Tujuan Seorang Pemain Melakukan Smash Dalam Pertandingan Bulutangkis Adalah

Posted on

Tujuan Seorang Pemain Melakukan Smash Dalam Pertandingan Bulutangkis Adalah

Daftar Isi

  • Mengenal Peraturan Permainan Bulu Tangkis
    • #1. Peraturan Bulu Tangkis Ganda
    • #2. Peraturan Bulu Tangkis Pertandingan Tunggal
    • #3. Peraturan Penilaian
    • #4. Kesalahan Saat Melakukan Service
      • A. Jenis-Jenis Kesalahan saat Service
    • #5. Kesalahan Pemain
      • A. Kesalahan Pemain Bulu Tangkis
      • B. Kesalahan Pemain di Lapangan
      • C. Kesalahan Pemain Saat Service

Peraturan Permainan Bulu Tangkis

– Salah satu olahraga yang paling terkenal di Indonesia adalah Bulu Tangkis, atau yang sering kita sebut dengan Badminton. Banyak atlet Indonesia yang telah membangkan tanah airnya di kancah dunia.

Banyak sekali perlombaan atau kompetisi yang diikuti oleh mereka. Contohnya adalah Kejuaraan dunia, Olimpiade, Asian games, All England dan juga Sea Games yang telah kita ketahui bersama.

Banyak juga negara di belahan dunia yang mengadakan pertandingan atau kompetisi series di negaranya. Jadi, tidak heran bahwa bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang terkenal di dunia.

Penggemar bulu tangkis di Indonesia beragam-ragam, mulai dari orang tua sampai anak-anak. Mereka menyukasi permainan ini. dan akan lebih baik lagi untuk mereka, kalau mereka mengetahui teknik dasar bulu tangkis.

Selain teknik dasar dan pola permainan bulu tangkis ini, maka peraturan bulu tangkis juga harus kita ketahui.

Salah satu manfaat mengetahui peraturan tersebut adalah untuk menjaga agar kita tidak melanggar saat bermain bulu tangkis.

Peraturan bulu tangkis itu sendiri sudah diatur oleh induk organisasi dunia. Jadi, kita  bisa mengikuti peraturan yang telah di tetapkan oleh organisasi tersebut.

Induk organisasi bulu tangkis internasional biasanya di sebut dengan BWF. Nah pada artikel kali ini saya akan membahas tentang peraturan permainan bulu tangkis. Agar kita bisa bermain dengan hati-hati saat di lapangan.

Baca juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Mengenal Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Peraturan Permainan Bulu Tangkis
(Detik Health)

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui dalam permainan bulu tangkis, terlebih dalam peraturannya. Diantaranya adalah

#1. Peraturan Bulu Tangkis Ganda

Setiap permainan bulu tangkis memiliki aturannya, salah satunya adalah peraturan bulu tangkis ganda.

Peraturan bulu tangkis ganda bisa anda baca di bawah ini. Ada beberapa peraturan yang harus anda taati.

  • Ketika kita service bola kok pertama, maka yang harus kita lakukan adalah dari bidang sebelah kanan.
  • Service pertama telah di tentukan sebelum permainan di mulai. Pemain lawan yang berdiri secara diagonal akan menerima service dari pemain yang berada di bidang sebelah kanan.
  • Pemain yang hanya boleh menerima bola atau shuttlecoock adalah pemain yang berdiri secara diagonal di hadapan pemain yang melakukan service terhadap daerah lawan.

Apabila, penerima service bukan orang yang sedang beriri secara diagonal dan berhadapan dengan pemain service, maka point akan di berikan kepada tim yang melakukan service.

Jadi, kesimpulannya, jangan sampai pemain lain yang tidak berhadapan dengan pemain yang melakukan service, mencoba untuk mendapatkan bola kok tersebut.

Baca juga: Klub Bulu Tangkis Indonesia

#2. Peraturan Bulu Tangkis Pertandingan Tunggal

Ada perbedaan peraturan bulu tangkis ganda dengan bulu tangkis tunggal. Pada peraturan bulu tangkis tunggal bisa di baca di bawah ini:

Apabila nilai pelaku service itu 0, maka pemain akan melakukan atau menerima service pada bidang lapangan sebelah kanan. Atau kalau memang tidak angkanya nol, bisa dengan bilangan genap seperti2,4 6 dan seterurnya.

Pemain akan melakukan service pada bidang lapangan sebelah kiri apabila nilai pelaku service tersebut adalah bilangan ganjil. Contohnya angka 1,3,5 dan seterusnya.

