Yang Bukan Merupakan Fitur Yang Ditawarkan Oleh Plesk

Posted on

Yang Bukan Merupakan Fitur Yang Ditawarkan Oleh Plesk

Control Panels Hosting

     Saat Anda mendaftar untuk hosting web, akun Anda akan menyertakan akses ke panel kontrol/control panel. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari untuk apa panel kontrol digunakan, jenis opsi apa yang Anda miliki, dan cara memilihnya.

Apa itu panel Control Panel Hosting?

     Apa itu Panel Kontrol/Control Panel?

Panel kontrol hosting web adalah GUI atau antarmuka pengguna grafis (atau, dalam beberapa kasus, antarmuka berbasis web), yang dapat diakses secara online dan menyediakan alat untuk mengelola situs web, akun hosting web, dan terkadang server.

Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mengakses panel kontrol Anda melalui browser web, meskipun hal ini kadang-kadang dapat bervariasi.

Hampir setiap perusahaan hosting memiliki panel kontrol, dan beberapa menawarkan pilihan panel kontrol. Ini adalah bagian yang paling terlihat dari paket hosting web, dan fitur serta fungsinya akan sangat menentukan kualitas pengalaman Anda sebagai pelanggan hosting web.

Tugas Panel Kontrol/Control Panel

Ada sejumlah tugas administrasi web dan server yang akan Anda lakukan dari antarmuka Panel Kontrol:

  • Account Administration
  • Domain Management
  • One-Click Installation
  • Email Management
  • FTP
  • Database Management
  • File Management
  • Backups
  • Support

Beberapa tugas ini mungkin merupakan peristiwa satu kali seperti menyiapkan situs web Anda dan mentransfer semua file konten Anda.

Beberapa akan menjadi kejadian biasa seperti memperbarui file yang ada atau melihat analitik situs web Anda. Mengetahui apa yang akan Anda gunakan untuk Panel Kontrol akan membantu Anda memutuskan mana yang tepat untuk Anda.

Panel Kontrol Hosting Web Paling Populer: cPanel vs. Plesk

     cPanel adalah panel kontrol hosting web yang paling banyak digunakan, dengan Plesk berada di urutan kedua.

Sama seperti beberapa orang bersumpah dengan iPhone mereka, sementara yang lain hanya akan menggunakan ponsel yang menjalankan sistem operasi Android, baik pengguna cPanel dan Plesk akan berpendapat bahwa sistem mereka lebih mudah dan lebih baik, dan keduanya benar.

cPanel

cPanel adalah panel kontrol Linux berbasis web.

Ada tiga tingkatan yang terdiri dari paket cPanel, dan setiap tingkatan digunakan oleh sekelompok personel yang berbeda:

  • Administrators
  • Resellers
  • End-user website owners

Seperti yang kami katakan di atas, cPanel berbasis web sehingga Anda akan berinteraksi dengan produk melalui browser web Anda. Dengan cPanel, semua aplikasi dan alat Anda dikategorikan ke dalam grup yang mudah ditemukan, seperti:

  • Files
  • Databases
  • Software

Antarmuka yang Ideal

Ikon di setiap grup dapat dipindahkan di sekitar antarmuka Anda dengan cara seret dan lepas.

Ini mirip dengan memindahkan folder di desktop Anda, dan memungkinkan pengguna untuk menyederhanakan pengalaman mereka dengan memuat di depan alat yang paling sering mereka gunakan. Ada beberapa batasan, seperti tidak diizinkan untuk memindahkan ikon dari satu grup ke grup lain.

Menginstal cPanel

     Selain itu, jika Anda menginstal cPanel pada VPS atau server khusus, perhatikan bahwa akan sangat sulit untuk menghapus cPanel tanpa memformat ulang drive disk Anda sepenuhnya. Mengingat kerumitan seperti itu, kami akan mengatakan bahwa setelah Anda memilih cPanel, akan sangat sulit bagi Anda untuk pindah ke opsi lain. Pada dasarnya, menghapus cPanel adalah mungkin, tetapi Anda tidak mungkin melakukannya.

