombol add basic, dan kemudian ubah valuenya.

Gambar V.20 Tampilan Metadata Editor
3) Memberikan Indentasi dan Daftar Isi pada Buku Digital Indentasi adalah bagian paragraf yang menjorok ke dalam pada baris-baris paragraf. Indentasi adalah bagian dari pembuatan daftar isi. Daftar isi merupakan cara utama pengguna melakukan navigasi di dalam dokumen ePub. Pengguna dapat langsung membuka bagian dokumen yang ingin dibaca dengan menggunakan daftar isi tanpa harus membuka tiap-tiap halaman, sistem yang mirip dengan hyperlink di halaman web. Sigil memiliki fitur untuk membuat daftar isi secara otomatis. Hal yang perlu dipersiapkan hanyalah menentukan header setiap bab yang ingin dimasukkan di dalam daftar isi. Jika dokumen word yang digunakan telah menggunakan styling, maka dokumen telah terformat secara otomatis, tetapi jika belum, maka pengguna harus menentukan header di Sigil. Dengan cara: Tempatkan cursor di kalimat topik/subtopik  pilih header
Gambar V.21 Pengaturan Indentasi
Dapat dilihat di gambar kiri, cursor (lingkaran merah) terletak di kalimat Konversi word ke HTML, yang ditetapkan sebagai h2 (header 2, persegi merah), sedangkan isi paragraf di gambar kanan (lingkaran merah) diberikan styling

p/(paragraf, persegi merah). h1 menandakan topik utama, h2 subtopik, h3 sub-subtopik, dst. Simbol p menandakan isi paragraf yang tidak dimasukkan ke dalam daftar isi. Untuk membuat daftar isi di readium cukup dengan masuk ke tools  table of content  generate table of content  OK.
Gambar V.22 Pengaturan Daftar Isi
c. Memasukkan file multimedia
Sejak versi 7.0, Sigil telah mendukung import file rekaman video dan rekaman suara ke dalam dokumen epub. Untuk saat ini format yang telah didukung oleh epub adalah:
 Video: (mp4, webm)
 Audio: (mp3, wav, ogg)
Jika ingin memasukkan video dalam format lainnya ke dalam buku, digital, Anda dapat menggunakan software konversi video, salah satunya adalah dengan menggunakan software gratis, Format Factory (www.pcfreetime.com) atau avidemux.
Untuk memasukkan file video/audio cukup dengan menempatkan cursor mouse di tempat yang Anda inginkan, kemudian lakukan salah satu dari dua cara berikut.
1) Klik kanan  insert file  other file  pilih audio/video yang diinginkan. Maka akan muncul tampilan pemutaran video/audio di jendela editor seperti di bawah ini.

Gambar V.23 Memasukkan File Audio/Video
Setelah itu pilih file  save as untuk menyimpan dokumen Anda sebagai epub.
2) Klik gambar
Klik other file pada tampilan Insert File seperti gambar di bawah ini.
Gambar V.24 Tampilan Jendela Insert File
3) Pada jendela Add Existing Files pilih video yang anda inginkan
Gambar V.25 Tampilan Jendela Add Existing File

Apabila tampilan sudah seperti gambar di bawah ini berarti add audio atau video Anda sudah berhasil.
Gambar V.26Tampilan File Video Sudah Berhasil Disisipkan
d. Langkah-langkah Membaca Buku Digital
Terdapat berbagai macam perangkat lunak (software) untuk membaca epub, namun hanya sebagian yang dapat memutar file multimedia, antara lain:
– Melalui komputer :
 aplikasi desktop -> GHP Reader
 Google Chrome -> Readium -> install dari chrome store -> beberapa video tidak dapat diputar
– Melalui tablet / smartphone:
 Android -> Ideal Reader atau moon+reader -> install dari google play
 iOS -> iBooks
(a) Buku digital pada plugin readium

