Seorang Anak Menarik Mobil Mainan Menggunakan Gaya

Posted on

Seorang Anak Menarik Mobil Mainan Menggunakan Gaya

Soal Usaha dan Energi

Soal Usaha dan Energi
Berikut rangkuman soal-soal fisika khusus untuk materi usaha dan energi bagi yang masih butuh latihan soal agar lebih joss

bagi yang mungkin belum baca materinya atau belum begitu paham bisa baca Materi Usaha dan Energi

Soal-soal dibawah adalah kumpulan soal untuk ujian nasional (UN) dan seleksi SBMPTN yang ane rangkum jadi satu

so ini termasuk soal yang bisa dibilang
elit
dan cukup susah, dan cocok untuk yang masih mau cari model2 soal lain dan yang masih haus akan soal2 hehe..

Soal Usaha dan Energi

kerjakan soal dibawah ini

1.)Sebuah mobil melakukan kerja (usaha) sebesar 800.000 joule untuk menempuh jarak 1 km dengan kelajuan tetap. Berapa besar gaya yang dilakukan mobil itu ?

2.)Seorang anak menarik mobil mainan bermassa 2 kg tanpa gesekan dengan menggunakan sepotong tali(F = 40 N, α = 60°). Berapa usaha yang dilakukan anak tersebut untuk memindahkan benda sejauh 5 m ?

3.)Benda bermassa 1 kg dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan awal 40 m/s. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2
berapa besar energi kinetik benda saat berada pada ketinggian 20 m ?

4.)Dua buah kapal layar A dan B yang mempunyai layar sama besar akan mengadakan lomba. Massa kapal A = m dan massa kapal B = 2m, sedangkan gaya gesekan dapat diabaikan. Jarak yang ditempuh sebesar S dan lintasannyaberupa garis lurus. Pada saat berangkat (start) dan telah sampai garis
finish, kedua kapal layar memperoleh gaya angin sebesar F. Jika energi kinetik kapal A dan B, pada saat di garis
finish
 berturut-turut berapa besarnya Eka
dan Ekb ?

5.)Sebuah peluru ditembakkan dengan kecepatan awal 40 m/s dan sudut elevasi 37° (tg 37° = 3/4). Jika massa peluru 0,01 kg maka berapa besar usaha oleh gaya gravitasi pada peluru, sejak ditembakkan sampai jatuh ke tanah kembali sebesar ? (g = 9,8 m/s2)

Baca Juga:  Permainan Bola Basket Merupakan Permainan Beregu Yang Menggunakan Anggota Tubuh

6.)Sebuah benda bermassa 5 kg terletak pada bidang datar yang licin dari keadaan diam, kemudian dipercepat 5m/s2
selama 4 sekon. Kemudian bergerak dengan kecepatan tetap tetap selama 4 sekon maka berapa usaha yang dilakukan benda selama bergerak ?

7.)Balok seberat 40 N meluncur di atas bidang datar yang licin dengan laju 2 m/s. Balok berhenti setelah menekan pegas yang menghadangnya. Jika konstanta pegas 100 N/m, berapa jauh pegas tertekan oleh balok?

8.)Sebuah balok dengan berat 20 N meluncur pada bidang miring dengan panjang 3 m. Gerak dimulai pada ujung bidang miring dan bidang miring membentuk sudut 30° terhadap horizontal. Gaya gesek antara balok dengan bidang miring adalah 6 N. Berapa energi kinetik balok ketika sampai di dasar bidang miring?

9.)Sebuah balok bermassa 2 kg mula-mula diam dilepaskan dari puncak bidang lengkung yang berbentuk seperempat lingkaran dengan jari-jari R. Kemudian balok meluncur pada bidang datar dan berhenti di B yang berjarak 3 m dari titik awal bidang datar A. Jika bidang lengkung tersebut licin, sedangkan gaya gesek antara balok dan bidang datar sebesar 8 N maka panjang R ?