Baca Juga:  Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 10

Plesk

     Plesk, di sisi lain, memiliki antarmuka yang sangat dipengaruhi oleh Windows (itu juga berjalan di server Windows, yang tidak cPanel). Ini menggabungkan tampilan berbasis ikon dengan lebih banyak jendela berbasis teks, yang menyerupai Panel Kontrol Windows.

Hal-hal seperti informasi sistem dan domain, sumber daya statistik, alat manajemen email, dan aplikasi disajikan dalam dua kolom, bergaya jendela di layar utama. Ini membuatnya mudah untuk menemukan apa pun yang Anda butuhkan tanpa menggulir apa pun.

Penggunaan Universal

     Sementara cPanel membagi produknya berdasarkan personel yang diharapkan untuk menggunakan fitur tertentu, Plesk tidak membuat perbedaan yang jelas.

Ini terutama antara fitur sisi klien/pengguna akhir dan sisi server/administrasi. Ekstensi Plesk memungkinkan Anda untuk dengan mudah menambahkan fitur dan fungsionalitas ke instalasi default, serta berintegrasi dengan alat pihak ketiga.

Alternatif selain Plesk dan cPanel

     Anda tidak perlu menggunakan Plesk atau cPanel jika tidak mau — ada banyak pilihan panel kontrol lain yang tersedia.

Semuanya mengatur alat dengan cara unik mereka sendiri dan menawarkan pendekatan yang sedikit berbeda untuk menyelesaikan tugas yang sama. Beberapa host menggunakan panel kontrol kustom mereka sendiri, atau versi kustom dari cPanel, Plesk, dan sebagainya!

Misalnya, InterWorx menyediakan lingkungan tab, membatasi konten di setiap layar.

vDeck<> menampilkan tampilan dan nuansa yang sangat mirip dengan cPanel, tetapi mengkategorikan item berdasarkan tujuan daripada jenisnya, sehingga database, pengelola file, dan pembuat situs web Anda semuanya dikelompokkan dalam kategori ‘situs web’.

Rute Berbeda untuk Hasil yang Sama

     Beberapa pengguna merasa pendekatan vDeck nyaman, sementara yang lain merasa kurang intuitif daripada organisasi cPanel.

Baik InterWorx dan vDeck secara otomatis membuat kategori item umum, tempat menyimpan aplikasi dan alat yang paling sering Anda gunakan. Pada akhirnya, terlepas dari panel kontrol yang ditawarkan host Anda, Anda masih dapat menyelesaikan semua tugas yang sama.

Namun, Anda mungkin merasa lebih mudah untuk menavigasi satu sama lain.Berikut adalah 9 opsi yang mungkin menarik bagi Anda:

  1. DirectAdmin
  2. H-Sphere
  3. InterWorx
  4. ISPConfig
  5. ISPmanager
  6. vDeck
  7. Virtualmin
  8. Webmin
  9. WHM

DirectAdmin

DirectAdmin adalah opsi panel kontrol yang mudah digunakan, berkinerja, dan sangat stabil untuk pengguna Linux.

Selain mendukung produknya dengan dukungan terbaik, DirectAdmin menawarkan berbagai pilihan lisensi untuk memenuhi kebutuhan situs web baik kecil maupun besar.

DirectAdmin pertama kali dirilis pada tahun 2003, dan produk tersebut terus diperbarui sejak saat itu. Perusahaan bangga dapat mengikuti teknologi saat ini, dan jika Anda memerlukan panel kontrol dengan antarmuka multibahasa, pastikan untuk memeriksa DirectAdmin.

Anda akan menemukan bahwa DirectAdmin mendukung sebagian besar alat terkait situs web populer, termasuk MySQL/MariaDB, Apache, NGINX, Litespeed, PHP, dan banyak lagi.