(b) Buku digital di Android (ideal reader)
(c) Buku digital di iPhone (iBooks)
Gambar V.27 Perangkat Lunak Pembaca Buku Digital
a) Membaca buku digital melalui Readium
Untuk melakukan instalasi plugin Readium di Google Chrome, cukup buka halaman web http://readium.org dari Google Chrome, kemudian tekan tombol “install from chrome web store”, dan pilih “add”.
Gambar V.28 Memasang Plugin Readium
Untuk mengakses Readium, ketikkan chrome://apps/ di address bar Google Chrome Anda, dan silahkan pilih Readium dari daftar aplikasi Google Chrome Anda.

Baca Juga:  Organel Sel Semiotonom Yang Memiliki Dna Dan Ribosom Adalah

Gambar V.29 Icon Readium Yang Sudah Terinstall
Untuk menambahkan buku ke dalam readium, tekan tombol “add new book” di pojok kanan atas Google Chrome, maka buku akan ditambahkan ke dalam pustaka Readium.
Gambar V.30 Tampilan Buku-Buku Digital di Readium
Untuk mulai membaca buku, silahkan klik di gambar buku atau tombol “read”.
Gambar V.31 Tampilan Buku Digital Ketika di Buka
C. Rangkuman
 Proses pengembangan buku digital dilakukan dengan cara:
(a) mengkonversi buku digital menjadi format ePub,
(b) memberi identitas buku dan
(c) memasukkan file multimedia ke dalam ePub.
 Untuk membaca buku digital menggunakan media komputer dapat digunakan Readium plugin pada Google chrome, sedangkan dengan media tablet/smartphone dapat menggunakaan iBooks Reader (iOS), Ideal reader dan moon+reader (android)

D. Tugas
1. Tambahkan plugin alat baca ePub open source pada browser selain Google Chrome!
2. Diskusikan perbedaan tampilan buku digital ketika dibaca di Tablet dan Smartphone
E. Tes Formatif
Jawablah pertanyaan di bawah ini! Apabila ada pertanyaan yang belum bisa Anda jawab, bacalah kembali uraian di atas.
1. Jelaskan secara singkat langkah-langkah pengembangan buku digital dalam format ePub!
2. Sebutkan format audio dan video yang dapat diputar pada buku digital!
Sudahkah Anda menguasai seluruh materi di atas?
F. Lembar Jawaban Tes Formatif
1. Langkah-langkah pengembangan buku digital dalam format ePub sebagai berikut.
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
2. Tampilan buku digital berbeda-beda pada komputer, tablet dan Smartphone karena.
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
DRAF BUKU SISWA SIMULASI DIGITAL | SEAMOLEC – 7 Maret 2014
G. Lembar Kerja Siswa
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………

Kegiatan Belajar ke-38: Publikasi Buku Digital
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu:
 Menyebutkan proses publikasi dokumen digital
 Mengidentifikasi nama-nama toko buku digital
 Mengunggah dokumen digital ke toko buku digital
 Mengenalkan hasil karya melalui jejaring sosial
B. Materi Pokok
1. Proses Penerbitan Buku Digital
Proses penerbitan buku digital pada dasarnya sama dengan penerbitan buku cetak. Berikut adalah perbandingan proses penerbitan buku cetak dan buku digital.
Kegiatan publikasi
Buku cetak
Buku digital
 Penulis mengajukan ke penerbit, sekaligus menyerahkan draft naskah
 Bila disetujui, penerbit akan mengatur perjanjian dan menunjuk editor




DRAF BUKU SISWA SIMULASI DIGITAL | SEAMOLEC – 7 Maret 2014
 Draft naskah sesudah diperiksa editor akan diserahkan kembali kepada penulis untuk penyempurnaan
 Setelah draft selesai, penerbit akan menunjuk illustrator untuk membuat ilustrasi dan sampul buku dsb.
 Penerbit mengurus hak cipta(bila diperlukan) serta ISBN
 Proses pembuatan film
 Pencetakan buku
 Peluncuran/penerbitan buku
 Distribusi buku






