Tuliskan Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat

Posted on

Tuliskan Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat

Mukjizat malaikat yang berhubungan langsung dengan manusia telah berakhir.

Republika/Agung Supriyanto

Tiga Ayat Alquran tentang Malaikat yang Wajib Diimani

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Malaikat melakukan tugas yang diberikan oleh Tuhan, tidak terlihat dan tidak kita ketahui. Tidak mungkin kita bisa berbicara dengan mereka atau mencari bantuan mereka yang membutuhkan, juga tidak ada catatan yang dapat dipercaya tentang hal-hal seperti itu yang terjadi.Tetapi para malaikat telah berkomunikasi dengan para nabi yang telah menerima wahyu ilahi juga. Kadang-kadang mereka muncul di hadapan mereka dalam bentuk manusia. Namun, ini adalah hak istimewa kenabian, yang tidak dapat kita cita-citakan sebagai manusia biasa.Mukjizat malaikat yang berhubungan langsung dengan manusia telah berakhir seperti halnya zaman para nabi. Penting juga untuk dicatat kita tidak memiliki hak memanggil makhluk gaib apakah malaikat, jin, atau jiwa yang sudah mati untuk membantu kita. Karena hanya Allah SWT yang dapat menolong kita.

Melansir laman About Islam, terdapat banyak ayat Alquran yang mengisahkan tentang malaikat. Tiga ayat diantaranya,

Pertama, Ar-Ra’d ayat 11

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍBaginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Baca Juga:  Hitunglah Volume Bangun Ruang Berikut Dalam Satuan Volume

Kedua, Fatir ayat 13-14

يُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَيُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى ۚ ذَٰلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُ ۚ وَالَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ مَا يَمْلِكُونَ مِنْ قِطْمِيرٍ.إِنْ تَدْعُوهُمْ لَا يَسْمَعُوا دُعَاءَكُمْ وَلَوْ سَمِعُوا مَا اسْتَجَابُوا لَكُمْ ۖ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُونَ بِشِرْكِكُمْ ۚ وَلَا يُنَبِّئُكَ مِثْلُ خَبِيرٍDia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, milik-Nya-lah segala kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tidak mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.Jika kamu menyeru mereka, mereka tidak mendengar seruanmu, dan sekiranya mereka mendengar, mereka juga tidak memperkenankan permintaanmu. Dan pada hari Kiamat mereka akan mengingkari kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberikan keterangan kepadamu seperti yang diberikan oleh (Allah) Yang Mahateliti.

Ketiga, Al Infitar ayat 10-12

وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ.كِرَامًا كَاتِبِينَ.يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَDan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (perbuatanmu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Baca Juga

  • malaikat
  • jin
  • alquran
  • mukjizat malaikat
  • nabi

Tuliskan sebuah ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran malaikat ! malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang gaib.

Gaib berarti kan, tidak dapat dilihat dengan panca indera manusia. Namun kita mesti mempercayai atau mengimani adanya malaikat.

Karena iman kepada malaikat termasuk ke dalam salah satu rukun iman. Nah, pada soal ini, menanyakan gambaran, kira-kira apa sih malaikat itu, kalau berdasarkan al Qur’an.

Tuliskan sebuah ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran malaikat !

Jawab:

Gambaran malaikat berdasarkan Al Qur’an  surat Al Fatir ayat 1:

Begitulah jawabannya teman-teman.
Pada belajar online kali ini, kan kata kuncinya mengenai gambaran malaikat. Maka berarti berkaitan dengan bagaimana sih malaikat itu, kan berupa gaib.

Di ayat tersebut diterangkan yang Artinya: “Segala puji bagi Allah Swt. pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah Swt menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Swt. Mahakuasa atas segala sesuatu”

Pada ayat di atas jelas, menggambarkan bahwa malaikat diciptakan sebagai utusan untuk mengurusi berbagai macam urusan.

Dan ternyata Malaikat ada yang memiliki sayat dua, tiga dan empat berbeda-beda tergantung kehendak Allah. Surat al Fatir tersebut berarti kan menggambarkan bagaiman sih malaikat itu.

Kunci Jawaban

Tuliskan sebuah ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran malaikat

Begitulah gambaran malaikat sesuai dengan surat Al Fatir ayat 1. 🙋‍♂️✅📘

Kalau melihat ke buku paket materi, ya surat yang disebutkan adalah surat al fatir ayat 1. Selain itu, kebanyakan dari hadis.

Kebijakan masing-masing guru pembimbing
👩‍🏫

Tuliskan sebuah ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran Malaikat

Tuliskan sebuah ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran Malaikat. Sebagaimana kita tahu bahwa Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT dari Nur atau Cahaya.

Jika kamu belum mengetahui perbedaan Malaikat, Manusia, dan Jin, baca ya artikel buatanku sebelumnya. Percaya adanya Malaikat juga termasuk di dalam Rukun Iman.

Allah SWT menjelaskan malaikat dalam Alquran, khususnya pada bentuk malaikat sendiri pada Surah Fatir. Surah ke 34 dengan 45 ayat. Fathir artinya Pencipta, yang mana menjelaskan bahwa Allah SWT adalah pencipta langit juga bumi serta seisinya termasuk makhluk lain yang berada di langit dan bumi.

Baca juga: Mengapa kita harus beriman kepada Nabi dan Rasul?

Ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran Malaikat

Berikut ini adalah ayay yang menjelaskan tentang malaikat, yaitu Surah Fatir, ayat pertama, yaitu:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ فَاطِرِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ جَاعِلِ الْمَلٰۤىِٕكَةِ رُسُلًاۙ اُولِيْٓ اَجْنِحَةٍ مَّثْنٰى وَثُلٰثَ وَرُبٰعَۗ يَزِيْدُ فِى الْخَلْقِ مَا يَشَاۤءُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Latin: al-ḥamdu lillāhi fāṭiris-samāwāti wal-arḍi jā’ilil-malāikati rusulan ulī ajniḥatim maṡnā wa ṡulāṡa wa rubā’, yazīdu fil-khalqi mā yasyā, innallāha ‘alā kulli syai`ing qadīr

Artinya: Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Baca juga:

– 10 nama Malaikat dan tugasnya
– sebutkan minimal 5 contoh pengamalan dari iman kepada malaikat

Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Malaikat Jibril. Jadi teman, itulah sebuah ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran Malaikat. Mohon koreksi jika aku salah ya.

Tuliskan Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat

Sumber: https://dimanakahletak.com/tuliskan-ayat-yang-menjelaskan-gambaran-malaikat