Tuliskan Laporan Dari Hasil Percobaan Yang Telah Kamu Lakukan

Posted on

Tuliskan Laporan Dari Hasil Percobaan Yang Telah Kamu Lakukan

teks laporan percobaan

Hai, Quipperian! Apa kabar semuanya? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat walafiat dan tetap semangat belajar, ya! Kali ini Quipper Blog mau membahas materi buat kamu yang duduk di kelas 9, nih, yakni teks laporan percobaan. Ayo, siapa yang belum begitu paham dengan materi ini? Atau mungkin sudah cukup paham, tapi masih mau mempelajari lebih dalam?

Pada artikel kali ini, Quipper Blog akan membahas pengertian teks laporan percobaan, strukturnya, ciri-ciri, langkah-langkah dalam membuatnya, juga contoh-contohnya. Penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk, langsung simak di bawah, ya!


Pengertian Teks Laporan Percobaan


Laporan adalah segala sesuatu yang disampaikan seseorang, baik berupa lisan atau tulisan, yang berisi kegiatan yang sudah dilakukan pada pihak yang meminta hasil kegiatan tersebut.

Sedangkan percobaan ialah suatu bentuk kegiatan penelitian untuk menguji atau membuktikan suatu teori. Jadi, jika digabungkan, teks laporan percobaan ialah bentuk teks atau tertulis yang berfungsi untuk menyampaikan hasil kegiatan percobaan yang tujuannya menguji atau membuktikan teori.

Teks laporan percobaan sering juga disebut sebagai teks laporan eksperimen. Biasanya, kelompok yang melakukan percobaan punya dugaan hasil atau hipotesis. Dugaan hasil inilah yang harus diuji dan dibuktikan dalam kegiatan percobaan.


Ciri-ciri Teks Laporan Percobaan

Ketika menulis teks laporan percobaan, ada beberapa hal yang harus Quipperian perhatikan sebagai ciri-ciri laporan. Apa saja?

A. Objektif

Menyampaikan informasi atau data sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Apabila hasil tidak sesuai hipotesis, sampaikan apa adanya sesuai hasil percobaan yang dilakukan. Misalnya, kamu sedang menguji perbandingan vitamin C pada buah jeruk dan stroberi. Kamu menduga buah jeruk punya vitamin C lebih tinggi daripada stroberi. Ternyata, setelah dilakukan percobaan, hasilnya tidak sesuai dugaan. Nah, jika hipotesis tidak sesuai hasil, sampaikanlah hasil percobaan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

B. Berupa Fakta

Hasil yang disampaikan dalam teks laporan percobaan benar-benar sudah dilakukan. Penyampaian kalimat pun harus berupa fakta. Coba bandingkan kedua kalimat di bawah ini:

  1. Kandungan vitamin C stroberi sekitar 29 mg tiap 100 mg.
  2. Terkandung 54 mg vitamin C dalam setiap 100 mg jeruk.
Baca Juga:  Kegiatan Konstruksi Diawasi Oleh Orang Yang Berada Dikantor Disebut Dengan

Kalimat 1) bukanlah fakta karena informasinya belum pasti dan terkesan masih berupa dugaan karena penggunaan kata “sekitar.” Sedangkan kalimat 2) berupa fakta karena menyampaikan informasi secara pasti dan bisa dibuktikan.

C. Lengkap

Kamu harus menyampaikan semua informasi dalam teks laporan percobaan, Quipperian. Tulis selengkap-lengkapnya supaya pembaca bisa mengerti laporan secara utuh dan bisa bermanfaat.

Kemudian, untuk ciri-ciri kebahasaannya ialah sebagai berikut:

  1. Menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baku
  2. Menggunakan kalimat simpleks dan kalimat kompleks
  3. Menggunakan konjungsi
  4. Menggunakan istilah teknis
  5. Menggunakan kata bilangan (numeralia)
  6. Memperhatikan kata depan dan imbuhan awal


Struktur Teks Laporan Percobaan

Percobaan dilakukan untuk mencoba suatu kegiatan baru yang belum pernah dilakukan orang lain atau membuktikan kebenaran dari suatu teori dan ilmu yang telah ada. Nah, kalau kamu melakukan suatu percobaan, kamu dapat menggunakan struktur di bawah ini dalam penyusunan laporannya.

  1. Judul
  2. Tujuan
  3. Alat dan bahan
  4. Langkah-langkah
  5. Hasil
  6. Simpulan


Langkah-langkah Membuat Teks Laporan Percobaan

Setelah membahas pengertian, ciri-ciri, dan strukturnya, tentu kamu mau tahu dong seperti apa sih langkah-langkah dalam membuat teks laporan percobaan? Yuk, simak di bawah ini!

  1. Membuat judul
  2. Menyusun kalimat pembuka
  3. Menyusun isi laporan
  4. Menyusun kalimat penutup
  5. Merangkai dan meninjau kembali
  6. Menyunting


Contoh Teks Laporan Percobaan

Supaya belajarnya lebih afdol, Quipper Blog akan memberikan beberapa contoh teks laporan percobaan. Langsung saja dibaca, ya!




1. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Telur Asin

Tujuan

Telur asin adalah telur yang dibuat dari bebek yang sudah melalui proses pengasinan lebih dahulu. Telur asin mengandung banyak vitamin dan gizi, sehingga mengonsumsi telur asin bisa bermanfaat bagi tubuh. Telur asin bisa dibuat dengan cara tradisonal dan sangat mudah karena alat dan bahannya yang sederhana.

Baca Juga:  Unsur Administrasi Yang Berupa Rangkaian Perbuatan Menyusun Suatu Kerangka

Alat dan Bahan

  • Telur bebek
  • Abu gosok
  • Tanah liat
  • Garam
  • Ampelas

Langkah-langkah Membuat

  1. Cuci telur bebek hingga bersih, kemudian ampelas kulit telur sampai tipis.
  2. Campurkan abu gosok, tanah liat, dan garam hingga merata.
  3. Lapisi telur yang sudah diampelas menggunakan bahan campuran tadi.
  4. Diamkan telur pada suhu ruang hingga 20  hari atau 3 minggu.

Hasil

Telur bebek yang dibuat melewati proses pengasinan seperti di atas menghasilkan telur asin yang sempurna dan lezat. Telur asin ini sangat cocok dikonsumsi bersama nasi putih. Telur asin ini membuat varian konsumsi telur bebek jadi lebih banyak dan tidak begitu amis.

Kesimpulan

Pembuatan telur asin di atas menghasilkan kandungan gizi yang cukup lengkap dan cocok dikonsumsi oleh segala usia. Namun, bagi penderita darah tinggi tidak disarankan mengonsumsi telur asin karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Meskipun kandungan gizinya lengkap, tetapi telur asin tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak.

2. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Pelangi

Tujuan

Pelangi merupakan fenomena alam yang terjadi di langit, berupa aneka ragam warna cahaya yang saling sejajar. Di langit, pelangi terlihat seperti busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon dan terjadi saat hujan ringan. Dalam percobaan ini, akan diuji tentang proses terbentuknya pelangi, faktor-faktor yang menyebabkan pelangi terbentuk, dan bagaimana prosesnya.

Alat dan bahan

  • Kaca
  • Air
  • Baskom
  • Kertas putih atau dinding
  • Senter atau cahaya ponsel

Proses Membuat Pelangi

  1. Isi baskom dengan air hingga setengah penuh.
  2. Masukkan kaca di dalamnya dengan posisi miring.
  3. Lalu, sorot kaca dengan senter dan arahkan pantulan cahayanya pada kertas putih atau dinding.
  4. Pelangi buatan pun akan segera muncul.

Hasil

Pelangi akan berhasil terbentuk apabila arah cahaya atau sumber cahaya yang menyinarinya berada di posisi yang pas, yakni dari depan dan masuk ke dalam cermin, lalu dipantulkan ke kertas putih. Cahaya yang masuk ke dalam air akan menghasilkan pembiasan yang kemudian membentuk warna-warni atau pelangi.

Baca Juga:  Cara Membuat Piring Dari Tanah Liat

Kesimpulan

Pada pelangi sungguhan, sinar matahari memantul pada tetesan air, lalu terjadi pembengkokan sedemikian rupa dan terjadilah pemisahan warna pada cahaya. Awalnya warna cahaya ini hanya berwarna putih, tetapi pada prosesnya tercipta banyak warna, yakni menjadi merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

3. Contoh Teks Laporan Percobaan Praktikum Biologi

Tujuan

Dalam dunia pertanian, tanaman hidroponik jadi inovasi yang diklaim mampu menghemat air, tanpa perlu menggunakan media tanah. Menanam tanaman hidroponik sendiri sebenarnya sama seperti menanam sayur pada umumnya.

Alat dan Bahan

  • Tunas tanaman
  • Media hidroponik (bisa dibeli langsung atau dibuat sendiri dengan bahan sederhana)
  • Air

Langkah-langkah

  1. Pindahkan tunas tanaman yang telah melewati proses pembenihan pada media hidroponik.
  2. Masukkan air ke dalam media hidroponik, letakkan pada tempat tinggi atau digantung.

Hasil

Melalui percobaan di atas akan dihasilkan tanaman hidroponik yang hemat air, praktis karena tak perlu disiram tiap hari, juga cocok dan indah sebagai tanaman vertikal yang menghiasi rumah.

Kesimpulan

Tanaman hidroponik memang hemat air dan merupakan inovasi bagus dalam dunia pertanian.

Nah, Quipperian, itulah sekilas mengenai pembahasan teks laporan percobaan. Mudah-mudahan cukup membantu kamu dalam pelajaran bahasa Indonesia, ya. Apabila kamu mau belajar lebih lanjut tentang materi ini atau materi lainnya, langsung saja gabung bersama

Quipper Video
, ya! Buruan daftarkan diri dan belajar bareng tutor kece lewat video, rangkuman, dan latihan soal.

Penulis: Serenata

Tuliskan Laporan Dari Hasil Percobaan Yang Telah Kamu Lakukan

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa-indonesia/teks-laporan-percobaan/