Toko buku


 Tidak dilakukan
 Tidak dilakukan


toko buku online seperti QBaca,
NulisBuku dan Seamarket Seamolec
[√] dilakukan
2. Nama-Nama Penerbit Buku Digital
Toko buku daring yang dapat digunakan untuk mengunggah buku digital.
a. NulisBuku
Nulisbuku dengan alamat http://nulisbuku.com sebagai alternatif pilihan apabila penulis ingin menerbitkan bukunya. Nulisbuku memperkenalkan cara self-publishing yaitu penulis merangkap tugas sebagai penerbit yang bertanggung jawab penuh atas keseluruhan proses penerbitan bukunya, dari mulai menulis naskah, mendesain
DRAF BUKU SISWA SIMULASI DIGITAL | SEAMOLEC – 7 Maret 2014
sampul buku, dan tata wajah (layout) naskah, menentukan harga buku, distribusi
sampai dengan memasarkan buku. Nulisbuku menerima semua bentuk naskah, baik
berupa puisi, novel, komik, novel grafis, selama tidak mengandung unsur SARA dan
pornografi. Salah satu keunikan nulisbuku adalah penulis dapat menentukan sendiri
harga jual bukunya sendiri (tentunya royalti tiap buku juga ditentukan sendiri oleh
penulis).
b. QBaca
QBaca dengan alamat website http://qbaca.com merupakan salah satu toko buku
digital yang menyediakan koleksi buku-buku digital dari berbagai penerbit, baik buku
gratis maupun buku berbayar. Aplikasi pembaca QBaca tersedia untuk perangkat
Android serta Apple iOS di handphone atau tablet. QBaca saat ini menerapkan
format EPUB 3 sebagai format digitalnya.
c. Seamarket Seamolec
SEA Market Appstore merupakan situs yang menampung aplikasi-aplikasi lokal yang
menjadi mediaperantara bagi para pengembang dengan konsumen. Aplikasi dapat
diakses dengan mengunjungi alamat http://seamarket.seamolec.org.
3. Memublikasikan Buku Digital di Toko Buku Digital
Salah satu langkah mengunggah buku digital di toko buku daring dapat menggunakan
Seamarket Seamolec pada halaman web http://seamarket.seamolec.org
a. Membuat Akun Toko Buku
Akun pada aplikasi seamarket dapat
didaftarkan dengan mengisikan data
pribadi pengguna dan menyertakan
alamat email pengguna. Pengguna
dapat pula mendaftarkan akunnya
dengan bantuan fitur facebook connect
maupun twitter connect dalam
mempermudah proses registrasi.

