Tentukan Jenis Reklame Pada Gambar Berikut

Posted on

Tentukan Jenis Reklame Pada Gambar Berikut

Ciri-ciri dan Jenis Reklame
– Apa itu pengertian reklame? Reklame adalah salah satu produk atau barang yang banyak digunakan orang untuk menampilkan sesuatu. Banyak tujuan dari dibuatnya sebuah reklame. Sebelum sampai kesitu, ketahui dulu pengertian reklame. Artikel ini akan membahas mengenai pengertian reklame, ciri-ciri reklame, jenis reklame dan fungsi reklame.


Pengertian Reklame

pengertian reklame Secara bahasa, kata reklame berasal dari bahasa Spanyol. Kata reklame dari bahasa spanyol yaitu “reclamos”. Arti kata ini adalah suatu seruan, yang dilakukan secara berulang kali.

Ada beberapa pengertian reklame yang didasarkan pada medianya. Meskipun begitu, tetap memiliki makna yang sama. Berikut adalah beberapa pengertian reklame:

  • Pengertian reklame adalah tindakan yang dilakukan untuk mengajak orang lain. Tindakan ini dilakukan secara berulang-ulang. Tujuannya supaya orang tersebut tertarik, kemudian melakukan atau mengikuti apa yang ada di dalam isi reklame tersebut.
  • Pengertian reklame adalah suatu sarana atau alat. Sarana atau alat tersebut digunakan untuk menyampaikah sebuah informasi. Selain itu, reklame juga digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan sebuah layanan atau produk kepada masyarakat. Caranya dengan menggunakan sebuah gambar dan kata-kata yang menarik.
  • Pengertian reklame adalah media visual yang menggunakan sebuah peraga gambar. Selain itu, reklame juga menggunakan tulisan singkat untuk menyampaikan suatu pesan. Pesan yang disampaikan ditujukan kepada khalayak ramai.
Baca Juga:  Peristiwa Berikut Melibatkan Reaksi Redoks Kecuali

Secara umum, pengertian reklame adalah sebuah media yang digunakan dalam penyampaian informasi. Informasi yang disampaikan adalah informasi yang singkat. Tujuan penyampaiannya adalah khalayak ramai secara berkelanjutan.

Baik melalui media teks, media gambar, atau media audio. Pada umumnya, reklame mengandung gambar-gambar yang mencolok. Gambar tersebut berkaitan dengan produk yang sedang dipromosikan.

Selain itu, terdapat juga pesan lain yang sebenarnya ingin disampaikan. Tujuan utama dari reklame ini adalah untuk menimbulkan reaksi dari orang banyak. Selain itu, untuk mengajak mereka melakukan berbagai hal yang sebenarnya ingin disampaikan.

BACA JUGA:
Pengertian & Contoh Personal Branding

Pengertian Reklame Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian reklame menurut beberapa para ahli:


KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian reklame dalam KBBI adalah pemberitahuan kepada umum mengenai barang dagangan. Pemberitahuan ini dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang menarik, serta bergambar. Tujuan penggunaan gambar dan kata-kata yang menarik tersebut supaya laku terjual.


Durianto

Pengertian reklame adalah sebuah upaya komunikasi. Upaya tersebut dilakukan untuk membujuk khalayak orang. Tujuannya agar dapat membeli dan menggunakan barang atau produk yang sedang dipromosikan.

Ada beberapa bentuk reklame yang sering ditemui. Baik di dalam ruangan atau di luar ruangan. Seperti baliho, iklan, billboard, poster dan lain sebagainya. Bentuk fisik dari reklame itu umumnya memiliki kandungan audio visual dan kandungan visual.


Barata

Pengertian reklame adalah sebuah aktivitas. Aktivitas yang dilakukan bertujuan untuk menyampaikan beberapa hal. Seperti informasi, barang atau jasa, serta ide-ide yang menarik. Tujuannya untuk menarik perhatian banyak orang terkait produk atau ide dan jasa yang sedang diinformasikan di dalam reklame tersebut.