H-Sphere

H-Sphere adalah panel kontrol lintas platform yang ditulis dalam Java yang bekerja dengan server/database tipe SQL apa pun.

Baca Juga:  Gambar Berikut Yang Menunjukkan Aliran Elektron Adalah

Ini adalah opsi hosting yang lebih canggih, dengan fitur-fitur termasuk:

  • Scalable clustering (Pengelompokan yang dapat diskalakan)
  • Multilingual support. (Dukungan multibahasa.)
  • E-commerce functions (Fungsi e-niaga)
  •  email system
  • Site building tools
  • dan SSL support

Dengan kekuatan besar muncul kurva belajar yang curam dan antarmuka pengguna yang bukan kandidat terbaik di web. H-Sphere hadir dengan dokumentasi yang solid dan memiliki komunitas yang kuat.

Meskipun produk itu sendiri mungkin rumit, Anda akan mudah mendapatkan bantuan jika Anda membutuhkannya.

InterWorx

InterWorx secara teknis adalah nama payung untuk dua produk:

  • NodeWorx: digunakan oleh sysadmin server untuk mengelola server
  • SiteWorx: digunakan oleh pemilik situs web untuk mengelola situs web

Jelas, jika Anda mencari panel kontrol, Anda akan tertarik dengan SiteWorx.

SiteWorx hadir dengan semua fungsi yang Anda harapkan dari panel kontrol, tetapi panel kontrolnya memiliki fitur ekstra fokus pada manajemen cluster server dan penyeimbangan beban.

GUI dan Persyaratan

InterWorx menawarkan antarmuka pengguna grafis berbasis web yang Anda harapkan, tetapi perhatikan bahwa semua fungsi dapat dilakukan melalui baris perintah atau API juga.

Jika Anda membutuhkan opsi panel kontrol yang seringan mungkin, InterWorx jelas merupakan opsi yang harus Anda pertimbangkan.

Persyaratan sistem minimal, dan beberapa telah menggunakannya untuk menjalankan cluster server pada perangkat Raspberry Pi.

ISPConfig

ISPConfig adalah panel kontrol sumber terbuka yang hanya berjalan di mesin Linux.

Ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 dan masih aktif dikembangkan.

ISPConfig adalah opsi yang stabil, aman, dan berkinerja baik yang dilengkapi dengan banyak dokumentasi dan komunitas besar yang mampu dan bersedia membantu.

Jika Anda memerlukan fungsionalitas tingkat perusahaan, ISPConfig dikirimkan dengan beberapa.

Fitur Penting

Kumpulan fitur ISPConfig meliputi:

  • Manajemen tunggal atau multi-server, termasuk konfigurasi cluster dan opsi mirroring
  • Dukungan untuk opsi Apache dan NGINX
  • Manajemen dan keamanan email
  • DNS dan manajemen domain
  • Kontrol akses granular
  • Analisis data

ISPmanager

ISPmanager adalah opsi berbasis Linux yang ditujukan untuk pengguna dengan hosting server pribadi virtual (VPS) atau server khusus (meskipun tentu saja dapat digunakan untuk menyediakan paket bersama atau pengecer).

Ada dua versi ISPmanager: Lite (untuk penggunaan pribadi) dan Business (untuk mereka yang menyediakan layanan shared hosting).

Versi Lengkap dan Ekstensi yang Tersedia

Opsi ISPmanager lengkap mungkin agak terlalu banyak dalam hal fitur untuk pengguna sehari-hari, dan jika ini Anda, pertimbangkan ISPmanager Lite.

Ini adalah opsi yang lebih sederhana yang memungkinkan Anda untuk mengelola server dan situs web pribadi Anda. Jika Anda perlu menambahkan fungsionalitas yang dikirimkan bersama ISPmanager, Anda dapat melakukannya dengan memasang ekstensi.