10.)Sebuah pistol mainan bekerja dengan menggunakan pegas dan melontarkan pelurunya. Jika pistol yang sudah dalam keadaan terkokang, yaitu dengan cara menekan gas sejauh x, diarahkan dengan membuat sudut elevasi α terhadap horixontal, peluru yang terlepas dapat mencapai ketinggian h. Jika massa peluru adalah m dan percepatan gravitasi adalah g maka berapa besar konstanta pegas ?

11.)Benda A yang memiliki masssa 1 kg dan mula-mula diam meluncur 3 m pada papan licin yang membentuk sudut 30° dengan bidang data. Kemudian, benda A menumbuk pegas P yang salah satunya tertancap kuat pada ujung papan. Jika konstanta pegas 900 N/m maka berapa pemendekan maksimum pegas ?

Baca Juga:  Yang Bukan Termasuk Gaya Renang Adalah

12.)Sebuah pompa air dapat menaikkan 15 liter air tiap menit dari sumur yang dalamnya 6 m. Air disemburkan oleh pompa ini dengan kecepatan 8 m/s. Berapa daya pompa tersebut ?

13.)Air terjun setinggi 30 m digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air. Setiap detik air mengalir 15 m3
jika efisiensi generator 50% dan potensial gravitasi (g = 10 m/s2) maka berapa daya rata-rata yang dihasilkan?(dalam kW)

14.)Sebuah benda bergerak dengan laju 10 m/s saat mulai melewati suatu bidang kasar dan kemudian benda berhenti setelah menempuh jarak 10 m, berapa besar koefisien gesek kinetis antara bidang kasar dengan benda?

15.)Air terjun setinggi 20 m digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Setiap detik air mengalir 10 m3. Jika efisiensi generator 55% dan percepatan gravitasi (g = 10 m/s2) maka berapa besar daya rata-rata yang dihasilkan ?(dalam kWatt)

16.)Sebuah benda bermassa 1 kg dilemparkan vertikal ke atas dengan kecepatan awal 40 m/s. Bila percepatan gravitasi (g = 10 m/s2) berapa besarnya energi kinetik saat benda mencapai ketinggian 20 m ?

17.)Dengan menggunakan tangga seseorang membawa beban 20 kg setinggi 3 m dalam dalam waktu 25 sekon. Jika percepatan gravitasi (g = 10 m/s2) maka berapa besarnya daya rata-rata yang diperlukan orang itu ?

18.)Sebuah partikel bermassa 4 kg bergerak lurus dengan kecepatan konstan 2 m/s. Kemudian sebuah usaha 8 joule dilakukan pada partikel tersebut sehingga berapa kecepatan akhirnya ?

19.)Sebuah kelapa dengan massa 1,5 kilogram (kg) jatuh dari pohon yang tingginya 30 m. Berapa kecepatan benda(kelapa) pada saat 5 m diatas tanah ?

20.)Energi sebesar 4900 joule digunakan untuk mengangkat vertikal benda bermassa 50 kg. Maka benda tersebut akan naik setinggi ?(g = 9,8 m/s2)

Baca Juga:  Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Gerak Dasar Lompat Jauh Adalah

Cukup sekian soal yang dapat saya rangkum hari ini, memang agak susah untuk yang bagian soal sbmptn karena memang
grade
soalnya juga udah beda dari soal biasa

tapi semoga dengan adanya ketekunan dan kerja keras kalian pasti bisa mengerjakan

jangan kwawatir bagi yang masih belum
mudeng
dan masih bingung dengan jawaban dari soal di atas bisa berkomentar dan tanya-jawab dengan saya

untuk posting selanjutnya akan saya kasih pembahasannya

selamat belajar

Seorang Anak Menarik Mobil Mainan Menggunakan Gaya

Sumber: https://rasyidh44.blogspot.com/2016/04/soal-usaha-dan-energi.html