Kriyantono

Kriyantono menyebutkan bahwa pengertian reklame adalah sebuah bentuk komunikasi. Komunikasi tersebut dilakukan tanpa personal. Selain itu, tujuannya adalah untuk menyampaikan pesan dalam menjual suatu produk jasa atau barang. Serta menjadikan pihak dari konsumen untuk membeli barang yang ditawarkan tersebut. Selain itu, untuk membayar berbagai media  yang sudah dimanfaatkan oleh reklame tersebut.

Baca Juga:  Untuk Membuat Masking Baru Pada Layer Yang Sedang Aktif Dipergunakan


Panji

Pengertian reklame menurut Panji adalah setiap bentuk kegiatan yang memiliki tujuan. tujuan yang dimaksud adalah guna memperkenalkan sebuah produk atau sebuah jasa. Selain itu, reklame juga digunakan untuk menarik perhatian orang banyak.

This Is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat

This Is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat



Beli Buku di GramediaBerkhouwer


Pengertian reklame menurut Brouwer adalah pernyataan yang secara sadar ditujukan untuk public. Pernyataan tersebut disampaikan dalam bentuk apapun. Selain itu, pernyataan ini dilakukan oleh seorang peserta perdagangan. Serta diarahkan pada sasaran atau pangsa pasar. Tujuannya adalah untuk memperbesar tingkat penjualan barang-barang atau jasa yang dimasukkan.


W. H. Van Baarle dan F. E. Hollander

Seni reklame adalah sebuah kekuatan yang menarik dan ditujukan pada kelompok tertentu untuk membelinya. Seni reklame adalah sebuah kekuatan yang menarik dan ditujukan kepada sebuah kelompok tertentu untuk membeli hal yang ditawarkan. Pengertian reklame tersebut disampaikan oleh W. H. Van Baarle dan F. E. Hollander.


Ciri-ciri Reklame

Setelah mengetahui pengertian reklame, pembahasan selanjutnya adalah ciri-ciri reklame. Berikut ini adalah ciri-ciri reklame:


1. Reklame menggunakan gambar yang menarik

Ciri-ciri pertama sebuah reklame adalah penggunaan gambarnya. Gambar yang digunakan di dalam reklame adalah gambar yang menarik, besar dan umumnya mencolok. Gambar di reklame berukuran lebih besar dari tulisan-tulisannya. Hal ini berguna untuk menarik perhatian dari public.

Gambar di dalam reklame umumnya menggunakan warna yang mencolok. Selain itu, dapat juga menggunakan peraga gambar yang iconic dan mudah iingat. Gambar yang digunakan tentu terkait dengan karakteristik jasa atau produk yang sedang ditawarkan.


2. Menggunakan kalimat jelas, singkat, dan mudah dimengerti

Ciri-ciri kedua dari reklame adalah menggunakan kalimat yang jelas, singkat dan mudah dimengerti. Hal ini karena reklame umumnya dipasang di pinggir jalan. Sehingga orang hanya akan melihat secara sekilas saja.

Jika informasinya terlalu panjang, maka informasi yang ingin disampaikan mungkin tidak akan tersampaikan. Para pembaca akan kesulitan membaca jika kalimat terlampau panjang.


3. Berisi informasi yang jujur

Informasi yang terkandung di dalam reklame adalah informasi yang jujur. Jujur disini berarti informasi tersebut adalah fakta nyata dari produk atau jasa yang ada atau yang dipromosikan. Informasi tersebut tentunya dapat dipertanggungjawabkan perihal kebenarannya.


4. Dilakukan secara berulang

Ciri-ciri kali ini sesuai dengan pengertian reklame. Reklame dibuat untuk menarik perhatian public. Maka dari itu, reklame harus dilakukan secara berulang-ulang.

Jika memasang reklame hanya sekali saja, maka jangkauan orang-orang yang mengetahui produknya hanya sedikit. Akan tetapi, jika ingin memasang reklame sekali tetapi menjangkau orang banyak, maka dapat memanfaatkan papan reklame di pinggir jalan. Papan reklame di pinggir jalan terbilang strategis. Selain itu juga biasa disewakan.


