Sebutkan Tiga Contoh Kerajinan Dari Kayu Bambu Dan Rotan

Posted on

Sebutkan Tiga Contoh Kerajinan Dari Kayu Bambu Dan Rotan

Suara.com –
Salah satu jenis kerajinan yang populer di Indonesia adalah kerajinan dengan bahan keras. Penggunaan bahan dasar yang bersifat keras menjadi karakter tersendiri yang tersemat dalam kerajanan jenis ini. Bagaimana teknik membuat kerajinan bahan keras?

Apa itu kerajinan bahan keras? Teknik apa yang digunakan? Apa saja contohnya? Berikut adalah ulasan tentang teknik kerajinan bahan keras lengkap dengan definisi, dan contohnya.

Definisi Kerajinan Bahan Keras

Kerajinan bahan keras adalah salah satu jenis kerajinan yang cukup digemari, sesuai dengan namanya kerajinan ini menggunnakan bahan dasar kesenian menggunakan bahan dasar yang bersifat keras. Contohnya seperti kayu, rotan, bambu dan logam.

Baca Juga: 7 Manfaat Merajut bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Teknik Kerajinan Bahan Keras

Dalam membuat kerajinan yang menggunakan bahan keras diperlukan teknik khusus dalam proses pembuatannya, hal ini dikarenakan bahan dasar dalam pembuatan kerajinan tangan memiliki bahan keras. Menyadur dalam buku Pembelajaran Kearajinan Tangan dari Bahann Clay Tepung ada 4 teknik yang dapat digunakan untuk mengolah kerajinan bahan keras:

Berikut adalah 4 teknik yang dapat diterapkan pada pembuatan kerajinan bahan keras:

1.       Teknik Ukir

Teknik kerajinan bahan keras yang pertama adalah teknik ukir, teknik ini dilakukan dengan cara menggoreskan, memahat, mencungkil bagian dari bahan dasar tersebut hingga membentuk pola yang diinginkan. Teknik ini cocok diterapkan pada bahan keras, seperti kayu dan batu.

Baca Juga: Inspirasi Kerajinan Kayu untuk Hiasan Rumah

2.       Teknik Ukir Tekan

Teknik yang kedua ini cocok diterapkan utuk kerajinan dengan bahan keras seperti logam dan tembaga. Seorang pengerajin diharuskan untuk dapat menggunakan sebuah alat khusus yang diaplikasikan di atas permukaan sebuah plat dengna cara ditekan.

Baca Juga:  Contoh Penerapan Sifat Koligatif Dalam Kehidupan Sehari Hari

3.       Teknik Anyam

Teknik selanjutnya menjadi teknik yang paling familiar dalam membuat kerajinan tangan, teknik ini dapat diaplikasikan pada kerajinan dengan bahan dasar bambu dan rotan.

4.       Teknik Pahat

Teknik kerajinan bahan keras yang terakhir adalah teknik pahat, teknik ini dilakukan dengan cara mengurangi atau membuang beberapa bagian pada bahan dasar untuk dibentuk menjadi sebuah pola. Umumnya teknik jenis ini menggunakan alat bantu seperti palu, pahatan, kikir untuk kemudian diaplikasikan pada kerajinan dengan bahan dasar kayu.

Contoh Kerajinan Bahan Keras

Umumnya bahan dasar yang digunakan dalam membuat kerajinan bahan keras terbagi menjadi dua jenis, yakni bahan alami dan buatan. Berikut adalah beberapa contoh kerajinan dengan bahan keras:

  1. Batu
    Contoh: Patung, guci, hiasan dinding, hiasan kolam, kursi, lampu taman
  2. Kayu
    Contoh: Meja, kursi, peralatan dapur, peralatan makan, pajangan
  3. Rotan
    Contoh: Meja, kursi, piring, tas, alas dan perabot dapur
  4. Bambu
    Contoh: lonceng angin, kotak pensil, gelas, vas bunga, lampu hias, alat musik daerah
  5. Kaca
    Contoh: Lampu tidur, vas bunga, akuarium, pot tanaman
  6. Logam
    Contoh: Vas bunga, patung, miniatur kendaraan, simbal drum, kerajinan daur ulang

Demikian adalah ulasan tentang teknik kerajinan bahan keras dan beberapa contoh kerajinannya. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan baru untuk anda sekalian.

