Teknik Konstruksi Yang Dilakukan Ketika Membuat Kerajinan Boneka Gajah Adalah

Posted on

Teknik Konstruksi Yang Dilakukan Ketika Membuat Kerajinan Boneka Gajah Adalah

Jakarta

detikers sedang mencari tahu tentang apa itu
kerajinan bahan keras? Ingin tahu juga bagaimana saja teknik pembuatan serta contoh-contohnya?

Nah, detikers datang ke tempat yang tepat. Itu karena di artikel ini akan membahas mengenai kerajinan tersebut secara singkat. Maka dari itu, disarankan untuk detikers menyimak dan membacanya hingga selesai. Penasaran? Berikut pembahasan tersebut.

Definisi Kerajinan Bahan Keras

Sama seperti namanya, kerajinan bahan keras adalah produk kerajinan yang pembuatannya memakai bahan dasar yang sifatnya keras. Kerajinan yang satu ini bisa untuk dijadikan bisnis yang cukup menjanjikan dan menawarkan keuntungan yang menggiurkan.

Apalagi jika sampai diekspor karena kerajinan yang seperti rotan atau mebel di Indonesia sudah cukup terkenal di kancah internasional.

Kerajinan ini sekarang di Indonesia masih ada yang mempertahankan bentuk hias yang tradisional. Tapi, ada juga yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan tuntutan pasar.

Kerajinan ini pun bisa dimanfaatkan untuk menjadi benda hias serta benda pakai. Nah, untuk mengetahui tentang jenis kerajinan tersebut, penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

Beberapa Jenis Kerajinan Bahan Keras

Menurut dari bahan yang digunakan, kerajinan yang dibuat dari bahan keras bisa untuk dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu bahan keras yang alami dan bahan keras yang buatan. Nah, berikut adalah penjelasannya:

1. Bahan Keras Alami


Kerajinan yang satu ini memakai bahan baku yang asalnya dari alam serta mengalami suatu proses pengolahan, tapi tidak merubah wujud dari benda itu. Beberapa contoh bahan keras alami seperti:

  • Rotan
  • Kayu
  • Batu
  • Kerang
  • Bambu
  • Tulang
  • Biji-Bijian
  • Pasir

Bahan Keras Buatan


Sementara, bahan keras buatan merupakan kerajinan yang mana dibuat dari bahan yang sudah melewati proses pengolahan lagi sehingga menjadi keras serta dijadikan sebagai bahan baku untuk kerajinan. Contohnya seperti:

  • Logam (Tembaga, Alumunium, Kuningan, Perak dan Emas)
  • Kaca
  • Kawat
  • Kaleng
  • Semen
  • Timah

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, selanjutnya yang perlu diketahui adalah teknik-teknik dari pembuatan kerajinan tersebut. Maka dari itu, di artikel ini juga akan membahasnya secara singkat. Berikut pembahasannya:

Beberapa Teknik Pembuatan Kerajinan Bahan Keras

1. Teknik Anyam

Kerajinan ini dibuat dengan menggabungkan atau menyilang-nyilangkan bahan sehingga menjadi suatu karya. Bahan keras yang umumnya memakai teknik ini adalah rotan, bambu dan plastik.

2. Teknik Las

Teknis yang satu ini adalah penyambungan logam dengan mencairkan sebagian dari logam utama dan pengisi.

3. Teknik Patri

Teknik ini adalah teknik penyambungan dari bahan logam yang terpengaruh panas dengan bantuan dari bahan campuran atau tambahan logam. Teknik ini umumnya dipakai untuk mengganti pengelasan di bahan yang peka terhadap suhu yang tinggi.

Baca Juga:  Menggunakan Seluruh Punggung Dibantu Dengan Lengan Merupakan Latihan Teknik

4. Teknik Ukiran

Kerajinan ini memakai teknik ukiran yang lewat proses pencungkilan sehingga bisa membentuk cembungan atau cekungan, lalu menjadi pola yang tertentu. Biasanya bahan keras yang diukir adalah kayu dan batu.

5. Teknik Bubut

Teknik yang satu ini membutuhkan alat pahat bubut yang fungsinya untuk mengiris dan membentuk benda. Teknik ini bisa menghasilkan kerajinan yang rapi, simetris dan bulat. Kerajinan ini memakai teknik bubut seperti asbak atau vas bunga dari bahan kayu.

Selain teknik-teknik di atas, ada beberapa teknik lain di dalam pembuatan kerajinan berbahan keras yaitu teknik cor, teknik ukir tekan, dan teknik etsa. Nah, setelah mengetahui berbagai teknik tersebut. mari ketahui juga beberapa contoh kerajinan tersebut.