Jenis-jenis Reklame

Jenis-jenis reklame dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal. Seperti berdasarkan pengadaannya, sifatnya, tempat pemasangan dan medianya. Berikut adalah penjelasannya:


1. Berdasarkan pengadaannya

jenis reklame berdasarkan pengadaannyaJenis reklame berdasarkan pengadaannya dibagi menjadi dua jenis, yaitu:


a. Reklame Komersial

Pengertian reklame komersial adalah suatu jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan bisnis. Tujuan reklame ini adalah untuk memperoleh peningkatan penjualan.


b. Reklame Non Komersial

pengertian reklame non komersial adalah sebuah jenis reklame yang digunakan untuk keperluan non komersial. Contohnya seperti menghimbau, mengajak, dan menyampaikan sebuah informasi. Tujuannya supaya pembaca mau mengikuti pesan yang telat disampaikan. Contohnya seperti himbauan untuk taat membayar pajak, tertib lalu lintas, donor darah dan lain sebagainya.


2. Berdasarkan Sifatnya

jenis-jenis reklame berdasarkan SifatnyaJenis reklame berdasarkan sifatnya dibagi menjadi reklame peringatan, reklame penerangan dan reklame ajakan.


a. Reklame Peringatan

Pengertian reklame peringatan adalah jenis reklame yang memiliki nada peringatan. Nada peringatan ini ditujukan pada masyarakat pengguna jalan. Seperti melalui gambar di dalam reklame yang mencolok.


b. Reklame Penerangan

Pengertian reklame penerangan adalah sebuah reklame yang memiliki sifat informatif. Artinya bahwa reklame ini akan memberikan informasi-informasi penting pada pembacanya.


c. Reklame Ajakan atau Permintaan

Pengertian reklame ajakan ini adalah jenis reklame yang memiliki nada ajakan. Reklame ini akan meminta pembacanya atau orang banyak untuk bersedia mengikuti sebuah permintaan dan ajakan. Selain itu, tujuannya juga untuk mengajak pihak masyarakat turut peduli pada sesamanya. Reklame ini akan menampilkan gambar-gambar yang menarik.


3. Berdasarkan tempat pemasangannya

Jenis reklame selanjutnya adalah berdasarkan tempat pemasangannya. Berdasarkan tempat pemasangannya, jenis ini dibagi menjadi reklame
indoor
dan reklame
outdoor.


a. Reklame


Indoor


Pengertian reklame
indoor
adalah sebuah reklame yang akan ditempatkan di dalam ruangan saja. Jenis reklame ini memiliki ukuran yang relatif kecil atau sedang. Bahan pembuatannya yang tidak harus tahan air. Serti tidak harus tahan sengatan sinar matahari. Contoh jenis reklame ini adalah pamphlet, leaflet, brosur, etiket dan lain sebagainya.


b. Reklame Outdoor

pengertian reklame
outdoor
adalah jenis reklame yang ditempatkan di luar ruangan. Reklame ini harus berukuran besar, tujuannya supaya orang bisa melihat reklame ini, terutama di pinggir jalan. Bahan yang digunakan dalam pembuatan reklame ini harus tahan pada sengatan matahari. Selain itu harus tahan pada air hujan. Contoh reklame ini adalah papan baliho, papan nama dan lain sebagainya.

Pemasaran

Pemasaran


Beli Buku di Gramedia

Buku ini memaparkan prinsip-prinsip pokok yang wajib dipahami setiap pemerhati bisnis dan pemasaran. Pembahasan mencakup lingkungan pemasaran;etika pemasaran; tanggung jawab social perusahaan; perilaku konsumen; segmentasi, targeting, dan positioning; branding; produk; penetapan harga; distribusi; komunikasi pemasaran terintegrasi; serta pemasaran global dan e-marketing. Disamping itu, buku ini juga menyajikan 15 kasus singkat yang ditulis khusus untuk memfasilitasi diskusi dalam proses pembelajaran dasar-dasar Pemasaran, Manajemen Pemasaran, dan atau Teori dan Praktik Pemasaran.


