Tokoh Tokoh Di Bidang Kedokteran Kecuali

Posted on

Tokoh Tokoh Di Bidang Kedokteran Kecuali

Sejak zaman Rasulullah saw., ilmu kedokteran merupakan ilmu yang cukup populer dan paling dikembangkan. Berbagai perkembangan dalam ilmu kedokteran pastinya tak lepas dari kontribusi para ilmuwan muslim pada zaman dahulu. Berbagai penemuan atau karya para cendekiawan muslim tersebut hingga saat ini masih berguna bagi masyarakat luas.

Terdapat beberapa tokoh ilmuwan muslim di bidang kedokteran yang karyanya masih bisa dirasakan oleh masyarakat luas hingga saat ini. Berikut 5 ilmuwan muslim yang paling berpengaruh karyanya di bidang kedokteran.


Baca Juga: Kisah Ibnu Sina, Sembuhkan Pangeran yang Delusi dan Minta Disembelih

Dibawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran kecuali

Dibawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran kecuali

bersamadakwah.net

Bagi kamu pegiat dunia kedokteran, mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan sosok Ibnu Sina. Di dunia Barat, Ibnu Sina dikenal dengan sebutan Avicenna. Dia merupakan seorang filsuf sekaligus dokter yang lahir di Persia atau sekarang lebih dikenal dengan Iran.

Dia berhasil menciptakan setidaknya 450 buku dan kebanyakan bukunya berkaitan dengan ilmu kedokteran. Beberapa karyanya yang terkeal adalah Kitab Penyembuhan dan Qanun Kedokteran yang kebanyakan buah pikiran dari buku tersebut masih dipakai oleh banyak orang, khususnya di dunia kedokteran. Dia juga gemar menulis puisi dengan karyanya yang paling populer ialah “Al-Urjuzah fi Ath-Thibb” dan “Al-Qasidah Al-Muzdawiyyah”.

Dibawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran kecuali

Dibawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran kecuali

islamic-study.org

Muhammad bin Zakariya ar-Razi merupakan seorang ilmuwan yang berasal dari Iran yang hidup pada tahun 864 hingga 930 masehi. Dia merupakan ilmuwan di berbagai bidang, mulai dari kedokteran, kimia, fisika, matematika, hingga sastra. Saat masih kecil, Ar-Razi sangat tertarik untuk menjadi penyanyi atau musisi walaupun setelah itu dia memutuskan untuk menekuni pelajaran alkemi.

Pada umurnya yang ke-30, Ar-Razi memutuskan untuk berhenti menekuni bidang alkemi karena berbagai eksperimen yang dilakukannya membuat matanya menjadi cacat. Lalu, dia mencari dokter yang bisa menyembuhkan matanya dan hal tersebut merupakan awal mula dirinya mempelajari ilmu kedokteran.

Baca Juga:  Suatu Persegi Memiliki Keliling 24 Cm Luas Persegi Tersebut Adalah

Bagi yang belum tahu, Ar-Razi merupakan pelopor keilmuwan bedah saraf dan bedah mata. Dia juga gemar menulis berbagai buku, termasuk di bidang kedokteran dengan beberapa karyanya yang berjudul Keraguan pada Galen dan Penyakit pada Anak.

Dibawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran kecuali

Dibawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran kecuali

trtworld.com

Tahukah kamu orang pertama yang secara akurat mendeskripsikan peredaran darah dalam tubuh manusia? Benar, orang tersebut ialah Ibnu al-Nafis. Dia berhasil mendeskripsikan peredaran darah dalam tubuh manusia secara tepat pada tahun 1242.

Dia juga merupakan orang pertama yang diketahui telah mendokumentasikan sirkuit paru-paru di dalam tubuh manusia. Alhasil, dia berhasil menerangkan secara akurat mengenai paru-paru beserta gambaran tentang saluran pernapasan dan juga interaksi antara saluran udara dengan darah di tubuh manusia. Dia merupakan orang pertama yang berhasil melakukan hal tersebut dan pengetahuannya tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan dunia kedokteran di masa sekarang.


Baca Juga: Cendekiawan Muslim Jalaludin Rakhmat Tutup Usia, Ini Profil Singkatnya

Baca Artikel Selengkapnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Pada pilihan jawaban yang adalah BUKAN termasuk tokoh di bidang kedokteran adalah HARUN AL-RASYID (A). Harun Al-Rasyid adalah salah satu khalifah dari dinasti Abbasiyah yang pernah berjaya di masa silam.