Contoh Kerajinan Bahan Keras

Batu: PatungKayu: Mainan kayu, MebelLogam: Medali, Perhiasan

Rotan: Meja rotan, Kursi rotan


Demikian pembahasan mengenai kerajinan bahan keras.

Simak Video “Geliat Industri Kulit Garut

[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)


Merdeka.com –

Indonesia terkenal sebagai negara dengan hasil laut yang melimpah, salah satunya adalah kerang yang disukai banyak orang karena kelezatannya. Namun, tahukah kamu bahwa kerang tak hanya bisa jadi hidangan yang menggugah selera, akan tetapi juga bisa jadi kerajinan yang bernilai seni tinggi. Saat kamu selesai makan kerang, sebaiknya jangan buru-buru membuang cangkangnya kamu bisa memanfaatkannya sebagai ide prakarya yang cemerlang.

Prakarya dari cangkang kerang tak hanya bisa kamu jadikan hiasan untuk mempercantik rumah kamu, tapi juga bisa kamu jadikan sebagai kado yang unik untuk orang-orang spesial dalam hidupmu.

Salah satu prakarya dari cangkang kerang yang mudah dibuat sekalipun oleh pemula adalah bingkai foto dari kerang. Membuat sendiri bingkai foto dengan cangkang kerang sedikit banyak akan melatih kreativitas dalam dirimu.

Berikut cara membuat prakarya dari cangkang kerang, unik dan kreatif telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Sabtu, (3/10/2020).

2 dari 3 halaman

  • Kardus bekas, pilih kardus tebal yang kokoh dan kuat
  • Pisau pemotong
  • Pensil
  • Gunting
  • Penggaris
  • Lem
  • Pasir
  • Kerang laut

3 dari 3 halaman

  1. Potong kardus terlebih dahulu sesuai ukuran bingkai foto, misalnya kamu memiliki ukuran foto dengan ukuran 12 x 6 cm, maka kardus yang dibutuhkan berkisar 14 x 8 cm.
  2. Setelah bingkai foto telah dibentuk sesuai ukuran, langkah berikutnya adalah oleskan lem putih pada setiap pinggiran kardus bekas tersebut.
  3.  Segera taburkan pasir pantai, sebab jika didiamkan terlalu lama takutnya lem akan mengering. Setelahnya tempelak cangkang kerang laut di setiap sudut dari bingkai tersebut atau sesuai dengan keinginan kamu.
  4. Diamkan beberapa menit supaya lem dapat menyatu dengan pasir pantai dan cangkang kerang sekaligus.
  5. Kamu sudah bisa menggunakannya untuk mempercantik setiap ruang di dalam rumahmu atau menghadiakannya sebagai kado yang unik.
Baca Juga:  Mengapa Teknologi Konstruksi Dibutuhkan Dalam Kehidupan Manusia

(mdk/nof)

Lihat Foto

Kehilangan Pekerjaan Sejak Pandemi Covid, 2 Pemuda Sulap Cangkang Kerang Jadi Aneka Kerajinan Cantik dan Laris

KOMPAS.com –
Keberadaan limbah sering kali dijauhi orang karena dianggap sebagai barang kotor, tidak berguna, dan tidak memiliki manfaat.

Padahal jika limbah organik khususnya mampu dimanfaatkan dengan baik dibuat sebuah kerajinan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Salah satu limbah organik yang bisa dimanfaatkan dengan dibuat kerajinan adalah cangkang kerang.

Jika cangkang kerang yang biasanya dibuang, bisa diolah menjadi produk kerajinana yang bernilai tinggi.

Dikutip dari jurnal Pengolahan Kulit Kerang untuk Bahan Baku Kerajinan (2009) karya Endang Pristiwati, Subagjo Subagjo, kulit kerang (cangkang) untuk dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan perlu diolah terlebih dahulu.

Baca juga: Kerajinan dari Bahan Limbah Kertas

Pengolahan dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran, bau dan menghilangkan lapisan kulit luar agar supaya lapisan kulit mutiara (kulit dalam) bisa nampak.

Pengolahan kulit kerang dapat dilakukan dengan cara kimia dan mekanik.

Pengolahan kulit kerang cara kimia dilakukan dengan merendam didalam larutan asam klorida atau cuka, sedangkan untuk cara mekanik dilakukan dengan menggunakan gerinda.

Dikutip dari buku Pengelolaan Wilayah Pesisir yang Terpadu untuk Ketahanan Nasional (2020) karya Syifa Saputra dan kawan-kawan, cangkang kerang biasanya simetri bilateral, mempunyai sebuah mantel yang berbentuk seperti daun telingan atau cuping dan cangkap setangkup.