Jika mendapatkan poin saat bermain di lapangan, maka kedua pemain akan mengubah posisi dari bidang lapangan. Kalau sebelumnya berada di bidang kiri, maka ketika mendapatkan poin, ia akan berpindah ke sebelah kanan.

Baca juga: 6 Pemain Legendaris Bulu Tangkis di Indonesia

#3. Peraturan Penilaian

Setiap olahraga memiliki perbedaan dalam penilaian atau angka untuk memenangkan suatu pertandingan. Dalam permainan bulu tangkis memiliki peraturan sendiri. Diantaranya :

  • Penilaian poin pada permainan bulu tangkis adalah 21 poin. Penilaian tersebut berlaku untuk pertandingan tunggal ataupun ganda.

Contoh dari maksud poin diatas adalah jika Pins sedang bertanding di lapangan lalu mendapatkan poin 20 dan lawan pun mendapatkan nilai 20.

Maka ketika Pins bermain dan mendapatkan poin menjadi 21, maka belum di sebut sebagai pemenang.

Kenapa demikian? Karena ketika poinnya sudah sama 20-20, maka setiap pemain harus mendapatkan 2 poin untuk memenangkan pertandingan tersbeut.

Jadi maksud dari contoh diatas adalah Pins akan dinyatakan pemenang dalam pertandingan tersebut jika nilai poin 22-20.

Permainan bulu tangkis memiliki angka maksimal 30. Oleh karena itu, ketika pertandingan mencapai poin 29-29 maka pemenang pada pertandingan kali ini adalah yag pertama memasukan poin menjadi 30.

  • Seperti pertandingan olahraga-olahraga lainya. Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang menggunakan dua set. Apabila anda memenangkan pertandingan dua set sekaligus. Maka tidak perlu ada tambahan set ke-tiga.

Akan tetapi, apabila Pins mendapatkan satu set dari dua set pertandingan atau set lainnya dimenangkan oleh musuh, maka harus ada pertandingan set ke tiga.

Set ke tiga ini dalam pertandingan bulu tangkis atau badminton di sebut dengan rubber games.

Set ke tiga adalah set penentuan siapa yang akan menjadi pemenang dalam pertandingan tersebut. Jadi saat sudah masuk ke set ke tiga, maka pemain harus semakin fokus.

#4. Kesalahan Saat Melakukan Service

Ada cukup banyak pemain yang salah saat melakukan service, biasanya pemain masih bermain dalam pertandingan amatir.

Bila kalian mendapat gantian service dan melakukan kesalahan, maka akan dihitung sebagai pelanggaran dan memberikan poin bagi lawan.Apabila kesalahan terjadi bukan karena orang yang melakukan service atau dilakukan oleh penerima service, maka poin didapatkan oleh pemain yang melakukan service.

Baca juga:

Lalu apa saja peraturan yang harus di ketahui ketika melakukan service? Berikut penjelasannya.

  • Latihan Fisik Bulu Tangkis
  • Sejarah Bulu Tangkis

Ketika seorang pemain akan melakukan service, maka posisi shuttlecook harus berada diatas ketinggian pinggang dari pemain yang akan melakukan service terhadap musuh. Posisi tersebut dilakukan saat shuttlecook di sentuh oleh raket.

Atau bisa juga dengan posisi lengan pemain yang memegang raket harus berada lebih tinggi posisinya dari pada lengan pemain yang tidak memegang raket.

Bila peraturan diatas dilanggar oleh salah satu pemain yang berada di lapangan, maka service judge akan meneriakan fouls kepada pemain tersebut. Jadi, lawan mendapatkan poin dari kesalahan pemain tersebut.

A. Jenis-Jenis Kesalahan saat Service

  1. Ketika seorang pemain melakukan service, akan tetapi shuttlecook yang di service olehnya jatuh ke tempat yang salah. Artinya shuttlecook tidak jatuh pada bidang diagonal pelaku service.
  2. Saat melakukan service, shuttlecock malah jatuh di depan garis service yang pendek. Atau saat melakukan service malah jatuh di belakang garis yang panjang.
  3. Shuttlecook malah jatuh di luar bidang garis samping lapangan. Maka pemain yang menerimanya bisa membiarkan shuttlecook tersebut.

Kenapa di biarkan? Karena shuttlecock tersebut telah keluar dari garis lapangan atau yang sering kita sebut dengan out. Kalau terjadi demikian, maka poin akan didapatkan oleh pihak penerima service tersebut.