Dukungan ISPmanager untuk perangkat lunak pihak ketiga sangat luas dan mencakup hal-hal seperti Apache, NGINX, MySQL, PostgreSQL, Sendmail, Exim, dan Postfix.

Anda dapat menggunakan API terbuka untuk mengintegrasikan dan menerapkan perubahan ke hosting web Anda.

vDeck

vDeck bangga akan alatnya yang mudah digunakan dan antarmuka yang mudah dinavigasi.

Baca Juga:  Pertanyaan Tentang Mempekerjakan Anak Dibawah Umur

vDeck sangat mirip dengan Plesk dan cPanel (termasuk tampilan dan penampilannya), tetapi dilengkapi dengan alat dan fitur bawaan yang lebih canggih.

Lebih khusus lagi, Anda akan mendapatkan situs web, email, domain, dan fitur manajemen akun yang Anda harapkan dari panel kontrol, tetapi Anda juga akan mendapatkan layanan terkait e-niaga dan pemasaran.

Virtualmin

Virtualmin adalah panel kontrol sumber terbuka yang dirancang untuk digunakan pada server fisik dan server cloud yang menjalankan Linux atau BSD.

Ada dua versi Virtualmin.

Berbagai Versi Virtualmin

Pertama, ada open source, versi yang dikelola komunitas yang dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis.

Namun, ada juga Virtualmin versi premium yang lebih berisi fitur daripada versi open source dan dilengkapi dengan dukungan tambahan.

Versi premium berbayar sangat bagus untuk mereka yang membutuhkan panel kontrol yang lebih kuat untuk situs web atau aplikasi web mereka.

Koneksi ke Webmin

Virtualmin dibangun di atas (dan masih terintegrasi dengan baik dengan) Webmin, yang akan segera kita bahas di bawah.

Virtualmin membedakan dirinya dari Webmin dengan mencap dirinya sebagai opsi bagi administrator sistem serius yang membutuhkan banyak fitur untuk mengelola infrastruktur mereka.

Virtualmin menonjol dengan fitur pendukung yang biasanya tidak ditemukan di panel kontrol, seperti:

  • LDAP dan otentikasi dua faktor
  • Manajemen baris perintah
  • Kontrol akses lanjutan

Fitur menonjol lainnya di Virtualmin meliputi:

  • API lengkap
  • Pengaturan default ramah-sysadmin
  • Audit
  • Keamanan yang kuat
  • Webmin

Webmin

Sebenarnya, Webmin tidak seperti panel kontrol dalam hal fitur yang ditawarkan — ini sebenarnya adalah alat admin sistem server untuk mengelola server.

Namun, kami pikir akan berguna untuk menyebutkan Webmin, terutama jika Anda tumbuh ke titik di mana Anda mengelola banyak server untuk situs web atau aplikasi web Anda. Meskipun Webmin pernah tersedia hanya pada sistem *nix, sekarang dapat diinstal pada server Windows juga.

Meskipun ada pengembang perangkat lunak tunggal yang membuat dan mengelola Webmin, Webmin didasarkan pada modul, yang memudahkan untuk menyesuaikan produk agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, siapa saja yang ingin membuat modul dapat melakukannya.

WHM

WHM, seperti Webmin, adalah alat manajemen multi-server yang digunakan oleh admin (dan terkadang reseller) untuk mengelola akun hosting di server web.

Anda juga harus tahu bahwa WHM adalah produk saudara dari cPanel.

Sementara cPanel berfokus pada fungsionalitas sisi klien (yaitu, yang diperlukan untuk mengelola situs web), WHM lebih berfokus pada fitur dan fungsionalitas sisi server.

Jika Anda menggunakan WHM, kemungkinan besar Anda akan menggunakannya bersama dengan cPanel.

Yang Bukan Merupakan Fitur Yang Ditawarkan Oleh Plesk

Sumber: https://comp-info7.blogspot.com/2022/08/3.html