Taman Safari Puncak Dan Kebun Raya Bogor Merupakan Usaha Pelestarian

Posted on

Taman Safari Puncak Dan Kebun Raya Bogor Merupakan Usaha Pelestarian

5 Contoh pelestarian
Ex Situ

akan memberikan ulasan tempat pelestarian dengan metode
ex situ. Tempat pelestarian
ex situ
digunakan untuk melindungi makhluk hidup dari ancaman kepunahan. Upaya yang dilakukan dalam pelestarian makhluk hidup dengan metode
ex situ
adalah dengan mendirikan taman safari atau kebun binatang, kebun raya, dan kebun koleksi. Di Indonesia, terdapat banyak lokasi yang digunakan sebagai pelestarian
ex situ. Melalui halaman ini, idschool akan mengulas 5 tempat contoh pelestarian
ex situ
yang berada di Indonesia.

Sedikit mengulas tentang pelestarian
ex situ, merupakan upaya pelestarian makhluk hidup, bisa hewan atau tumbuhan, di luar habitat aslinya. Hewan atau tumbuhan yang dinilai perlu dilestarikan akan diambil dari habitat aslinya dan ditempatkan di tempat pelestarian. Di tempat ini, hewan dan tumbuhan tersebut dipelihara dan dibina agar dapat hidup dan berkembang biak dengan baik.

Berikut ini merupakan beberapa tempat yang termasuk dalam 5 contoh pelestarian
ex situ
yang ada di Indonesia.

Table of Contents

  • 1) Taman Safari Indonesia
  • 2) Kebun Plasma Nutfah
  • 3) Kebun Raya Bogor
  • 4) Kebun Binatang Surabaya (KBS)
  • 5) Kebun Binatang Ragunan

1) Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia
Taman Safari

Taman Safari Indonesia biasa juga disebut sebagai Taman Safari Cisarua adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan alam bebas. Selain sebagai tempat wisata, Taman Safari Indonesia digunakan sebagai tempat pelestarian hewan. Metode pelestarian di Taman Safari Indonesia ini termasuk dalam pelestarian
ex situ.

Lokasi taman safari Indonesia berada di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

2) Kebun Plasma Nutfah

Kebun Plasma Nutfah
Kebun Pisang

Contoh pelestarian ex situ juga memuat kebun koleksi, seperti kebun plasma nutfah. Kebun plasma nutfah adalah adalah perkebunan yang memiliki tingkat keanekaragaman yang tinggi dari segi tanaman yang dibudidayakan. Kebun plasma nutfah merupakan jenis kebun koleksi dengan cakupan tanaman yang dibudidayakan memiliki luas yang cukup besar.

Baca Juga:  Gambar Ragam Hias Flora Fauna Dan Alam Benda

Pengertian dari

plasma nutfah

sendiri adalah substansi pembawa sifat keturunan berupa organ utuh atau bagian dari tumbuhan atau hewan dan jasad renik. Plasma nutfah menjadi kekayaan alam yang sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Salah satu contoh kebun plasma nutfah sebagai contoh pelestarian ex situ yang ada di Indonesia adalah kebun plasma nutfah pisang di Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di daerah Malangan, Jalan Lingkar Selatan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191. Di kebun plasma nutfah pisang ini terdapat bibit unggul berbagai macam buah-buahan. Selain sebagai tempat pembudidayaan, kebun plasma nutfah yang menjadi salah satu pelestarian ex situ di Indonesia ini juga dapat menjadi tempat edukasi bercocok tanam untuk anak-anak.

3) Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

Pelestarian ex situ memuat juga kebun raya atau kebun botani. Sala satu yang terkenal adalah Kebun Raya Bogor atau yang sering juga disebut Kebun Botani Bogor. Kebun Raya Bogor merupakan contoh pelestarian ex situ yang terletak di Kota Bogor. Luas kebun raya bogor mencapai 87 hektar. Koleksi tanaman di kebun raya Bogor mencakup 15.000 jenis pohon dan tumbuhan. Selain sebagai tempat contoh pelestarian ex situ, kebun raya Bogor juga ramai dikunjungi sebagai tempat wisata.

4) Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Kebun Binatang Surabaya
Monyet di Kebun Binatang

Kebun Binatang Surabaya yang sering disingkat sebagai KBS adalah salah satu kebun binatang yang cukup populer di Indonesia. Seperti namanya, kebun binatang Surabaya adalah tempat bagi perlindungan dan pembinaan hewan yang terletak di Surabaya. Kebun Binatang Surabaya pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara.

Koleksi hewan di kebun raya Surabaya memiliki sekitar 351 spesies satwa yang berbeda dan memiliki lebih dari 2.806 binatang.

Baca Juga:  Pengawasan K3 Yang Bersifat Preventif Dan Represif Meliputi

Baca Juga: 10 Contoh Pelestarian In Situ

5) Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan berada di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang Ragunan didirikan pada tahun 1864. Luas wilayah kebun binatang ragunan mencapai 140 hektar. Koleksi di dalam kebun binatang Ragunan, melipuri 295 spesies dan 4.040 spesimen.

Sekian ulasan tentang 5 contoh tempat pelestarian ex situ. Meliputi tempat pelestarian berupa taman safari, kebun raya, atau kebun koleksi. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pelestarian In Situ dan Ex Situ






Taman Safari Puncak Dan Kebun Raya Bogor Merupakan Usaha Pelestarian

Sumber: https://idschool.net/smp/5-contoh-pelestarian-ex-situ/