Senyawa Gas Mulia Yang Pertama Kali Disintesis Adalah

Posted on

Senyawa Gas Mulia Yang Pertama Kali Disintesis Adalah

Neil Bartlett -

Neil Bartlett adalah seorang ahli kimia yang mengkhususkan diri dalam fluor dan senyawa yang mengandung fluor. Ia terkenal karena menciptakan senyawa gas mulia.


Biografi

Neil Bartlett lahir pada 15 September 1932 di Newcastle upon Tyne, Inggris. Ia menjelajahi kimia dengan membangun laboratorium sementara di rumah orang tuanya menggunakan bahan kimia dan gelas yang ia dibeli dari toko pasokan lokal. Dia mengikuti pendidikan di King College, University of Durham (yang kemudian menjadi Newcastle University) di Inggris di mana ia memperoleh gelar Bachelor of Science (1954) dan kemudian gelar doktor (1958).

Pada tahun 1958, karir Bartlett mulai menanjak sebagai dosen kimia di University of British Columbia di Vancouver, BC, Kanada di mana ia akhirnya akan mencapai pangkat profesor penuh. Selama waktu di universitas ia membuat penemuan bahwa gas mulia memang cukup reaktif untuk membentuk ikatan. Pada tahun 1966, ia pindah ke Princeton University sebagai profesor kimia dan anggota staf penelitian di Bell Laboratories. Dia kemudian melanjutkan untuk bergabung dengan departemen kimia di University of California, Berkeley pada tahun 1969 sebagai profesor kimia hingga pensiun pada tahun 1993. Dia juga seorang ilmuwan staf di Lawrence Berkeley National Laboratory dari 1969 hingga 1999. Pada tahun 2000, ia menjadi warga negara Amerika Serikat. Ia meninggal pada 5 Agustus 2008 pada usia 75 tahun, di Walnut Creek, California , Amerika Serikat.


Gas mulia

Gas mulia (Noble Gas) adalah bagian kecil dari etmosfer. Gas mulia terletak pada golongan VIIIA dalam sistem periodic. Gas mulia terdiri dari unsure Helium (He), Neon (Ne), Argon (Ar),, Kripton (Kr), Xenon (Xe), dan Radon (Rn). Keistimewaan unsure-unsur gas mulia adalah memiliki konfigurasi elektron yang sempurna (lengkap), di mana setiap kulit dan subkulit terisi penuh electron. Dengan demikian electron valensi unsure gas mulia adalah delapan (kecuali unsure Helium dengan dua electron valensi). Konfigurasi demikian menyebabkan gas muloa cenderung stabil dalam bentuk monoatomik dan sulit bereaksi dengan unsure lainnya.

Baca Juga:  Gambar Manusia Dengan Alam Sekitar Yang Mudah Digambar

Keberadaan unsure-unsur gas mulia pertama kali ditemukan oleh Sir William Ramsay. Beliau adalah ilmuwan pertama yang berhasil mengisolasi gas Neon, Argon, Kripton, dan Xenon dari atmosfer.


Penemuan Senyawa gas mulia

Pada tahun 1962, Neil Bartlett berhasil membuat senyawa gas mulia yang pertama, yakni
XePtF
6
 (xenon heksafluoro platinat (IV)). Setelah berhasil membuat senyawa-senyawa yang lain, diantaranya dapat dilihat pada tabel berikut.

Neil Bartlett, orang pertama yang membuat senyawa gas mulia. Dia mengetahui bahwa molekul oksigen dapat bereaksi dengan platina heksafluorida.PtF
6 membentuk padatan ionic
[
O2
+]+][PtF6
]

. Oleh karena energi ionisasi gas xenon
(1,17 x 10
3
 kJ mol
-1
)
tidak berbeda jauh dengan molekul oksigen
(1,21 x 10
3
 kJ mol
-1
)
, Bartlett menduga bahwa Xenon juga dapat bereaksi dengan platina heksafluorida.

Pada tahun 1962, Bertlett berhasil mensintesis senyawa Xenon dengan rumus
XeF
6
 berwarna jingga-kuning.

Senyawa gas mulia telah membuat dampak pada kehidupan kita sehari-hari.XeF
2 telah digunakan untuk mengkonversi urasil untuk 5-fluorouracil, salah satu yang pertama agen anti-tumor.

Para peneliti baru-baru ini berhasil menggabungkan gas mulia dengan hidrokarbon, suatu perkembangan yang dapat menyebabkan pendekatan sintetik baru dan lebih baik untuk beberapa bahan organik. Senyawa gas mulia juga dapat digunakan sebagai reagen kimia organik yang memungkinkan untuk proses manufaktur yang lebih ramah lingkungan.


Sumber:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Neil_Bartlett_(chemist)
  • http://nurul.kimia.upi.edu/arsipkuliah/web2013/1105016/penemuan%20senyawa%20gas.html
  • http://ikayunianything.blogspot.com/2013/04/review-gas-mulia-xenon.html

Senyawa Gas Mulia Yang Pertama Kali Disintesis Adalah

Sumber: https://blogpenemu.blogspot.com/2015/06/neil-bartlett-kimiawan-pertama-pembuat-senyawa-gas-mulia.html