Kontributor :
Dhea Alif Fatikha

Akses instan ke jawaban di aplikasi kami

Dan jutaan jawaban atas pertanyaan lain tanpa iklan

Lebih pintar, unduh sekarang!

atau

Lihat beberapa iklan dan buka blokir jawabannya di situs


1.Tempo lagu Indonesia Raya adalah …. A.Di Marcia B.Con Bravura C.Andante D.Moderato 2.Lagu Tanah Airku diciptakan oleh …… A.C.Simanjuntak B.L.Manik C …

.H.Mutahar D.Ibu Sud 3.Nilai yang terkandung dalam lagu Tanah Airku adalah ……A.Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh B.Persatuan dan kesatuan memiliki arti kehidupan C.Menumbuhkan kesadaran untuk mencintai tanah air D.Penderitaan akibat penindasan 4.Nilai yang terkandung dalam lagu Rayuan Pulau Kelapa adalah ….. A.Negeri yang kaya dan elok B.Negeri yang aman,makmur,elok C.Negeri yang merdeka D.Negeri yang kucinta 5.Tinggi rendahnya suatu nada berdasarkan urutan tertentu yang berjenjang disebut …. A.Tangga nada B.Tanggga rumah C.Nada dan doa D.Nada tangga 6.Perhatika judul lagu berikut! 1.Ambilkan bulan bu 2.Menanam jagung 3.Naik Delman 4.Hari Merdeka Yang termasuk lagu wajib adalah nomor …. A.1 B.2 C.3 D.4 7.Tangga nada yang memiliki dua jarak tangga nada disebut ….. A.Tangga nada pentatonic B.Tangga nada diatonic C.Tangga nada pelog D.Slendro 8.Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonic yang susunan nada-nadanya ….. A.1/2 1 ½ 1 1 1 ½ B.1 1 ½ 1 ½ 1 ½ C.1 1 ½ 1 1 1 ½ D.1/2 1 ½ 1 ½ 1 ½ 9.Tangga nada yang hanya memiliki lima nada pokok disebut …. A.Pentatonis B.Diatonis C.Pelog D.Slendro 10.Lagu Indonesia Raya ada …… stanza A.1 B. 2 C. 3 D. 4​

Baca Juga:  Cabang Olahraga Lari Loncat Jeung Lempar Lemdomain_7


Bahan limbah yg tidak bisa di gunakan sebagai kerajinan bangun ruang


Apa saja barang atau tumbuhan di lingkungan kalian yang bisa menghasilkan warna untuk pembuatan batik jumputan?​?


Buatlah naskah teater dengan tema “Persatuan Indonesia”​


Refleksi Diri 1. Keragaman produk budi daya satwa harapan Indonesia dan di daerahmu sendiri. 2. Pemanfaatan sumber/referensi bacaan tentang evaluasi b …

udi daya satwa harapan.3. Kesulitan yang dihadapi saat mencari informasi dan pengamatan.4. Pengalaman dalam membuat produk budi daya satwa harapan mulai dari perencanaan, persiapan, proses dan pemasaran/pemanfaatan produk hasil budi daya. 5. Pembelajaran yang didapatkan/dirasakan sebagai individu.​


Dua dari peribahasa ini, memiliki makna yang serupa. Manakah itu? 1. Anda tidak dapat membuat dompet sutera dari kuping babi betina. 2. Orang yang men …

curi telur akan mencuri sapi 3. Batu yang berguling tidak akan mengumpulkan lumut. 4. Anda tidak mungkin menghancurkan kapal yang sudah rusak. 5. Ini ketidakmungkinan yang terjadi.​


batik di atas berasal dari daerah di Indonesia yaitu A Solo B Cirebon C Lasem D Papua​


Sebuah penampilan tari yang menggunakan iringan musik langsung oleh pemain musik adalah pengiring tari dengan jenis ringan​


salah satu tugas seksi acara dalam pergelaran adalah


beberapa hal yang harus dilakukan dalam membuat perencanaan pergelaran seni musik adalah


Apa perbedaan antara desa dan kelurahan dalam bidang mata pencarian


Apa yang dikatakan seorang prajurit yang meyalibkan yesus


Apa yang di maksud dengan karya allah memperbaharui kehidupan


Apakah musrembang dapat digolongkan sebagai salah satu bentuk kelembagaan dan forum komunikasi pemerintahan? kemukakan pendapat anda!


Ayat yesaya 11:3-5 coba jelaskan apa maknanya plisss ​


boleh tolong bantu artiin? makasih

Baca Juga:  Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 Halaman 165


Bagaimana cara memebuat orang yang malas beribadah ke gereja untuk beribadah


gamane petruk wujude​


gamane petruk wujude ​


Belum pernah tercatat ada kasus efek samping dari minum tanaman obat hal tersebut menunjukkan bukti bahwa tanaman obat

Sebutkan Tiga Contoh Kerajinan Dari Kayu Bambu Dan Rotan

Sumber: https://lovelyristin.com/sebutkan-contoh-kerajinan-yang-berbahan-dasar-kayu-bambu-dan-rotan