Peraturan selanjutnya adalah kaki pemain yang akan melakukan service. Ada peraturan kaki pemain service harus berada di bidang service yang ia tempati. Kalau seandainya kakinya itu tidak berada di garis yang semestinya.

Bila kaki pemain yang akan melakukan service berada di sembarang diagonal lapangan, maka ia telah melakukan pelanggaran saat melakukan service.

Ketika pemain melakukan service lalu melakukan gerakan tipuan yang membuat lawan hilang konsentrasi dalam bermainnya, maka hal tersebut akan dinyatakan salah atau melanggar peraturan.

Peraturan terakhir dalam melakukan service adalah jangan sampai shuttlecock jatuh mengenai badan dan keluar dari bidang lapangan. Apabila Pins melakukan kesalahan tersebut saat melakukan service, maka poin akan diberikan kepada lawan.

Baca juga: Tips Memperkuat Pukulan Smash Pada Bulu Tangkis

#5. Kesalahan Pemain

kesalahan pemain bulu tangkis
(Jabar Ekspres)

Pada pertandingan bulu tangkis, kesalahan pada pemain selalu atau sering terjadi ketika bermain di lapangan.

Oleh karena itu, peraturan dalam permainan bulu tangkis harus benar-benar kita pahami dan taati agar tidak melakukan pelanggaran.

Inilah dia beberapa kesalahan yang sering terjadi di lapangan yang dilakukan pemain bulu tangkis.

A. Kesalahan Pemain Bulu Tangkis

Kesalahan ini dilakukan ketika pemain memukul shuttlecock yang belum masuk ke bidang lapangan. Biasanya, ini terjadi ketika pemain sedang beradu netting dan posisi bola dekat dengan net. Akibatnya, pemain memukul bola saat belum berada di area lapangan.

Perlu diingat bahwa pemain hanya boleh memukul bola yang masuk ke area lapangan. Bila tidak, maka akan dianggap sebagai pelanggaran foul dan lawan akan mendapatka poin.

B. Kesalahan Pemain di Lapangan

Ketika permainan sedang berlangsung, alu ada pemain yang menyentuh tiang atau jaring yang ada di lapangan baik itu baju, raket, atau bagian tubuh, hal ini akan masuk dalam pelaranggaran pemain dan bisa terkena foul. Sedangkan lawan akan mendapatkan poin dari hasil kesalahan yang anda lakukan.

Dalam pertandingan ganda, hanya diperbolehkan memukul bola kok sebanyak satu kali per tim. Jika melebihi satu kali pukulan, maka termasuk pelanggaran. Apabila shuttlecock telah dipukul oleh pemain belakang, maka pemain depan tidak boleh melakukan pukulan kembali. Jika anda melakukan dua kali pukulan, maka anda akan terkena pelanggaran dan akan memberikan poin kepada lawan.

Begitu juga saat shuttlecock menyentuh badan, maka anda tidak boleh melakukan pukulan kepada shuttlecock tersebut. Apabila anda melakukannya, maka anda akan terkena foul.

C. Kesalahan Pemain Saat Service

Pemain yang akan melakukan service boleh melakukan service saat lawan yang di hadapinya sudah benar-benar siap untuk menerima service.

Biasanya penerima service memberikan tanda dengan gerakan siap menerima service ketika mereka sudah siap.

Apabila pemain service melakukan service dan penerima service belum siap, maka penerima service bisa mengangkat tangan sebagai tanda belum siap menerima service.

Penerima dan pemain yang akan melakukan atau menerima service harus berada di garis bidang diagonal servicenya masing-masing. Dan ketika itu pula, kaki penerima dan pemain harus bersentuhan dengan lantai. Jangan sampai ada salah satu kaki yang tidak menyentuh tanah.

Ketika pemain dan penerima akan melakukan atau menerima service, maka tidak boleh melakukan gerakan yang berlebihan yang membuat hilang konsentrasi pihak penembak dan penerima service tersebut. Apabila diantara pemain ada yang melakukan hal demikian, maka ia akan terkena foul dan memberikan poin kepada pihak yang terganggu.

Nah itulah dia peraturan-peraturan permainan bulu tangkis yang bisa di bahas pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu Pins dan memberikan wawasan baru.

Baca juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy


by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tujuan Seorang Pemain Melakukan Smash Dalam Pertandingan Bulutangkis Adalah

Sumber: https://www.pinhome.id/blog/peraturan-permainan-bulu-tangkis/

Baca Juga:  Ada Berapa Cara Menangkap Dalam Permainan Bola Basket Mini