Kulit kerang meruakan bahan yang memiliki kandungan mineral dan umumnya karbonat tinggi.

Jika limbah cangkang kerang dibuang terus menerus tanpa adanya pengolahan yang tepat, maka dapat menimbulkan gangguan keseimbangan yang bisa menyebabkan lingkungan tidak berfungsi seperti semula dalam arti kesehatan, kesejahteraan dan keselamatan hayati.

Baca juga: Mengenal Kerajinan dari Limbah Kulit Jagung

Padahal cangkang kerang bisa diolah untuk kepentingan yang lebih luas. Tidak hanya untuk kerajinan tapi juga pemanfaatan bisa sebagai bahan material yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti.

Kerajinan cangkang kerang

Dikutip dari buku A-Z: Rumah Ide Wirausaha (2019) karya Hanik Aida, mengubah sampah cangkak kerang menjadi aneka kerajinan bernilai jual tinggi, itu sangat memungkinkan.

Bahkan kerajinan dari limbah tersebut mampu menembus pasar ekspor ke berbagai negara.

Salah satu satu aneka kerajinan cangkang kerang berupa hiasan dinding, kerangka lampu, kotak tisu, atau jam dinding yang menawan.

Dengan kreativitas dan inovasi dengan cangkang kerang dapat dihasilkan kerajinan yang luar biasa indah dan unik.

Sebelum dimanfaatkan untuk membuat kerajinan, terlabih dahulu cangkang kerang harus diolah.

Baca Juga:  Cara Membedakan Cream Collagen Asli Dan Palsu

Baca juga: Kemasan Produk Kerajinan Bahan Serat

Berikut proses pengolahan cangkang kerang:

  1. Cangkang kerang dipilah-pilah sesuai ukuran dan bentuknya.
  2. Dicuci dengan menggunakan air mengalir dan direndam dalam larutan natrium soda, agar sisa-sisa daging kerang dan kotoran, serta bau yang ada di dalam cangkang kerang dapat larut.
  3. Dikeringkan dengan pengering, tidak menggunakan sinar matahari langsung, agar kualitas kerang tetap terjaga baik.
  4. Persiapan bahan baku cangkang kerang dengan cara dikikir, diamplas, ataupun dipotong sesuai kebutuhan.
  5. Cangkang kerang siap dibuat produk kerajinan sesuai desain yang telah dibuat.

Bahan dan alat membuat kerajinan cangkang kerang

Hasil kerajinan dari limbah cangkang kerang merupakan kerajinan yang unik dan disukai banyak orang.

Baca juga: Produk Kerajinan dari Bahan Limbah Organik

Cangkang kerang memiliki berbagai ukuran. Ukuran kecil dan pipih dapat dibuat sebagai pelapis tempat sabun, penghias frame foto atau cermin, kap lampu, kotak perhiasan, aneka lampu.

Untuk cangkang yang berukuran sedang bisa dijadikan sebagai tirai, replika hewan, bunga, atau miniatur bangunan.

Sebelum membuat proses kerajinan dari cangkang kerang, terlebih dahulu harus mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan.

Bahan utama yang diperlukan adalah cangkang kerang. Cangkang kerang memiliki beragam ukuran dan motif serta bentuk berbeda.

Untuk dijadikan kerajinan, cangkang kerang bisa dipadukan dengan berbagai hiasan, seperti manik-manik, mata-mataan untuk bentuk hewan atau logam perak.

Sementara untuk alat yang digunakan meliputi lem tembak, amplas, atau kikir.

Baca juga: Kreasi Eceng Gondok Menjadi Kerajinan, Jawaban Soal TVRI 15 Mei SMP

Salah satu produk kerajinan dari cangkang kerang adalah gantungan kunci.

Berikut proses pembuatannya:

  1. Kerang dicuci bersih terlebih dahulu sebelum digunakan. Kemudian dijemur hingga kering.
  2. Setelah kering, kerang selanjutnya disusun dan dilem menggunakan lem tembak satu persatu. Dipastikan melekat.
  3. Kemudian kerang disusun menjadi boneka yang diinginkan.
  4. Jangan lupa boneka diberi maya dan aksesoris lainnya biar menarik.
  5. Bagian atas kerang diberi lubang untuk memasukkan gantungan kunci.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Teknik Konstruksi Yang Dilakukan Ketika Membuat Kerajinan Boneka Gajah Adalah

Sumber: https://apadimaksud.com/tuliskan-tiga-produk-kerajinan-dari-bahan-kerang-beserta-fungsinya