Gambar V.32 Membuat Akun SEAMarket

1) Registrasi
Berikut adalah langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan pendaftaran seamarket seamolec:
 Tekan tombol “Register” di sebelah atas kanan halaman situs
 Masukkan email, password pengguna dan ketikkan kembali password
 Tekan “Sign Up” dalam form untuk melakukan pendaftaran
 Verifikasi pendaftaran akun dengan menekan alamat yang telah dikirimkan sistem ke alamat email Anda.
 Jika konfirmasi berhasil, pada halaman situs akan muncul nama pengguna yang menandakan bahwa pengguna tersebut telah login
 Abaikan langkah di atas jika ingin registrasi menggunakan jejaring sosial (facebook/twitter).
2) Login
Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan login pada aplikasi seamarket seamolec.
 Masukkan email dan password pengguna, centang “keep logged in” untuk tetap login
 Untuk melakukan login tekan tombol “sign in” dalam form.
 Abaikan langkah di atas jika ingin login menggunakan akun jejaring sosial (facebook/twitter)
b. Mengunggah Buku
Penulis dapat mengunggah buku digital setelah membuat akun terlebih dahulu. Penulis dapat memberikan gambar screenshoot buku disertai detail dan harga.
1) Mengunggah Buku Digital
 Masuk ke halaman unggah aplikasi dengan menekan tombol navigasi “My Apps” kemudian pilih “Upload Apps”
 Untuk mengunggah installer aplikasi, klik tombol “Add files” pada panel “upload your application”
 Untuk mengunggah screenshoot aplikasi, klik tombol “add files” pada panel “add screenshoot”
 Jika telah dipilih tekan tombol start upload untuk memulai upload resource
DRAF BUKU SISWA SIMULASI DIGITAL | SEAMOLEC – 7 Maret 2014
 Sertakan informasi dasar seperti judul buku, harga kategori deskripsi dll.
 Tekan tombol “Submit Apps” untuk memroses pengunggahan
Gambar V.33 Memublikasikan Buku Digital di SEAMarket
2) Update Aplikasi Buku Digital
 Masuk ke halaman update aplikasi dengan memilih aplikasi yang ingin
diubah dengan menampilkan halaman aplikasi tertuju kemudian klik navigasi
‘Edit Apps’ pada panel sebelah kanan.
 Untuk meng-update installer aplikasi, hapus installer yang lama dengan
mengklik tombol ‘Delete’. Kemudian klik tombol ‘Add Files’ pada panel
‘Upload Your Application’ untuk mengganti installer yang lama.
 Untuk meng-update aplikasi screenshoot, klik tombol ‘Add Files’ pada panel
‘Add Screenshoot’ atau jika ada screenshoot yang ingin dihapus, klik tombol
‘Delete’ pada screenshoot yang dituju.
 Jika telah dipilih, klik start upload untuk memulai upload resource.
 Sertakan info dasar seperti nama aplikasi, harga, kategori, dan deskripsi.
 Klik tombol ‘Save Changes’ untuk menyimpan perubahan.
3) Lihat Halaman Aplikasi Buku Digital
Pada halaman utama SEAMarketAppstore, tampak berbagai aplikasi yang
ditampilkan berdasarkan aplikasi terbaru atau aplikasi dengan rate yang tinggi.
Pada SEA Market Appstore, halaman aplikasi terbagi menjadi 4 bagian, yakni
overview, detail, review, dan related apps.

Gambar V.34 Halaman Utama SEAMarket
C. Rangkuman
D. Tugas
1. Sebutkan etikat pembuatan buku digital yang Anda anggap dapat melanggar digital
citizenship!
2. Unggahlah salah satu karya buku digital Anda pada salah satu toko buku digital!
E. Tes Formatif
Jawablah pertanyaan di bawah ini! Apabila ada pertanyaan yang belum dapat Anda jawab,
bacalah kembali uraian di atas.
1. Apa yang dimaksud dengan penerbit digital dan sebutkan 4 penerbit digital yang Anda
ketahui!
 Penerbit buku digital pada dasarnya sama dengan penerbit
buku cetak. Perbedaan antara keduanya adalah pada bagian
publikasi/distribusi buku.
 Dalam penerbitan buku ada penulis, penerbit dan toko buku.
Ketika menerbitkan buku digital, Anda dapat menghubungi
penerbit atau toko buku.
 Untuk memublikasi / mengunggah buku digital ke toko buku
digital, Anda harus membuat akun kemudian dapat diunggah ke
toko tersebut.

2. Jelaskan langkah-langkah menerbitkan buku digital pada salah satu penerbit buku digital yang Anda ketahui!
Sudahkah Anda menguasai seluruh materi di atas?
F. Lembar Jawaban Tes Formatif
1. Penerbit buku digital adalah.
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
2. Langkah-langkah untuk menerbitkan buku digital sebagai berikut.
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
G. Lembar Kerja Siswa
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………

Salah Satu Aplikasi Pengolah Buku Digital Adalah

Sumber: http://ulanharichiintia.blogspot.com/2017/02/buku-digital.html