Pembahasan

Adapun empat pilihan lainnya selain Harus Al-Rasyid adalah benar merupakan ilmuan berbagai ilmu termasuk bidang kedokteran. Berikut penjelasan pendek mengenai keempat tokoh pada pilihan jawaban tersebut:

  1. Abu Musa Jabir bin Hayyan, ia paling dikenal dalam bidang kimia. Meski begitu, ia juga menggeluti bidang pengobatan dan menjadi apoteker sekaligus dokter.
  2. Hurain Bin Ishaqatau yang ditulis juga sebagai Hunayn ibn Ishaq adalah dokter yang bertugas di dalam istana Abbasiyah. Selain itu, ia juga aktif menterjemahkan berbagai naskah ilmiah.
  3. Thabib Bin Qurra, ia dikenal sebagai seorang pemikir dalam bidang kesehatan sekaligus penulis dan penerjemah.
  4. Ar-Razi atau Razes,ia adalah salah satu pakar dalam bidang kedokteran yang merupakan murid dari Hurain Bin Ishaq. Ia bahkan menjabat sebagai kepala rumah sakit di berbagai wilayah termasuk di Baghdad.
Baca Juga:  Pihak Pihak Yang Terlibat Dalam Diskusi Atau Seminar Kecuali

Di bawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran, kecuali
(A)
Harun al-Rasyid, sebab beliau adalah khalifah kelima dari kekalifahan Abbasiyah, sehingga bukan tokoh kedokteran Islam.

Islam mengalami perkembangan yang sangat pesat, dari berbagai ilmu pengetahuan seperti filsafat, kedokteran, matematika, astronomi, seni ukir, tafsir hingga hadis.

Ada beberapa tokoh-tokoh Islam yang berperan penting dalam perkembangan tersebut, di bidang kedokteran antara lain:

  • Jabir bin Hayyan (wafat 778 M).
  • Hurain bin Ishaq (810-878 M).
  • Thabib bin Qurra (836-901 M).
  • Ar-Razi atau Razes (809-873 M).

Karena yang ditanyakan yang kecuali, berarti yang bukan, berdasarkan tokoh-tokoh di atas, maka A bukan merupakan tokoh kedokteran.

Di bawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran, kecuali …

Penjelasan

  • Maksud soal:
    tokoh kedokteran, kecuali.
  • Kata kunci:
    kecuali.
  • Jawabannya adalah A.

Pada belajar online kali ini, kata kuncinya adalah tokoh kedokteran dan kecuali. Berarti yang bukan tokoh kedokteran dalam Islam.

Jawaban A, harusn Al Rasyid adalah khalifah, bukan tokoh kedokteran, makanya jawaban yang benar adalah A.

  • Sedangkan B, C, D dan E salah.

B salah, sebab Jabir bin Hayyan adalah tokoh kedokteran yang disebut sebgaai bapak kimia arab, dengan berbagai penemuan di bidang kimia, seperti kristalisasi, distilasi, sublimasi yang berguna dalam bidang kedokteran.

Sama halnya dengan C, D dan E yang merupakan tokoh-tokoh dalam bidang kedokteran, sedangkan yang ditanya adalah yang bukan. Makanya C, D dan E salah.

Berikut ini keterangan dalam buku paket kelas 11 pada halaman 72:

Dibawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran kecuali

Kunci Jawaban

Di bawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran, kecuali

(A)
Harun al-Rasyid, sebab ia adalah khalifah kelima kekalifahan Abbasiyah, bukan tokoh dalam bidang kedokteran.

Dibawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran kecuali

Jawaban diverifikasi BENAR
💯

Baca Juga:  Pada Saat Ekspirasi Berlangsung Terjadi Hal Hal Berikut Kecuali


Tausiah singkat tentang jadi pemaaf​


Menurut para ulama, ada beberapa hukum tentang bank?


Bagaimana pola hubungan yang harus dikembangkan umat Islam dengan sesama anak bangsa agar terbangun kehidupan masyarakat madani


Bagaimana pandangan agama Islam sebagai agama universal dan rahmat bagi semua manusia, serta peran Islam dalam menciptakan perdamaian dan misi sosial …

kemasyarakatan


Bagaimana Islam memandang toleransi ditengan-tengah kehidupan multikultural di Indonesia


Apa saja tujuan pembinaan akhlak menurut para ulama


Apa pendapat 4 madzhab jika seorang sudah mempunyai kemampuan ingin menikah karena takut terjerumus zina


siapa yang memberi / mencetuskan nama lain al quran sebagai al-huda, al-furqan, asy-syifa, az-zikir, al-kitab ?​


bikin 20 kosa kata B. Arab yg pakek ة sama 20 yg tidak pake ةjan ngasal!!!!​


jelaskan hukum tajwid pada kosakata tersebut! ​

Tokoh Tokoh Di Bidang Kedokteran Kecuali

Sumber: https://toptenid.com/dibawah-ini-adalah-tokoh-tokoh-di-bidang-kedokteran-kecuali