4. Berdasarkan medianya

Jenis reklame berdasarkan medianya dibagi menjadi tiga. Reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual. Berikut penjelasannya:


a. Reklame audio

Pengertian reklame audio adalah suatu reklame yang diwujudkan melalui media suara. Media suaranya bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.


c. Reklame visual

pengertian reklame visual adalah reklame yang mempunyai gambar menarik di dalamnya. Reklame visual terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah:


1.) Poster

Poster adalah salah satu jenis reklame visual. Reklame ini memiliki gambar yang berbentuk objek atau barang yang terlihat menarik.


2.) Spanduk

Spanduk adalah jenis reklame visual yang berupa huruf dan gambar. Keduanya akan dituangkan di atas kain panjang. Spanduk ini seperti terbuat dari plastic.


3.) Plakat

Plakat adalah jenis reklame visual. Plakat ini berupa gambar di dalam bentuk barang dan jasa. Contohnya gambar huruf dan dicetak di atas kertas.


4.) Etiket

Etiket adalah jenis reklame visual yang berupa nama di dalam sebuah produk. Baik produk barang maupun jasa. Etiket ini disertai dengan sebuah keterangan yang lengkap serta menarik.


5.) Leaflet

Leaflet adalah jenis reklame visual yang berupa gambar berbentuk barang maupun objek. Leaflet ini dilengkapi dengan gambar huruf. Tujuan dari gambar hurufnya adalah sebagai keterangan lainnya.


6.) Brosur

Brosur adalah jenis reklame visual yang hanya memanfaatkan huruf. Huruf-huruf akan digunakan sebagai unsur utamanya.


7.) Logo

Logo adalah sejenis reklame visual yang berupa simbol atau lambing. Contohnya seperti logo BUMN atau BUMS.


8.) Papan nama

Papan nama adalah jenis reklame visual yang berupa gambar dan huruf. Selain itu, terdapat juga gambar logo di dalam papan nama.


i.) Baliho

Baliho adalah jenis reklame visual yang lain. Jenis ini berupa gambar berbentuk barang atau objek. Baliho ini disertai dengan gambar huruf yang ukurannya besar.


d. Reklame Audio Visual

Reklame audio visual adalah jenis reklame yang memanfaatkan media suara. Selain itu, reklame ini akan menampilkan gambar-gambar yang menarik.


Fungsi Reklame

Reklame memiliki beberapa fungsi. Fungsi reklame juga bisa dilihat berdasarkan dua hal. Hal tersebut adalah berdasarkan dunia bisnis dan sebuah gerakan sosial:

Fungsi reklame dalam dunia bisnis:

  • Mengajak sekaligus membujuk para calon konsumen untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Memberikan informasi yang singkat dan jelas kepada para calon konsumen, mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Memberikan kesan baik kepada konsumen dalam sebuah brand atau produk barang dan jasa yang ditawarkan.
  • Memberikan kepuasan pada konsumen kepada produk dan jasa yang ditawarkan.
  • Sebagai media informasi dan komunikasi antara para penjual dan juga para konsumen.

Fungsi reklame dalam sebuah gerakan sosial:

  • Mengajak masyarakat atau orang banyak untuk menuruti dan mengikuti sebuah aturan. Atau sebuah peringatan sesuai dengan himbauan yang disebutkan.
  • Meningkatkan sebuah kesadaran masyarakat. Mengenai sebuah peringatan, bahaya, kejadian atau informasi penting lainnya. Contohnya seperti spanduk terkait larangan membuang sampah sembarangan, menjaga keamanan lingkungan dan hal-hal lainnya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian reklame, ciri-ciri reklame, jenis-jenis reklame dan fungsi reklame. Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Anti-Mainstream Marketing

Anti-Mainstream Marketing

Beli Buku di GramediaPenulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  • Bahan Fleece: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan & Kekurangannya
  • Pengertian Mood Swing dan Cara Mengatasinya
  • Ciri-Ciri Poster: Pengertian, Jenis, dan Fungsi
  • Bahan Ceruty: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan & Kekurangannya
  • Bahan Polyester: Pengertian, Karakteristik, Hingga Kelebihan dan Kekurangannya
ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Tentukan Jenis Reklame Pada Gambar Berikut

Sumber: https://www.gramedia.com/literasi/jenis-reklame/